.

Apa Itu PPJK? Pengertian, Syarat, dan Cara Mendapatkannya

PPJK adalah pihak yang berperan penting dalam aktivitas ekspor impor. Sebagai bagian dari regulasi nasional, maka setiap eksportir dan importir berkewajiban untuk mematuhinya. Kalau kamu berencana untuk melakukan ekspor impor, maka artikel ini wajib kamu baca!

KEY TAKEAWAYS

– PPJK adalah badan usaha yang menjalankan pengurusan kepabeanan atas nama eksportir atau importir.
– Jika ingin mendapatkan izin PPJK, pemohon harus mengajukan permohonan online sesuai peraturan yang berlaku.
– Nomor Pokok PPJK dapat mengalami pencabutan apabila terdapat pelanggaran regulasi menyangkut kepabeanan.
– Setiap PPJK wajib memiliki setidaknya satu orang staf ahli kepabeanan bersertifikat.

Apa Itu PPJK?

PPJK adalah singkatan dari Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan. Sedangkan pengertiannya yaitu badan usaha yang melakukan pengurusan pabean atas kuasa eksportir atau importir. Sederhananya, yang dimaksud dengan PPJK Bea Cukai adalah penyedia jasa pengurusan kepabeanan alias ekspor impor.

Peran penyedia jasa ini sangat vital dalam aktivitas perdagangan internasional. Tidak semua orang memahami peraturan kepabeanan di Indonesia. Oleh sebab itu, eksportir atau importir perlu memberikan kuasa kepada penyedia jasa kepabeanan untuk mengurus kebutuhan pabean mereka.

Pada kasus lain, pihak eksportir dan importir mungkin terlalu sibuk untuk mengurus kepabeanan sendiri. Oleh karena itu, mereka mengandalkan penyedia jasa untuk menangani masalah kepabeanan. Jadi, eksportir dan importir bisa lebih fokus pada aspek bisnis.

Pada saat PPJK menjalankan tugas, ia berperan atas nama eksportir atau importir yang memberi kuasa. Untuk dapat mengambil peran ini, penyedia jasa harus memiliki ahli kepabeanan bersertifikat. Ahli inilah yang akan menjalankan tugas kepabeanan agar sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Syarat dan Cara Mendapatkan Nomor Pokok PPJK

PPJK adalah badan usaha jasa pabean resmi yang terdaftar di instansi pemerintah. Jika ingin mendapatkan izin PPJK, ada beberapa proses dan syarat yang harus kamu penuhi. Setelah memenuhi semua proses dan persyaratan, maka kamu berhak mendapatkan Nomor Pokok PPJK dari Pejabat Bea dan Cukai..

Sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 59/PMK.04/2014, pertama-tama kamu harus mengajukan permohonan secara online via Portal Pengguna Jasa Dirjen Bea dan Cukai.

Seperti yang sudah kamu baca di atas bahwa penyedia jasa harus memiliki setidaknya 1 orang ahli kepabeanan bersertifikat. Sertifikat Ahli Kepabeanan juga menjadi salah satu dokumen wajib dalam pengajuan permohonan. Waktu untuk memproses permohonan oleh Pejabat Bea dan Cukai adalah paling lambat 3 hari.

Jika Pejabat Bea dan Cukai menyetujui permohonan, maka kamu akan mendapatkan Nomor Pokok PPJK. Usai mengantongi Nomor Pokok ini, kamu bisa mulai beroperasi sebagai penyedia jasa kepabeanan resmi. Sertifikat PPJK adalah bukti legalitas PPJK dalam menjalankan usaha jasa kepabeanan.

Nomor Pokok PPJK Bisa Dicabut, Ini Ketentuannya!

Pada dasarnya, Nomor Pokok PPJK adalah hak pengguna tanpa batas masa berlaku. Satu-satunya kemungkinan penyedia jasa kehilangan izin adalah lewat pencabutan. Sedangkan untuk pencabutan izin sendiri terjadi apabila:

  • Pengguna tidak mengajukan permohonan pembukaan blokir Nomor Identitas Kepabeanan (NIK) setelah 6 bulan mengalami pemblokiran.
  • Melakukan ekspor atau impor dari dan ke Kawasan Bebas atau Luar Daerah Pabean.
  • Melakukan ekspor atau impor dari dan ke Kawasan Ekonomi Khusus atau Tempat Penimbunan Berikat.
  • Rekomendasi pencabutan dari pihak berwenang.
  • Permohonan pencabutan dari pengguna jasa.

Kesimpulannya, kamu wajib mematuhi peraturan perundang-undangan menyangkut ekspor impor yang berlaku di Indonesia. Pelanggaran terhadap regulasi bisa berakibat pada pemblokiran izin bahkan pencabutan permanen.

Contoh Kasus Impor dengan PPJK

Ilustrasi Import Barang

PPJK adalah pihak yang membantu eksportir dan importir dalam menjalankan perdagangan lintas negara. Coba posisikan diri kamu sebagai pemilik toko baju yang ingin mengimpor barang dari China. Jika kamu ingin melakukan impor tanpa bantuan pihak luar, maka kamu wajib memiliki beberapa dokumen di bawah ini:

  • Angka Pengenal Impor (API)
  • Nomor Identitas Kepabeanan (NIK)
  • Nomor Induk Berusaha (NIB) dengan izin usaha impor

Kalau kamu belum mengantongi semua persyaratan di atas, maka kamu bisa menggunakan jasa kepabeanan. Pada kasus ini, PPJK berperan sebagai penyedia jasa yang melayani kebutuhan impor kamu. Karena memiliki semua dokumen di atas, maka penyedia jasa bisa melakukan impor atas nama kamu.

Caranya tentu saja dengan serah-terima kuasa. Kamu berperan sebagai importir yang hendak mendatangkan barang dari China. Produsen di China berperan sebagai eksportir yang akan mengirim barang ke Indonesia. Kemudian, PPJK berdiri di tengah-tengah untuk menjalankan prosedur ekspor impor kedua belah pihak.

Dengan demikian, penyedia jasa mengambil posisi sebagai pelaksana ekspor impor apabila eksportir atau importir mengalami kendala. Ada kalanya pebisnis kurang memahami regulasi kepabeanan atau memiliki keterbatasan waktu untuk mengurus sendiri. Pada situasi seperti inilah penyedia jasa kepabeanan mengambil peran.

Langkah-Langkah Menjadi Staf Ahli Kepabeanan

Staf Ahli Kepabeanan

PPJK adalah badan usaha yang wajib memiliki setidaknya 1 orang staf ahli kepabeanan. Untuk dapat menjadi seorang staf ahli kepabeanan, ada beberapa langkah yang harus mereka lewati.

Pertama-tama, belajar tentang kepabeanan dengan mengikuti diklat atau kursus resmi. Selama menjalani kursus, mereka akan mendapatkan bekal pengetahuan tentang berbagai hal menyangkut kepabeanan. Mulai dari regulasi, prosedur, hingga berbagai macam kasus pabean yang terjadi di Indonesia.

Setelah menyelesaikan kursus, mereka akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti uji sertifikasi. Peserta uji sertifikasi haruslah orang yang sudah memiliki bekal wawasan dan keahlian kepabeanan. Dalam artian lain, mereka tidak bisa melompati langkah pertama. Proses ini harus berurutan.

Jika lolos uji sertifikasi, maka akan mendapatkan Sertifikat Ahli Kepabeanan dari Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan. Sertifikat inilah yang kemudian menjadi syarat pendirian usaha jasa kepabeanan. 

Selain itu, dengan mengikuti pelatihan tersebut, pihak yang hendak menjadi pebisnis pun jadi tahu prosedur kepabeanan sehingga bisa mengurus proses impor ekspor secara mandiri. Tanpa harus jadi penyedia jasa kepabeanan, kamu pun bisa tetap dapat wawasan dan keterampilannya.

Materi Sertifikasi PPJK

Sertifikasi PPJK adalah langkah wajib untuk setiap pemohon izin. Selama proses sertifikasi, kamu akan mendapatkan banyak materi, yaitu:

1. Undang-Undang Kepabeanan

Regulasi lengkap yang menyangkut aktivitas ekspor impor meliputi pemeriksaan dokumen dan fisik hingga pemberangkatan barang.

2. Prosedur Ekspor

Menjelaskan tentang seluruh proses ekspor mulai dari pemeriksaan fisik, Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB), hingga cara input data ke sistem Dirjen Bea Cukai.

3. Prosedur Impor

Menjelaskan tentang seluruh proses impor sama seperti prosedur ekspor. Termasuk di dalamnya Pemberitahuan Impor Barang (PIB) dan cara input data.

4. Klasifikasi Barang

Aktivitas ekspor impor berhubungan erat dengan jenis barang. Setiap jenis barang memiliki regulasi, prosedur, dan nilai pajak yang berbeda. Materi ini akan kamu dapatkan dengan mengacu pada Buku Tarif Kepabeanan Indonesia (BTKI).

Impor dari China Tanpa Ribet bersama BlueRayCargo.ID

Walaupun PPJK adalah penyedia jasa ekspor impor bersertifikat, namun ada hal-hal tertentu yang tidak bisa PPJK biasa lakukan. Terutama menyangkut aspek bisnis yang tidak hanya tentang ekspor impor, tetapi juga faktor harga, biaya, dan kecepatan.

Logo Blueray Cargo

BlueRayCargo.ID hadir sebagai mitra importir Indonesia untuk mendatangkan barang dari China secara mudah, cepat, dan aman. BlueRayCargo.ID telah bermitra dengan puluhan ribu pedagang di seluruh Indonesia. 

Kamu hanya butuh waktu sekitar 5-10 hari kerja untuk mendatangkan barang dari China bersama BlueRayCargo.ID. Jadi tunggu apalagi? Jika butuh mendatangkan barang dari China dengan aman dan cepat, langsung saja hubungi kontak BlueRay Cargo.

Sudah Paham Apa Itu PPJK?

PPJK adalah pemain kunci dalam bidang ekspor impor. Saat ingin melakukan impor barang dengan cepat dan aman, gunakan jasa BlueRayCargo.ID! Tidak hanya mendatangkan barang dari luar negeri, BlueRayCargo.ID juga membantumu dalam mencari pemasok, translasi, hingga pengiriman. Tertarik?

Facebook
Twitter
LinkedIn