.

Masalah dan Solusi Pengiriman Barang dalam Bisnis Import Hong Kong

solusi pengiriman barang dari hongkong

Di era globalisasi seperti sekarang ini,  Hong Kong telah menjadi kekuatan ekonomi yang diperhitungkan. Kawasan ini dikenal sebagai salah satu produsen terbesar di dunia yang mendominasi pasar ekspor lewat berbagai produk-produk berkualitas yang mendapatkan pengakuan secara internasional.

Keberhasilan ini tak terlepas dari kemajuan infrastruktur industri dan perkembangan teknologi yang pesat di Hong Kong. Lebih dari sekadar tempat produksi, Hong Kong juga telah menjadi pusat inovasi dan desain, menjadikannya destinasi utama bagi banyak perusahaan yang ingin mengimpor barang untuk memenuhi permintaan pasar.

Jika kamu sedang menjalankan bisnis yang membutuhkan barang import dari Hong Kong, kamu perlu memahami dengan baik berbagai permasalahan serta solusi pengiriman barangnya. Pasalnya, inilah yang akan kamu hadapi di lapangan nantinya. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini!

 

jasa import hongkong

(Sumber: Envato)

Salah Alamat

Salah satu masalah umum yang sering muncul dalam pengiriman barang adalah kesalahan alamat. Kesalahan ini bisa terjadi ketika konsumen salah menuliskan alamatnya, seperti nomor gudang yang tidak tepat. Atau kesalahan juga dapat disebabkan oleh kurir yang salah membaca alamat pengiriman sehingga barang dikirimkan ke lokasi gudang forwarder.

Ketidaksesuaian alamat ini bisa merugikan konsumen maupun pengirim. Dalam beberapa kasus, barang sudah dinyatakan sampai, tetapi nyatanya belum diterima di Gudang Forwarder. Untuk menghindari masalah ini, pastikan alamat sudah ditulis dengan benar oleh importir dan pengecekan ulang alamat juga perlu dilakukan baik oleh pengirim maupun penyedia layanan pengiriman. Ini penting untuk menghindari kerugian yang tidak perlu.

Barang Hilang dalam Pengiriman

Masalah lainnya yang juga kerap terjadi selama proses pengiriman barang adalah kehilangan paket. Kalau hanya salah alamat, barang kemungkinan besar masih ada. Namun kalau paket dinyatakan hilang dan tidak bisa dikirimkan ke alamat tujuan, kemungkinan barang untuk kembali te tangan penerima sangat kecil.

Barang hilang bisa terjadi karena berbagai hal, mulai dari kesalahan penulisan alamat, alamat yang tidak lengkap hingga kelalaian jasa ekspedisi. Tidak sedikit oknum nakal yang sengaja mengambil barang yang sedang dalam proses pengiriman.

Solusi pengiriman barang agar tidak sampai hilang adalah dengan memastikan bahwa perusahaan jasa kirim yang kamu gunakan memang memiliki kredibilitas dan track record yang baik, Kamu bisa cek review dari para pelanggan yang sudah menggunakan jasa ekspedisi tersebut. Pastikan juga tidak ada kesalahan penulisan alamat dan lengkap semua data yang dibutuhkan. Dengan data yang lengkap, proses pengiriman dapat dilakukan dengan lebih mudah dan risiko kehilangan barang bisa dihindari.

Barang Rusak dalam Pengiriman

Tidak hanya kehilangan barang selama pengiriman, kerusakan yang terjadi juga sangat merugikan. Barang kiriman rusak bisa terjadi karena berbagai hal, mulai dari pengemasan yang kurang safety, informasi jenis barang yang ada di dalamnya tidak diinformasikan dengan jujur kepada penyedia jasa pengiriman barang hingga kondisi di lapangan (seperti kecelakaan atau bencana alam).

Kerusakan barang selama pengiriman adalah masalah yang perlu mendapatkan perhatian khusus oleh pihak penyedia jasa pengiriman. Pasalnya, hal ini sangat sering terjadi. Apalagi dalam satu kali pengiriman, ada banyak jenis barang yang harus dibawa.

Ketika kamu mengimpor barang dari Hong Kong, kamu bisa menghindari kerusakan barang dengan memerhatikan poin-poin berikut ini:

  • Informasikan kepada pengirim untuk mengemas barang dengan baik dan benar sebelum pengiriman
  • Jika barang yang dikirimkan adalah barang khusus seperti elektronik atau barang pecah belah, minta pengirim menginformasikannya juga kepada penyedia jasa pengiriman.

Dengan mempertimbangkan isi paket, pihak jasa pengiriman akan memastikan barang terkirim dengan baik dan bebas dari guncangan yang dapat menimbulkan kerusakan. Penyedia jasa pengiriman juga mungkin akan menawarkan asuransi tertentu kepada pengirim untuk memastikan barang sampai dengan aman ke tangan penerima.

Pengiriman Barang Terlambat

Setiap konsumen tentu mengharapkan agar barang yang dibelinya tiba di rumah dengan cepat sesuai perkiraan waktu yang telah diinformasikan. Meskipun demikian, keterlambatan pengiriman masih menjadi salah satu masalah yang sering terjadi. Terkadang, barang sering terlambat sampai ke tangan konsumen karena berbagai faktor, baik yang berasal dari pihak pengirim maupun dari pihak penyedia jasa pengiriman.

Untuk menghindari keterlambatan barang, penting bagi pengguna jasa atau produsen untuk memberikan informasi yang jelas mengenai lokasi pengiriman. Dengan demikian, konsumen dapat memantau dan memprediksi bagaimana proses pengiriman berlangsung.

Pengiriman barang, terutama yang berasal dari luar negeri memang membutuhkan penanganan khusus yang lebih ketat. Agar tidak terjadi masalah yang merugikan, penting untuk memilih dengan cermat jasa import hongkong yang bisa diandalkan. Blueray Cargo Blueray Cargo dengan pengalaman lebih dari 10 tahun, siap menjadi solusi pengiriman barang untuk melakukan import dari Hong Kong lewat jasa logistik yang lengkap. Hubungi kami sekarang juga ya!

 

Facebook
Twitter
LinkedIn