Panduan Pendaftaran Webinar yang Benar

Pendaftaran webinar merupakan pendaftaran yang lebih merujuk pada kegiatan seminar dengan metode daring. Kegiatan ini biasanya menggunakan situs web atau aplikasi tertentu yang berbasis internet. 

Nah, cara ini tentunya akan memungkinkan pembicaranya atau pengisi materinya bisa membagikan informasi melalui jarak jauh. Kegiatan seminar ini bisa kamu lakukan melalui internet maupun media elektronik lainnya. 

Apa Itu Webinar?

Webinar merupakan seminar yang dilakukan tanpa perlu bertatap muka. Webinar ini biasanya menggunakan Zoom sebagai medianya. Namun, kegiatan seminar ini juga bisa menggunakan alternatif lainnya. 

Adanya webinar ini tentu membuat para peserta seminar tidak perlu datang ke tempat seminar berlangsung. Para peserta tinggal menyimak kegiatan seminar ini dengan bantuan dari gawainya masing-masing. 

Apa yang Harus Disiapkan Sebelum Mengikuti Webinar?

Sebelum kamu mengikuti kegiatan seminar online ini, maka ada banyak hal yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum mengikuti webinar. 

1. Siapkan Perangkat Webinar

Hal yang harus kamu siapkan sebelum pendaftaran webinar adalah dengan mempersiapkan perangkatnya terlebih dahulu. 

Webinar ini bisa kamu ikuti melalui ponsel pintar atau smartphone, komputer desktop, maupun laptop. Oleh karena itu, sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa perangkatmu sudah lengkap dan bisa berfungsi dengan baik. 

2. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Hal berikutnya yang harus kamu persiapkan sebelum memulai webinar adalah memastikan bahwa koneksi internet stabil. Jika koneksi internetmu tidak stabil, maka kualitas tampilan seminar pun akan terganggu. 

3. Download Zoom

Jika perangkat sudah siap, dan jaringan internet sudah stabil, maka hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mendownload aplikasi Zoom. 

Aplikasi Zoom ini adalah aplikasi yang khusus untuk melakukan webinar. Aplikasi ini sebenarnya sangat mirip dengan Skype, namun memiliki beberapa fitur tambahan. 

Webinar Menggunakan Laptop atau Smartphone

Webinar ini bisa diikuti oleh siapapun yang menjadi pesertanya. Kegiatan seminar ini bisa dilakukan dengan menggunakan laptop atau smartphone. 

Nah, berikut ini ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika akan mengikuti webinar melalui laptop atau smartphone. 

  • Bagi para peserta webinar yang menggunakan laptop atau komputer, maka bisa mengunduh aplikasi Zoom terlebih dahulu. Kamu bisa mendapatkan linknya melalui mesin pencarian Google. 
  • Nah, bagi para peserta yang menggunakan perangkat smartphone untuk melakukan seminar, maka bisa mengunduh aplikasi Zoom melalui Google Play atau App Store. 

Pendaftaran Webinar

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam melakukan pendaftaran webinar. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya. 

1. Klik Tautan yang Disediakan Pihak Penyelenggara

Hal pertama yang harus kamu lakukan setelah memasang aplikasi Zoom pada perangkat webinarmu, maka silahkan klik tautan yang sudah tersedia. 

Pihak penyelenggara atau dalam hal ini host tentu akan menyediakan link webinar. Link ini akan dibagikan melalui email. Link ini digunakan untuk bergabung dalam ruangan webinar. 

5. Buka Aplikasi Zoom

Setelah kamu klik tautan tersebut, maka kamu pun akan diarahkan untuk membuka aplikasi Zoom untuk daftar webinar importir. 

6.  Klik Tombol Join

Setelah berhasil masuk ke Zoom, maka silahkan kamu klik tombol join audio conference by computer (jika kamu memang menggunakan laptop atau komputer). 

Selain itu, kamu juga bisa klik join audio conference by phone (jika kamu menggunakan smartphone). 

Jika kamu sudah berhasil bergabung dalam ruangan webinar tersebut, maka kamu pun bisa mulai mengikuti seminar tersebut. 

Namun perlu kamu ingat, bahwa host sudah mengatur agar semua partisipan yang bergabung mematikan fitur audio dan videonya. 

Oleh karena itu, semua partisipan atau peserta hanya bisa menyimak, dan tidak bisa berbicara maupun menampilkan videonya dalam forum webinar tersebut. 

Nah, bagi kamu yang ingin daftar webinar importir, maka bisa mencari penyelenggara webinar terpercaya. Selain menambah ilmu mengenai bisnis importir barang, webinar importir juga bisa menjadi bekal untuk kamu memulai bisnis ini.

Tertarik untuk melakukan kerjasama dengan Importir barang terpercaya di Indonesia? kamu bisa bergabung bersama Blueraycargo.id. Segera hubungi Contact Person untuk melakukan negosiasi dan konsultasikan kebutuhan kamu sekarang juga!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis