Asosiasi Importir Indonesia, Ini Dia Visi Misinya!

Asosiasi Importir Indonesia, Ini Dia Visi Misinya!

Setiap pekerjaan yang ada baik itu bisnis maupun profesi, pasti mempunyai asosiasi yang mendukungnya. Seperti para dokter yang mempunyai Ikatan Dokter Indonesia, para pebisnis yang memiliki usaha impor juga mempunyai asosiasi importir Indonesia. Asosiasi importir tersebut dinamakan GINSI.

GINSI sendiri adalah singkatan dari Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia. Lalu apa sebenarnya GINSI tersebut dan apa kegunaannya?

Pengertian Asosiasi Importir Indonesia

Asosiasi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah sebuah gabungan atau persatuan antara dua atau lebih sebuah rekan usaha maupun persekutuan dagang. Selain itu, gabungan ataupun perkumpulan orang-orang yang mempunyai visi dan misi yang sama juga adalah arti lain dari Asosiasi.

Jadi, Asosiasi Importir Indonesia adalah perkumpulan ataupun gabungan dari seluruh Importir Indonesia untuk saling membantu dan bersatu dalam visi dan misi yang sama.

Pada tanggal 11 Desember 2019, Badan Pengurus Pusat (BPP) yang mengurus semua asosiasi yang ada di Indonesia secara resmi mengukuhkan GINSI (Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia) sebagai asosiasi yang mengatur jalannya aktivitas Impor. Asosiasi ini akan berlangsung untuk 1 periode yaitu 5 tahun dari tahun 2019-2024.

Kepengurusan anggota GINSI pada periode 2019 sampai 2024 ini adalah hasil dari musyawarah nasional luar biasa yang diadakan pada tanggal 13 november 2019 di Bali lalu.

Visi dan Misi GINSI

Seperti Asosiasi pada umumnya, importir Indonesia yang bergabung pada GINSI (Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia) juga tersebar kepada beberapa cabang yang ada pada seluruh Indonesia. Cabang-cabang GINSI antara lain ada GINSI cabang jawa tengah, Jawa Timur, dll.

Inilah beberapa visi dan misi yang diemban oleh seluruh anggota asosiasi importir Indonesia ini.

1.  GINSI dapat mendorong, mengembangkan dan membina para pelaku usaha import sebagai importir Indonesia yang bergerak pada bidang perdagangan seperti perdagangan luar negri. Para importir Indonesia tersebut diharapkan dapat berperan besar dalam pasar global atau internasional dan dapat bersaing dengan sehat.

2.  GINSI sebagai mitra pemerintah Indonesia dalam menciptakan usaha yang sehat dan tertib, khususnya usaha pada bidang import. Sehingga hal ini akan dapat membuat dunia perdagangan berkembang secara wajar untuk bisa menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia.

3.  Bisa mengembangkan semangat antar kebersamaan para importir Indonesia sebagai anggota GINSI dalam hal bersama-sama memperjuangkan kepentingan importir secara sektoral. Artinya, secara bagian-bagian tanpa harus mengesampingkan kepentingan Negara Indonesia atau kepentingan nasional.

Fungsi Asosiasi Importir Indonesia

Berikut ini adalah beberapa fungsi yang ada jika Anda bisa menjadi anggota asosiasi importir Indonesia yang bernama GINSI ini.

1. Sebagai Pembantu Jalannya Proses Perdagangan

Fungsi pertama dari asosiasi ini adalah untuk membantu proses perdagangan khususnya impor barang dari Negara lain ke dalam Indonesia. Banyak importir Indonesia yang berharap banyak setelah adanya GINSI, pemerintah tidak lagi menyulitkan kalangan dunia ekspor dengan alasan ingin meningkatkan kualitas produksi dalam negeri.

2. Sebagai Sarana Informasi

Setiap importir Indonesia pastilah harus mengetahui apa-apa saja informasi dan berita-berita baru yang berkaitan dengan bisnis impor. Itulah salah satu fungsi GINSI. Kamu yang tergabung ke dalam GINSI akan memiliki berbagai informasi-informasi baru yang akan sangat membantu kamu dalam memikirkan langkah bisnis berikutnya.

Yuk, Gabung Dengan Asosiasi Importir Indonesia!

Itulah penjelasan mengenai asosiasi GINSI untuk kamu para importir Indonesia ataupun pelaku perdagangan Internasional. Dan jika kamu sedang mencari jasa importir, jangan lupa memakai jasa importir barang China Blueray Cargo sebagai agen importir terpercaya dengan menghubungi kontak berikut. Semoga artikel ini membantu!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis