Cara Menjadi Importir Sukses untuk Para Pemula

Cara Menjadi Importir Sukses untuk Para Pemula

Menjadi importir apalagi di Indonesia peluang keuntungannya sangat menjanjikan, lho. Tidak heran jika bisnis impor memiliki daya tarik bagi para pebisnis. Nah, buat kamu yang masih pemula, untuk memulai jadi importir sangatlah mudah. Penasaran? Cari tahu jawabannya di bawah ini, yuk!

Kenapa Menjadi Importir Sangat Menguntungkan?

Berkembangnya teknologi dan arus globalisasi membuat bisnis importir tumbuh dengan cepat di Indonesia. Saat ini sudah banyak pebisnis yang menjadi importir dalam skala kecil seperti rumahan atau bahkan skala besar seperti perusahaan.

Berbicara soal peluang keuntungan, tentu saja menjadi pebisnis barang-barang impor sangat menguntungkan. Hal ini dilatarbelakangi oleh tingginya minat masyarakat Indonesia membeli barang atau produk impor.

Meskipun persaingan bisnis impor cenderung sangat sengit, faktanya sektor bisnis satu ini tidak menunjukkan tanda-tanda keredupan, lho. Bahkan bisnis impor semakin tumbuh berkembang sejak adanya akses internet.

Cara Menjadi Importir untuk Para Pemula

Nah, karena bisnis importir peluang keuntungannya sangat menjanjikan, tentu saja membuat kamu tertarik untuk mencobanya, bukan?

Sebelum langsung terjun, kamu harus memiliki banyak bekal dan persiapan terlebih dahulu untuk menjadi seorang importir sukses. Kira-kira bagaimana cara jadi importir sukses untuk para pemula? Berikut tiga cara untuk menjadi importir!

1. Tentukan Produk yang Ingin Diimpor

Hal pertama yang harus kamu lakukan jika ingin menjadi importir sukses adalah menentukan produk atau barang. Bagaimana caranya? Pilih segmentasi pasar yang nanti akan jadi tujuan bisnis kamu.

Jangan lupa juga untuk menentukan niche pasar seperti produk elektronik, fashion, peralatan kantor, peralatan rumah tangga, produk kecantikan, hingga elektronik. Pastikan kamu memilih satu jenis produk saja agar lebih fokus untuk menjalankannya. Ketika sudah berkembang, kamu bisa memilih jenis produk lainnya.

Dalam menentukan produk yang ingin diimpor, kamu juga harus mempertimbangkan banyak hal, salah satunya adalah produk yang dipilih banyak peminatnya. Yup, tujuan utama dari pebisnis adalah mendapatkan keuntungan dari penjualan. Maka dari itu, pastikan produk yang kamu pilih memiliki nilai jual yang tinggi.

Bagaimana cara mengetahui barang yang kamu pilih nantinya laku terjual? Caranya adalah dengan melihat tren apa saja yang sedang populer di tengah masyarakat. Selain itu, kamu juga harus mengamati seperti apa sengitnya persaingan pasar.

Dua hal ini nantinya bisa jadi acuan kamu untuk menerapkan strategi pemasaran dengan tepat. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk mengamati tren pasar dan persaingan kompetitor dalam memilih produk atau barang.

2. Pilih Supplier yang Tepat

Cara menjadi importir berikutnya adalah memilih supplier yang terpercaya. Berkat kemudahan akses internet, kamu bisa memanfaatkan marketplace sebagai perantara antara penjual dengan pembeli.

Untuk mendapatkan marketplace yang terpercaya, kamu harus memperhatikan reputasinya dengan melihat rating dan Gold Verified-nya. Jangan lupa juga untuk mengajukan Trade Insurance saat melakukan transaksi.

3. Siapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Hal penting yang tidak boleh kamu lewatkan adalah dokumen-dokumen penting. Untuk menjadi importir resmi, kamu harus memiliki lisensi impor. Selain itu, kamu juga harus menyiapkan beberapa dokumen seperti packing list, bill of lading atau airway bill, invoice, SKA, dan dokumen penting lainnya.

Nah, itulah cara jadi importir untuk para pemula. Sebagai pengingat, kamu harus memilih supplier terpercaya dengan memanfaatkan jasa importir barang China Blueray Cargo. Agar lebih cepat, kamu bisa menghubungi Kontak WhatsApp berikut ini ya. Selamat berdiskusi!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis