Cara Menjadi Importir Resmi Terpercaya di Indonesia

Cara menjadi importir resmi di indonesia

Kegiatan perdagangan internasional masih terus berjalan. Selama masih ada sumber daya alam yang bisa diperjualbelikan dan sumber daya manusia untuk memproduksi barang masih ada, aktivitas ini akan terus berjalan dan memberi keuntungan yang banyak. Tidak heran jika banyak calon importir yang mencari tahu cara menjadi importir dan cara impor barang dari luar negeri.

Pada dasarnya, proses membangun bisnis importir sama seperti membangun bisnis pada umumnya. Calon importir harus memiliki gedung, nama perusahaan, karyawan, strategi bisnis, dan perizinan. Tapi, tidak banyak yang bahwa membangun bisnis importir ini juga memerlukan perizinan dari bea cukai juga.

Biar kamu tidak terlibat masalah perizinan dan kasus impor ilegal, yuk cari tahu bagaimana cara menjadi importir resmi di Indonesia berikut ini:

Cara Menjadi Importir Resmi di Indonesia

Pertama, sebagai calon pebisnis importir kamu harus memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP sebagai bukti legal bahwa perusahaan kamu sudah memiliki izin bisnis impor barang ke Indonesia.

Izin ini bertujuan sebagai hambatan non-tarif bagi Negara Indonesia untuk melindungi ekonomi dan produsen dalam negeri yang sesuai dengan peraturan tentang jumlah barang yang diimpor.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak perusahaan-perusahaan yang mewakili perusahaan asing dan manufaktur asing untuk bekerja sama dalam kegiatan impor barang. Perwakilan ini biasanya sudah memiliki lisensi khusus untuk mengimpor barang dari negara tertentu. 

Proses Menjadi Importir Resmi di Indonesia

  1. Pertama, mendaftar menjadi PT PMA (Penanaman Modal Asing) di Indonesia. (Proses pengerjaan: 6 minggu).
  2. Memiliki lisensi Izin Usaha Tetap dan lisensi bisnis permanen. (Pengerjaan 1-2 minggu).
  3. Memiliki lisensi API-U atau API-P (Proses: 1 minggu).
  4. Memiliki Nomor Identitas Kepabeanan atau Surat Pemberitahuan (Proses pengerjaan: 4 minggu).
  5. Surat rekomendasi dari DEPTAN Kementerian Pertanian (Untuk kategori makanan atau produk anak-anak) (Proses: 4 minggu).
  6. Persetujuan dari lembaga terkait, seperti BPOM (Untuk makanan) (Proses: 3 minggu).
  7. Telah mendapatkan persetujuan oleh Kementerian Perdagangan.

Jenis-Jenis Lisensi Importir

Indonesia memiliki 2 jenis lisensi importir yang terdiri dari  API Umum (API-U) dan API Produsen (API-P).

1. Lisensi API-U

Pertama, perizinan API-U ini mengizinkan perusahaan-perusahaan dagang di Indonesia untuk mengimpor barang untuk diperdagangkan kembali di Indonesia.

2. Lisensi API-P

Kedua, lisensi API-P ini mengizinkan perusahaan untuk mengimpor barang yang hanya akan digunakan untuk kepentingan internal perusahaan mereka. Sehingga, barang-barang yang masuk tidak boleh diperjualbelikan di pasar.

Cara Impor Barang Dari Luar Negeri

1. Menentukan Jenis Barang Impor

Pertama, kamu harus menentukan barang apa yang ingin kamu impor. Kamu bisa melihat dan mempelajari HS Code barang impor yang tercantum pada Buku Tarif Kepabeanan Indonesia (BTKI) tahun 2012.

2. Proses Penerimaan Barang Impor

Selanjutnya, sebagai importir, kamu harus mengetahui bagaimana proses penerimaan barang yang telah dikirim ke perusahaan kamu. Jadi, kamu memiliki kewajiban untuk mengurus seluruh proses penerimaan barang mulai dari biaya angkut, bayar bea masuk, PPN, PPH, dan lain-lainnya.

3. Proses Pembayaran

Biasanya, bisnis impor ini memiliki 2 cara pembayaran, berikut daftarnya:

Non-LC:

  • Open Account
  •  Documentary Collection
  • Cash in Advance Payment

Documentary Credit-LC:

  • Red Clause
  • Slight LC
  • Usance

4. Mengurus Perijinan Impor

Seperti yang sudah kami jelaskan, sebagai calon pebisnis importir, setidaknya kamu harus memiliki perizinan berikut ini:

  • Angka Pengenal Impor (API-P atau API-U)
  • Legalitas Perusahaan (CV atau PT)
  • Nomor Induk Kepabeanan

5. Memilih Freight Forwarder

Karena kamu akan mengirim barang dari luar negeri, kamu harus memilih pihak freight forwarder terpercaya supaya barang yang kamu pesan akan sampai dengan selamat.

Saat ini, sudah banyak sekali freight forwarder yang memiliki reputasi yang baik yang bisa kamu temukan secara online. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan partner bisnis kamu, biasanya mereka sudah memiliki pengalaman dalam urusan impor-ekspor.

Itulah Cara Menjadi Importir Resmi Terpercaya

Jadi, itulah cara menjadi importir resmi terpercaya. Kamu bisa membangun bisnis importir mulai dari sekarang. Apabila kamu membutuhkan jasa importir barang China, kamu bisa menggunakan jasa Blueray Cargo.

Yuk, konsultasi bisnis importir dengan menghubungi kontak WA kami sekarang!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis