Pahami Bagaimana Cara Import Barang dari China

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan penghasilan, salah satunya adalah berbisnis barang import. Jika kamu tertarik, maka kamu bisa mentargetkan negara China sebagai importir andalan kamu. Setelah kamu yakin untuk membuka bisnis menjual barang-barang import China, selanjutnya kamu harus tahu bagaimana cara import barang dari China ke Indonesia.
Beruntunglah kamu karena sudah datang di artikel yang tepat karena kami akan berikan tips bagaimana cara impor barang dari China ke Indonesia yang aman dan resmi. Selain itu, kami juga akan jelaskan secara singkat ketentuan pajak yang harus kamu penuhi.

Tips bagaimana cara import barang dari China ke Indonesia

1. Melalui E-commerce atau Marketplace Internasional

Seperti yang kita tahu, sudah ada banyak jenis e-commerce atau marketplace yang bisa kita akses kapanpun dan dimanapun. Nah kamu bisa mencari, mengamati, lalu membeli barang-barang yang ingin kamu jual dari e-commerce internasional kesukaanmu, baik eceran ataupun grosir. Kami sarankan untuk menggunakan platform e-commerce Alibaba atau AliExpress, Taobao, dan 1688.com.

Biasanya, cepat atau lamanya barang-barang import tersebut sampai ke tangan kamu tergantung jenis jalur pengiriman yang kamu pilih sebelum checkout. Jika kamu memilih jalur udara, maka barang kamu akan sampai dalam kurun waktu sekitar 14 hari. Sedangkan untuk jalur laut, estimasi waktu pengiriman kurang lebih dalam 30 hari.

2. Lewat Jalur Pelabuhan

Sebelum ada banyak e-commerce seperti sekarang, orang-orang dulu lebih familiar tahu bagaimana cara import barang dari China ke Indonesia melalui jalur tradisional, yaitu jalur pelabuhan. Alasan cara ini dijuluki cara tradisional karena kamu sebagai pembeli barang perlu mendatangi pelabuhan yang menerima ekspedisi import dari China.

Lalu di sana kamu akan bertemu dengan importir secara langsung untuk melakukan proses kesepakatan. Mulai dari kesepakatan harga barang, proses pengiriman, dan kesepakatan opsional tergantung kebutuhan. Umumnya, cara ini dilakukan oleh perusahaan atau perseorangan yang berencana ingin menjual barang-barang import dalam skala besar.

3. Menggunakan Jalur Pribadi

Maksud dari jalur pribadi adalah kamu membeli langsung barang yang ingin kamu jual dari offline store. Cara ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang kebetulan sedang berkunjung ke China karena alasan tertentu.

Jumlah barang yang akan kamu resell pun tidak sebanyak barang yang kamu beli dengan dua cara sebelumnya. Cara ketiga ini ini perlu kamu perhatikan khusus karena adanya kebijakan pajak barang import dan bea cukai. Untuk selengkapnya simak penjelasannya setelah ini.

Kebijakan Pajak dan Bea Cukai Barang Import

Peraturan ini tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan tahun 2019 tentang Peraturan Kepabeanan, Cukai, dan Pajak Impor Barang. Disana tertulis apabila seseorang membeli barang dengan total harga di atas USD$3, ia akan dikenakan biaya bea masuk sebesar 7,5%, PPN sebesar 10% dan Pajak Penghasilan atau PPh sebesar 0%.

Sedangkan ketentuan tarif pajak dan Bea Cukai berdasarkan jenis barang, misalnya tas, sepatu, dan produk tekstil lainnya adalah sebagai berikut:

Bea Masuk

  • Tas dan produk tekstil: 15-20%
  • Sepatu: 25-30%

PPN

All-item: 10%

PPh

All-item: 7,5%

Sudah Tahu Bagaimana Cara Import Barang dari China ke Indonesia, kan?

Berdasarkan penjelasan kami tentang bagaimana cara import barang dari China ke Indonesia, pilihlah cara yang paling menguntungkan kamu. Mulai dari saat membeli hingga menjual kembali barang-barang tersebut. Apalagi saat pandemi seperti sekarang, cara import barang yang bisa kamu lakukan adalah melalui e-commerce. Sedangkan cara kedua dan ketiga belum bisa banyak kamu lakukan untuk saat ini.

Tips dari kami, pastikan situs e-commerce yang kamu gunakan adalah asli agar terhindar dari penipuan. Lalu perhatikan pula ketentuan tarif pajak dan Bea Cukai yang pemerintah tetapkan agar tidak mendapatkan sanksi yang akan menyusahkan diri kamu sendiri. Jika kamu mencari jasa pengiriman barang terpercaya, kamu bisa gunakan layanan jasa importir barang China Blueray Cargo, lho. Untuk informasi selengkapnya, bisa hubungi kontak Blueray Cargo di sini. Semoga sukses!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis