Mengapa Barang dari China Murah? Berikut Alasannya!

Mengapa Barang dari China Murah? Berikut Alasannya!

Mengapa barang dari China murah? Hal ini menjadi pertanyaan bagi banyak orang termasuk masyarakat Indonesia. Karena produk dari negara bambu itu mampu menguasai pasar dunia termasuk Indonesia dengan harga yang relatif murah. Tentunya transaksi jual beli merupakan hal lumrah yang menjadi aktivitas sehari-hari saat seseorang membutuhkan suatu barang.

Aktivitas jual beli ini tidak hanya terjadi dalam negeri tetapi negara juga memasok barang ke luar negeri. Terdapat pula aktivitas membeli atau mendatangkan produk dari luar negeri. Termasuk Negara Indonesia yang mendatangkan produk dari China dengan jumlah dan jenis yang bervariasi. 

Lalu, apakah alasan dari harga murah yang ada pada produk buatan China? Simak artikel berikut ini untuk mengetahui informasi detailnya.

Mengapa Barang dari China Murah?

Terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab murahnya harga beli produk buatan China, antara lain :

1. Produk Berskala Industri

Alasan pertama dari murahnya harga beli produk China yakni skala produksi yang Negara China lakukan yakni secara besar-besaran. Artinya pembuatan seluruh produk berjumlah banyak dengan harga produksi yang lebih murah. 

Tidak heran jika produk buatan negara bambu ini relatif murah dan banyak terjual pada pasar internasional bahkan beredar luas di pasar Indonesia.

Tentunya dengan jumlah produksi produk secara besar-besaran hal ini akan menghemat biaya. Karena penggunaan bahan pun tentunya dioptimalkan untuk banyak produk. Bahkan dengan cara ini kerusakan alat produksi pun semakin menipis sehingga biaya untuk pembenahan alat semakin kecil.

2. Adanya Biaya Subsidi

Hal lain yang menjadi penyebab murahnya harga produk buatan China adalah hampir seluruh biaya dikenakan subsidi. Hal ini termasuk biaya listrik dan air yang tentunya menjadikan biaya produksi semakin kecil. Oleh karena itu, para perusahaan China memberikan harga yang murah terhadap produk buatannya.

3. Dukungan Infrastruktur dan Hak Cipta

China menjadi salah satu negara yang melakukan pembangunan infrastruktur secara besar-besaran untuk kawasan industri. Tidak hanya wilayah perkotaan tetapi juga kawasan industri ini mampu mencakup wilayah pedesaan bahkan daerah terpencil. Infrastruktur tersebut berupa pelabuhan, kereta api, jalan raya, dan komponen lainnya.

Sehingga mampu menekan biaya produksi dan transportasi seminimal mungkin. Tentunya hal ini bisa menjadi jawaban dari pertanyaan, mengapa barang dari China murah yang mampu menguasai pasar internasional.

4. Ketiadaan Pajak Ekspor

Saat sebuah negara melakukan pembelian atau pengiriman barang ke negara lain maka umumnya terdapat biaya untuk melakukan transaksi antara negara. 

Namun, berbeda dengan kebijakan pemerintah China yang meniadakan biaya ekspor. Seluruh pajak ganda hingga PPN memiliki nominal 0% sehingga hal ini juga yang mampu menekan harga jual produk buatan China.

5. Upah Pekerja Rendah dan Tidak Ada Asuransi

Sebagian besar produsen Cina juga memberikan upah yang rendah untuk para pekerja. Selain itu, tidak ada sistem asuransi untuk para buruh yang mengakibatkan para produsen dengan leluasa memaksimalkan pembuatan produk.

6. Produk me too

Hampir seluruh produk buatan China merupakan produk me too atau produk tiruan. Dalam hal ini para produsen tidak perlu melakukan riset secara mendalam karena seluruh produk telah mengikuti produk referen yang menjadi acuan.

Sudah Tahu Alasan Mengapa Produk dari China Murah?

Setelah mengetahui alasan dari murahnya produk buatan China, apakah Anda tertarik untuk melakukan impor produk dari negara tirai bambu tersebut? Jika iya, maka Anda bisa memanfaatkan layanan jasa dari BluerayCargo yang memberikan layanan importir barang China terbaik. 

Anda bisa melakukan kontak jasa melalui situs website blueraycargo.com atau menghubungi kontak BluerayCargo. Kini, saatnya Anda menjadi importir sukses bersama BluerayCargo!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis