5 Faktor Penghambat Perdagangan Internasional yang Wajib Anda Ketahui

5 Faktor Penghambat Perdagangan Internasional
Containers warehouse on platform with cranes and forklifts, aerial view. Business and logistic concept, cargo transit. Katy Wroclawskie, Poland - October 29, 2021

Perdagangan internasional memang bermanfaat untuk memajukan ekonomi sebuah negara dan membantu tercukupinya kebutuhan dalam negeri. Namun, kegiatan ekonomi yang satu ini tidak selalu berjalan lancar dan mulus. Terdapat beberapa faktor penghambat perdagangan internasional yang terjadi dan perlu Anda ketahui. 

Perdagangan internasional adalah transaksi jual beli yang dilakukan oleh dua bangsa. Transaksi ini biasanya meliputi kegiatan ekspor dan impor. Selain itu, perdagangan internasional juga melibatkan banyak pihak, mulai dari pemerintah, hingga perusahaan. 

5 Faktor Penghambat Perdagangan Internasional

Dengan adanya perdagangan internasional, semua negara saat ini jadi saling ketergantungan satu dengan yang lainnya untuk komoditas tertentu. Hal ini tentu saja baik untuk meningkatkan perekonomian negara dan memperkecil kesenjangan antara negara maju dan negara berkembang. 

Namun, ada juga beberapa faktor penghambat perdagangan internasional yang menjadi penghambat proses transaksi menguntungkan ini. Apa saja hambatan tersebut? Berikut penjelasan lengkapnya. 

1. Kebijakan ekonomi dan politik internasional 

Faktor penghambat perdagangan internasional yang pertama adalah kebijakan ekonomi dan politik internasional. Hal ini mencakup dumping, pemberlakuan tarif dan kuota impor, larangan ekspor atau impor, dan lain sebagainya. 

Kebijakan-kebijakan ini biasanya dilakukan untuk melindungi produksi dan perekonomian dalam negeri. Tujuannya adalah agar komoditas yang ada di dalam negeri tidak terdominasi oleh produk-produk impor. Selain itu, bisa juga untuk menjaga kesenjangan harga. Faktor lainnya adalah adanya hubungan politik yang tidak baik dengan negara lain, perang, atau bencana alam. 

Kebijakan politik dan ekonomi suatu negara bisa menghambat perdagangan internasional yang berpotensi merugikan negara dan pengusaha yang terlibat. 

2. Perbedaan Nilai Mata Uang

Setiap negara menggunakan berbagai mata uang yang berbeda untuk transaksi. Mata uang ini memiliki nilai yang berbeda satu dengan yang lainnya. Jika suatu negara mengekspor produk ke negara lain, terkadang mereka hanya ingin mendapatkan bayaran dengan mata uang negaranya saja. 

Hal ini menjadi hambatan karena menyulitkan satu pihak. Sebagai solusi, biasanya kedua negara yang terlibat transaksi bersepakat untuk menggunakan mata uang negara lainnya yang lazim digunakan dalam sistem pembayaran internasional, seperti US Dollar dan Euro. 

3. Konflik dan Bencana Alam di Suatu Negara

Situasi dalam negeri ternyata bisa menjadi faktor penghambat perdagangan internasional. Misalnya, jika terjadi konflik politik atau kerusuhan di dalam negeri, ekspor dan impor produk akan terganggu. 

Pengusaha dalam negeri jadi sulit melakukan kegiatan produksi dan menghambat ekspor. Sementara itu, pengimpor dari luar negeri jadi sulit masuk ke negara konflik karena resiko keamanan terancam. 

4. Birokrasi yang Rumit

Faktor penghambat perdagangan internasional lainnya adalah birokrasi yang bertele-tele pada suatu negara. Hal ini bisa mempersulit alur ekspor dan impor, sehingga membuat pengusaha enggan melakukan transaksi. 

Semakin rumit prosesnya, maka kegiatan ekspor dan impor akan semakin menguras waktu dan tenaga. Hambatan yang satu ini bisa merugikan negara juga karena kepercayaan penjual akan berkurang sehingga aktivitas ekspor dan impor pun akan menurun. 

5. Kualitas SDM yang Rendah

Pendidikan, kesehatan, dan ekonomi adalah hal-hal yang menentukan kualitas SDM di suatu negara. Jika kualitas SDM rendah, hal ini akan menyulitkan negara tersebut untuk mengelola sumber daya alam yang ada di negaranya. 

Sudahkah Anda Memahami Faktor Penghambat Perdagangan Internasional? 

Demikianlah penjelasan tentang faktor penghambat perdagangan internasional. Dengan segala hambatan yang dimilikinya, terlibat dalam perdagangan internasional tetap saja merupakan jalan untuk mensejahterakan ekonomi suatu negara. 

Saat ini, siapapun bisa memiliki usaha yang berkaitan dengan ekspor dan impor. Untuk memulai usaha yang menjual barang impor, Anda bisa mengandalkan BlueRayCargo. BlueRayCargo adalah jasa importir barang China terbaik yang siap membantu Anda memulai bisnis. Tertarik memulai bisnis impor Anda hari ini? 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis