Mau Belanja Online di Alibaba Tanpa Ribet? Begini Caranya!

Mau Belanja Online di Alibaba Tanpa Ribet? Begini Caranya!

Bagi Anda sekalian yang suka berbelanja secara daring, situs belanja Alibaba merupakan salah satu pilihan yang mungkin cocok bagi Anda. Apakah Anda sudah pernah order barang melalui situs ini? Apakah Anda belum pernah belanja di Alibaba karena tidak tahu cara order barang di Alibaba yang betul? Jangan khawatir, artikel ini akan menjelaskan tata caranya supaya Anda tidak lagi ragu untuk belanja di Alibaba.

Apa itu Situs Alibaba?

Sebelum Anda belajar tentang cara order barang di Alibaba, sebaiknya Anda tahu dulu apa Alibaba itu.

Rata-rata konsumen Indonesia lebih memilih berbelanja daring di situs Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee. 

Tetapi tahukah Anda jika ada situs belanja daring yang siap dan sudah berpengalaman menjual barang dari luar negeri dengan harga yang bersaing? Ya, itulah situs Alibaba yang akan kita bahas pada kesempatan ini.

Situs belanja resmi Alibaba.com dikelola oleh Alibaba Group yang kantor pusatnya terletak di Cina. 

Perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 1999 ini sekarang sudah memiliki puluhan kantor cabang yang berdiri di berbagai belahan dunia, termasuk diantaranya Indonesia. 

Perusahaan Alibaba Group berkiprah dalam bidang telekomunikasi, hiburan, media digital, dan inovasi teknologi, sementara situs Alibaba yang mereka kelola fokus pada bidang pemasaran dan perdagangan online.

Tata Cara Order Barang di Alibaba

Setelah Anda tahu yang Namanya situs Alibaba, Anda dapat mulai berbelanja daring di situs ini dengan mengikuti cara-cara sebagai berikut.

1. Buat Akun User Alibaba

Pertama, Anda harus mengunjungi situs resmi Alibaba dan mendaftarkan diri Anda sebagai user. Anda perlu membaca dan memahami semua ketentuan pengguna yang telah situs Alibaba tetapkan, termasuk peraturan pajak dan biaya pengiriman, sebelum Anda bisa mulai order barang.

2. Cari Barang yang Akan Anda Beli

Jika Anda sudah membuat akun user, Anda bisa mulai mencari barang dengan memasukkan kata kunci di kotak search pada bagian atas halaman utama. Menu kategori pada sisi kiri halaman dapat membantu Anda dalam pencarian produk.

3. Gunakan Filter Pencarian 

Anda sebaiknya menggunakan opsi filter saat sedang mencari barang untuk mempersingkat waktu pencarian, dan agar Anda tidak membeli barang yang salah. Opsi filter tersebut akan memilah barang berdasarkan warna, ukuran, harga, maupun jenis kelamin pembeli.

4. Hubungi Pemasok Secara Langsung

Cara order barang di Alibaba yang bisa Anda coba ialah menghubungi pemasok / supplier barang lewat e-mail atau WhatsApp. Anda bisa membuat kesepakatan dalam hal jumlah maupun ukuran barang yang akan Anda beli dari supplier dengan mengontak pemasok barang secara langsung.

5. Periksa Apakah Pemasok Barang Sudah Terverifikasi

Anda harus mengunjungi laman pemasok barang di Alibaba untuk memastikan keabsahan mereka sebagai penyedia produk, karena bisa jadi diantara mereka ada yang berbuat curang atau penipuan. 

Lencana verifikasi pada sebuah supplier barang adalah tanda jika mereka telah lulus inspeksi dari staf Alibaba, dan bahwa barang yang Anda pesan betul-betul dikirimkan.

6. Utamakan Supplier yang Dekat dengan Anda

Karena pemasok Alibaba tersebar di seluruh dunia, Anda sebagai penduduk negara Indonesia lebih baik mencari pemasok yang bertempat di Indonesia juga supaya tidak usah menunggu lama dan tidak perlu membayar bea cukai.

Siap menerapkan cara order barang di Alibaba diatas? Jika Anda berbelanja di China dengan kapasitas banyak, maka jasa importir barang China Blueray Cargo menjadi solusi bagi Anda jika ingin mengimport barang China secara cepat, aman, dan terpercaya. Anda bisa menghubungi Kontak BluerayCargo untuk mengetahui info lebih detailnya, ya. Yuk, belanja sekarang juga!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis