Jasa Impor Indonesia: Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya

Jasa Impor Indonesia: Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya
Abstract image of the world logistics, there are world map background and container truck, ship in port and airplane

Jasa impor Indonesia ini merupakan istilah yang digunakan untuk membahas mengenai perdagangan internasional. 

Nah, untuk lebih memahami apa itu jasa impor, silahkan simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Pengertian Jasa Impor Indonesia

Istilah impor ini bisa kamu temukan dalam berbagai sumber yang tersedia. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menyebutkan bahwa impor merupakan pemasukan barang dari luar negeri. 

Impor ini merupakan aktivitas memasukkan barang atau produk lain dari luar negeri. Kemudian, barang akan dipasarkan ke dalam negeri. 

Menurut UU Nomor 17 Tahun 2006, impor merupakan aktivitas memasukkan barang ke daerah pabean yang termasuk dalam wilayah Indonesia. 

Impor tidak hanya berupa upaya untuk mendatangkan barang, namun juga mendatangkan jasa. Untuk pihak yang melakukan kegiatan impor ini disebut sebagai importir. 

Tujuan Melaksanakan Impor

Jasa impor Indonesia merupakan aktivitas yang bertujuan hanya untuk kepentingan pihak pengimpor saja. 

Padahal, impor merupakan kegiatan yang tidak bisa lepas dalam kehidupan bernegara. Setiap negara pasti melakukan impor dari negara lain. 

Hal ini bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat yang ada dalam negeri. Berikut ini ada beberapa tujuan dalam melaksanakan impor. 

1. Ketidakmampuan dalam Melakukan Produksi

Sebuah negara biasanya akan melakukan impor karena tidak adanya kemampuan dalam memproduksi barang maupun jasa. 

Ada berbagai alasan yang mendasari mengapa sebuah negara tidak mampu untuk memproduksi suatu produk atau jasa. 

2. Biaya Produksi yang Terlalu Mahal

Suatu negara bisa saja melakukan kegiatan impor barang atau jasa karena alasan biaya. Negara tersebut memang memiliki kemampuan dalam melakukan produksi. 

Hanya saja, untuk besaran biaya yang perlu kamu keluarkan jauh lebih mahal daripada jika kamu mendatangkan barang secara impor. 

Oleh karena itu, dengan kamu mendatangkan barang impor, maka kamu bisa mendapatkan pilihan yang lebih rasional.

3. Kebutuhan dalam Negeri Tidak Terpenuhi

Kamu tentunya sudah sering melihat negara yang melakukan impor barang. Namun barang tersebut sebenarnya sudah diproduksi oleh perusahaan yang ada di dalam negeri. 

Hanya saja, untuk pilihan impor ini merupakan salah satu langkah yang bisa suatu negara lakukan, yang mana kebutuhan masyarakatnya jauh lebih besar daripada kemampuan produksi dalam negeri. 

Baca Juga : Impor Grosiran Barang China Bergaransi di Blueray Cargo

Manfaat Jasa Impor Indonesia

Aktivitas dari jasa impor Indonesia ini sering mendapatkan pandangan miring dari masyarakat. Terlebih dengan adanya kemungkinan jika barang impor ini menjadi salah satu pemicu persaingan harga yang cukup ketat di pasaran. 

Dengan begitu, maka barang-barang dalam negeri pun akan kalah bersaing jika kamu bandingkan dengan produk impor. 

Impor juga membuat cadangan devisa negara berangsur berkurang. Meski begitu, kegiatan impor ini bukanlah kegiatan yang sepenuhnya hanya membawa kerugian semata. 

Ada banyak manfaat dari kegiatan impor yang bisa kamu rasakan secara langsung. Manfaat yang dimaksudkan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut. 

  1. Memperoleh suplai produk buatan luar negeri, yang memang produk tersebut tidak bisa diproduksi oleh perusahaan dalam negeri. 
  2. Mendapatkan suplai bahan baku yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan industri dalam negeri. 
  3. Sebagai sarana untuk melakukan transfer teknologi modern. 
  4. Upaya untuk mengendalikan inflasi. Hal ini dikarenakan harga barang impor yang lebih terjangkau. 
  5. Dengan adanya impor, maka suatu negara bisa lebih fokus untuk melakukan kegiatan aktivitas produksi barang atau jasa tertentu. 

Nah, bagi kamu yang ingin memulai bisnis jasa impor Indonesia, maka bisa menggunakan jasa importir barang China Blueray Cargo. Kualitas dari Blueray tentu tidak perlu kamu ragukan lagi, karena sudah berpengalaman selama 20 tahun. 

Jadi, Blueray siap membimbing dan bekerjasama untuk mensukseskan bisnis impormu. Jika masih ragu, yuk konsultasi dengan kami sekarang juga melalui kontak resmi Blueray Cargo. Selangkah menjadi importir sukses!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis