4 Negara Pengekspor Terbesar yang Harus Anda Tahu

4 Negara Pengekspor Terbesar yang Harus Anda Tahu

 Siapa negara pengekspor terbesar sampai sekarang? Sejauh ini China yang menempati posisi pertama sebagai yang paling banyak mengekspor berbagai barang. Setidaknya negara tersebut berhasil mengekspor barang dengan nilaiya yang sangat fantastis yaitu mencapai USD 1.990.000.000.000. 

Nilai tersebut terhitung pada tahun 2016 dan tentu berpotensi mengalami peningkatan. Tidak mengherankan ketika negara tersebut saat ini banyak disegani oleh negara-negara lain. Bahkan ada juga yang berusaha untuk mengalahkan China dengan melakukan berbagai cara.

Siapa Saja Negara Pengekspor Terbesar?

Sebenarnya masih ada beberapa negara lainnya yang juga merupakan pengekspor paling besar. Berikut ini kami akan memberikan penjelasannya khusus untuk Anda.

1. China

Sebelum membahas negara lain, Anda perlu lebih mengetahui mengapa China menempati posisi pertama. Ekspansi ekonomi dari China yang eksplosif sudah menjadi berita keuangan di berbagai berita selama beberapa tahun terakhir.

Akan tetapi, perekonomian yang besar terkadang bukan menjadi ukuran sebuah negara yang paling tumbuh serta berkembang dengan cepat. Hal ini karena adanya ketidaksetaraan terkait pendapatan. Kondisi ekonomi yang tidak stabil, korupsi, serta rendahnya pendapatan penduduk perkapita juga masih menjadi masalah.

Saat ini China sudah mulai bertransisi menuju ekonomi yang berbasis konsumsi. Sekarang pertumbuhan ekonominya juga semakin berada di arah yang positif. Akan tetapi, untuk pendapatan per kapita masih berada di bawah rata-rata. Hal ini karena faktor ketidaksetaraan kekayaan yang ada di negara tersebut.

Akan tetapi, ekonomi China juga masih memungkinkan untuk menuju ke arah yang lebih baik. Pemerintah China juga terus melakukan berbagai strategi untuk membuat masyarakat semakin makmur dalam segi ekonomi.

2. Amerika

Bukan rahasia lagi jika Amerika dna China menjadi dua negara yang saat ini sedang melakukan perang ekonomi. Amerika juga menjadi negara yang sangat penting dalam pasar ekonomi dunia. Adapun untuk ekspor terbesar dari negara Paman Sam tersebut yaitu minyak bumi, mobil, pesawat terbang, helikopter, obat-obatan, dan lain-lain.

Amerika juga mempunyai beberapa mitra dagang seperti Meksiko dan Kanada. Kesuksesan Amerika menjadi negara pengekspor terbesar yaitu karena mempunyai sumber daya alam serta infrastruktur yang bagus. Selain itu, tenaga kerja produktif juga menjadi faktor yang membuat negara ini terus mendulang kesuksesan di bidang ekonomi.

Bahkan Amerika juga menjadi negara terbesar di sektor industri. Akan tetapi, untuk biaya hidup di negara tersebut lebih tinggi dari China. Tidak sedikit barang yang tidak bisa diproduksi di AS dengan biaya yang sama ketika memproduksinya di China. Hal inilah yang menjadi faktor mengapa Amerika masih tertinggal dari China terkait volume ekspor.

Baca Juga : Produk Import yang Sering Masuk Negara Indonesia

3. Jerman

Negara ketiga sebagai pengekspor terbesar yaitu Jerman. Sama dengan Amerika, Jerman juga mempunyai infrastruktur yang sangat mendukung untuk kegiatan ekspor. Beberapa barang ekspor yang menjadi andalan dari negara tersebut yaitu bahan kimia, mobil, mesin, elektronik, obat-obatan, serta peralatan listrik.

Terdapat perusahaan Fortune Global 2000 yang berpusat di tanah air. Sementara untuk perusahaan yang paling terkenal yaitu BMW, Volkswagen, dan Bayern.

4. Jepang

Di posisi keempat ada Jepang dengan ekspor utama berupa suku cadang untuk kendaraan, mobil, printer industri, serta sirkuit terpadu. Negara ini juga termasuk produsen mobil yang paling besar dengan menempati posisi ketiga dunia.

Hampir sama dengan Jerman, ada beberapa perusahaan Fortune Global 500 yang berkantor di Jepang, Produsen yang paling besar yaitu Toyota.

Sudah Paham tentang Negara Pengekspor Terbesar?

Sekian pembahasan tentang negara mana saja yang merupakan pengekspor terbesar yang ada di dunia. Bagi Anda yang saat ini membutuhkan jasa importir barang China, kami merekomendasikan Blueraycargo.id. 

Sebuah jasa importir yang berpengalaman dan menawarkan proses pengiriman baik melalui udara maupun laut. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi kontak Blueray. Semoga bermanfaat!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis