.

Apa Itu Pengiriman Kargo? Ini Arti, Manfaat, dan Jenis-jenisnya!

Apa Itu Pengiriman Kargo Ini Arti, Manfaat, dan Jenis-jenisnya!

Dalam mendukung pendistribusian barang-barang perorangan maupun perusahaan, pengiriman kargo adalah salah satu layanan yang paling sering dibutuhkan. Apalagi jika kamu pebisnis online dengan kebutuhan pendistribusian barang yang tinggi, layanan ekspedisi ini bisa jadi solusi pengiriman skala besar, tapi hemat.

Sayangnya, tidak semua pebisnis online paham tentang layanan pengiriman ini. Masih banyak yang bingung tentang apa itu pengiriman kargo, jenis-jenisnya, atau apa saja barang yang bisa dikirim. Maka dari itu, artikel ini akan mengulas seputar layanan ini untuk kamu. 

KEY TAKEAWAYS

– Pengiriman kargo adalah layanan pengiriman barang dalam partai besar dengan lokasi tujuan yang relatif jauh.
– Supaya bisa menggunakan jasa ekspedisi ini, barang harus berbobot minimal 10 kg per paket.
– Pengirim bisa memilih menggunakan layanan kargo darat, laut, atau udara. Tergantung jenis barang dan jarak tempuh pengiriman.

Apa Itu Pengiriman Kargo?

Pengiriman kargo adalah jasa pengiriman barang berskala besar dan banyak dengan tujuan yang relatif jauh, seperti antarkota hingga antarnegara. Cocok buat kamu yang ingin melakukan pemesanan atau pengiriman barang dalam kuantitas besar.

Umumnya, ada berat minimum yang harus kamu penuhi supaya bisa menggunakan jasa ekspedisi ini, yakni 10 kilogram per paket. Bagi kamu yang tertarik memanfaatkan jasa ini, terdapat dua jenis layanan pengiriman kargo, di antaranya Full Than Truckload (FTL) dan Less Than Truckload (LTL).

ilustrasi full container load

FTL adalah jenis pengiriman dari satu perusahaan atau perorangan untuk mengisi penuh kapasitas truk, berupa barang-barang berukuran besar atau dalam jumlah banyak. Sedangkan LTL adalah terdiri dari lebih dari satu perusahaan atau perorangan yang bersama-sama mengumpulkan beberapa kiriman hingga kapasitas truk penuh.

Manfaat Menggunakan Layanan Pengiriman Kargo

Tak sedikit orang yang masih ragu menggunakan layanan kargo untuk mempercayakan soal pengiriman barang mereka. Nah, untuk lebih meyakinkan kamu, berikut ini 3 manfaat menggunakan layanan pengiriman kargo yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan:

1. Efisiensi

Biarpun skala kiriman kamu sangat besar, perusahaan penyedia layanan kargo biasanya dapat mengakomodasi kebutuhan kamu. Untuk pengiriman barang dalam skala yang lebih kecil, bisa menggunakan jenis layanan LTL.

Dengan begitu, perusahaan bisa mengelompokkannya bersama dengan kargo lain untuk memenuhi truk, sehingga memungkinkan pembagian biaya layanan transportasi. Sedangkan untuk pengiriman barang dalam skala yang lebih besar, kamu bisa memilih layanan FTL. 

Faktanya, kargo adalah cara ideal untuk mengirim barang dalam jumlah besar, karena transportasi yang digunakan memang dirancang untuk membawa barang dalam jumlah banyak. 

Misalnya, jika kamu memilih pengiriman jalur darat, maka perusahaan akan menyiapkan truk, jalur laut menggunakan kapal, dan jalur udara menggunakan pesawat.

2. Lebih Aman

Jika kamu memilih perusahaan penyedia layanan kargo yang berpengalaman dan memiliki peraturan yang jelas, maka keselamatan dan keamanan pengiriman barang kamu akan lebih terjamin. Perusahaan yang terpercaya akan senantiasa memastikan kontainer disegel dan dikunci selama pengiriman untuk keamanan ekstra.

3. Lebih Murah

Untuk pengiriman barang dengan total bobot lebih dari 10 kilogram, tarif kargo biasanya akan lebih terjangkau. Tarif ini dinilai lebih murah, dibanding dengan pengiriman regular yang biasanya dihitung berdasarkan berat 1 kilogram per paket. 

3 Jenis Armada Pengiriman Kargo

Berdasarkan armada pengirimannya, layanan jasa kargo terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:

1. Kargo Darat

Layanan melalui jalur darat adalah yang paling umum dari semua moda transportasi dalam layanan pengiriman ini. Untuk jalur tempuhnya pun relatif dekat, seperti antar kota atau antar pulau. Sedangkan untuk pilihan jenis transportasinya cukup beragam, mulai dari truk, mobil, atau kereta api logistik. 

Jalur darat merupakan pilihan pengiriman yang paling murah daripada melalui laut maupun udara. Selain itu, pilihan layanannya pun cenderung fleksibel. Jika kamu beruntung, kamu bisa memanfaatkan layanan door to door yang tersedia di perusahaan.

Namun, pengiriman melalui jalur darat sangat dipengaruhi oleh cuaca, kondisi jalan, dan lalu lintas. Sehingga, estimasi waktu pengiriman relatif lebih lama. Selain itu, kapasitas pengiriman juga terbatas, karena tergantung dari ukuran kendaraan.

2. Kargo Laut

Ilustrasi Muatan Kapal Kargo

Untuk pemilik bisnis internasional, pengiriman kargo melalui jalur laut bisa jadi solusi pendistribusian barang kamu. Karena moda transportasinya memang dirancang untuk membawa barang atau bahan mentah dalam kapasitas yang lebih besar. 

Sebagai salah satu jenis pengiriman barang yang paling hemat biaya, jalur ini banyak digunakan untuk mengangkut barang-barang berat dan bervolume tinggi. Termasuk komoditas curah, seperti biji-bijian, pakan ternak, pupuk, garam, kayu, serta peralatan dan produk di luar ukuran yang membutuhkan fasilitas khusus.

Kelebihan lain dari jenis layanan ini adalah lebih ramah lingkungan, karena angkutan laut lebih minim menghasilkan gas karbon daripada angkutan darat maupun udara. Selain itu, tingkat keamanan dan keselamatan pengiriman barang 99% lebih terjamin. 

3. Kargo Udara

Pengiriman kargo melalui udara menggunakan moda transportasi pesawat untuk mengangkut pengiriman dengan cepat ke seluruh dunia. Layanan ini sangat ideal buat kamu yang memiliki tenggat waktu yang ketat untuk pengiriman. 

Pasalnya, estimasi waktu pengiriman via angkutan udara lebih cepat daripada angkutan laut, yakni 2 sampai 3 hari saja. Maka dari itu, tak heran jika kargo udara memiliki tarif yang lebih mahal, karena kecepatan dan cakupan areanya lebih luas.

3 Jenis Pengiriman Kargo Berdasarkan Tipe Barang

Penting untuk mengetahui jenis kargo berdasarkan jenis barang, supaya pengiriman barang kamu bisa ditangani dengan tepat. Berdasarkan jenis barang, pengiriman kargo terbagi menjadi 3 tipe layanan, yakni:

1. General Cargo 

Ini adalah layanan yang kebanyakan orang awam kenal. Melalui layanan ini, barang disimpan dan diangkut dalam kontainer pengiriman dengan berbagai ukuran. Beberapa jenis barang yang termasuk kategori ini, di antaranya mainan, pakaian, peralatan rumah tangga, spare part kendaraan, dan sejenisnya.

2. Special Cargo

Barang yang dikirim menggunakan layanan ini biasanya memerlukan penanganan khusus. Beberapa barang yang termasuk kategori ini adalah kargo khusus untuk barang mudah rusak, barang berharga tinggi, hingga makhluk hidup.

3. Dangerous Cargo

Sesuai namanya, layanan ini diperuntukkan buat kamu yang mengirim kategori barang dengan tingkat risiko tinggi, Misalnya, gas cairan yang mudah terbakar, bahan radioaktif, bahan beracun, dan semacamnya.

Dapatkan Jasa Pengiriman Kargo yang Aman di Blueray Cargo!

Dari ulasan di atas, dapat kamu simpulkan bahwa kargo adalah solusi pengiriman barang yang sangat cocok untuk memesan atau mengirim barang-barang berbobot berat atau berjumlah besar. Namun, menemukan perusahaan kargo yang berpengalaman ternyata susah-susah gampang.

Untuk mengatasi kekhawatiran ini, kamu bisa memilih jasa pengiriman kargo dari Blueray Cargo yang sudah berkomitmen lebih dari 20 tahun mengurus pengiriman secara cepat dan aman sampai ke tangan customer. Armada pengirimannya pun lengkap, sehingga bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Dengan tim profesional dan solutif, pengiriman barang melalui jalur darat, laut, maupun udara pasti akan mendapatkan penanganan yang tepat. Jadi, kamu tak perlu khawatir soal kondisi barang selama pengiriman, karena Blueray Cargo juga berani menjamin keselamatan barang kamu dengan memberikan garansi.

Tertarik? Yuk, konsultasikan perihal kebutuhan pengiriman kamu dengan menghubungi kontak resmi Blueray Cargo.

Facebook
Twitter
LinkedIn