.

Jasa Impor Door To Door: Kelebihan dan Prosedur Pengirimannya

Jasa Impor Door To Door Kelebihan dan Prosedur Pengirimannya

Bisnis online menjadi salah satu ladang menjanjikan, karena dukungan teknologi dan kemudahan dalam melakukan perdagangan internasional. Kamu bisa mengimpor barang dari luar negeri dengan mudah melalui layanan impor door to door. Maksud dari layanan ini, yaitu mengirimkan barang dari luar negeri hingga ke tangan pengimpor.

Jasa kargo impor pada umumnya hanya mengirimkan barang dari negara luar masuk ke dalam negeri. Kamu sebagai pihak yang mengimpor barang harus mengambil sendiri ke gudang ekspedisi. Namun, berbeda jika kamu memilih jasa pintu ke pintu, karena setelah barang tiba di dalam negeri, kurir akan mengirimkan ke alamat tujuan.

KEY TAKEAWAYS

Door to door adalah jenis layanan kargo impor atau ekspor yang mengirimkan barang dari suatu negara ke negara tujuan hingga alamat tujuan.
– Pengusaha ekspor impor akan mendapatkan keuntungan dengan layanan pintu ke pintu pengiriman, karena hemat dan efisien.
– Pihak kargo mengirim barang sesuai dengan langkah-langkah prosedur, sehingga dapat mengirim barang dengan baik dan akurat.

4 Kelebihan Menggunakan Layanan Door to Door

Supaya kamu lebih tertarik untuk menggunakan layanan pengiriman barang impor dari pintu ke pintu, ada baiknya mengetahui 4 kelebihannya, berikut ini:

1. Dapat Menekan Biaya Pengeluaran

Ilustrasi Menekan Biaya

Pengusaha pemula yang masih belum memiliki modal besar, sangat cocok menggunakan layanan ini, karena dapat menekan biaya pengeluaran. Jadi, kamu hanya perlu membayar biaya pengiriman sesuai dengan volume barang tersebut. 

Selain itu, kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk mengambil barang dari gudang ekspedisi. Kondisi ini lantaran barang yang kamu impor akan langsung diteruskan ke alamat tujuan sesuai dengan yang kamu isikan pada form permintaan pengiriman barang.

2. Efisien

Kelebihan menggunakan layanan door to door berikutnya, yaitu memiliki cara kerja yang efisien. Sebab, kamu tidak perlu turun tangan sendiri untuk mengurus dokumen dan berbagai macam perizinan impor atau ekspor barang. Semua itu akan menjadi tanggung jawab penyedia jasa kargo impor. 

Ilustrasi sederhana menggunakan layanan pengiriman pintu ke pintu, yaitu kamu membeli barang dari China atau negara lain. 

Selanjutnya, kamu perlu menyelesaikan transaksi pembayaran dan barang tersebut akan dikirim ke gudang layanan kargo door to door yang terdapat di negara tersebut. Kamu pun hanya tinggal menunggu barang tiba di alamat kamu atau alamat konsumen.

3. Bisa Memilih Estimasi Pengiriman

Alasan mengapa layanan impor pintu ke pintu layak kamu andalkan untuk menjalankan bisnis adalah bisa memilih estimasi pengiriman paket. Kamu bisa memilih moda transportasi yang digunakan, seperti kapal atau pesawat.

Jika kamu ingin barang impor tersebut tiba lebih cepat karena ada hal yang mendesak, maka bisa memilih moda udara. Perbandingan kecepatan moda transportasi udara ini lima kali lebih cepat dari jalur lainnya. 

Mengingat moda transportasi udara menawarkan pengirim yang jauh lebih cepat, tentu biaya pengiriman jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan transportasi lainnya. Namun, jika kebutuhan barang tersebut tidak mendesak, kamu pun bisa memilih pengiriman menggunakan kapal.

4. Biaya Satu Paket

Jasa impor door to door juga menawarkan kelebihan membayar biaya pengiriman secara satu paket. Contoh biaya yang langsung kamu bayarkan saat menggunakan layanan kargo tersebut, antara lain warehousing, PPH, PPN, stuffing, export, trucking, asuransi, dan garansi.

Dengan kata lain, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya printilan lainnya. Jumlah tagihan yang kamu bayarkan akan sesuai dengan paket pengiriman barang tersebut. Dalam hal ini, pihak kargo yang akan menghitung semua rincian biaya jasa dan pengiriman.

Prosedur Pengiriman

Sebelum mengirimkan barang ke tangan konsumen, penyedia jasa layanan door to door akan melakukan beberapa prosedur. Silakan simak langkah-langkah prosedurnya sebagai berikut:

1. Memeriksa Informasi Barang

Pihak penyedia layanan jasa kargo pintu ke pintu akan melakukan pemeriksaan terhadap barang yang akan dikirim. Tujuan kegiatan ini untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai barang. Setelah pihak kargo berhasil mendapatkan informasi tersebut, maka kamu bisa segera berikan detail rincian barang tersebut.

Selanjutnya, pihak kargo akan melakukan inspeksi berdasarkan data yang kamu berikan hingga proses validasi. Informasi rincian barang ini sangat penting dalam membantu akurasi pengiriman barang hingga sampai ke alamat tujuan.

2. Pengelompokan Barang

Sebelum memberangkatkan barang impor ke negara tujuan, pihak layanan impor door to door akan melakukan pengelompokan terlebih dahulu. Proses mengelompokan barang ini meliputi alamat tujuan pengiriman serta moda transportasi yang digunakan.

Misalkan, kamu memilih moda pengiriman menggunakan kapal, maka pihak kargo akan mengelompokan barang tersebut untuk nantinya di pindahkan ke kapal. Sebelumnya, pihak kargo akan mengemasnya ke dalam container, supaya lebih aman dan rapi.

3. Mengangkut Barang

Kegiatan mengangkut barang ini cukup panjang, karena akan melibatkan beberapa jenis transportasi. Sebelum memindahkannya ke kontainer, pemindahan barang akan dilakukan menggunakan truk. 

Selanjutnya, pihak kargo door to door akan memindahkan barang di kontainer tersebut ke dalam kapal. Barang pun siap diberangkatkan menuju negara tujuan.

4. Bea Cukai

Setiap barang yang masuk atau keluar dari suatu negara, wajib untuk membayar pajak atau bea cukai. Supaya proses mengirim barang lancar, tentunya kewajiban membayar pajak ini harus dilakukan terlebih dahulu sebelum memberangkatkan barang. 

Jika kamu menggunakan jasa kargo pintu ke pintu, maka kamu tidak perlu mengurus pembayaran ini.

Pihak kargo yang akan mengurus semuanya, sehingga kamu hanya perlu melakukan sekali transaksi pembayaran saja. Umumnya, pihak kargo juga akan memberikan rincian pembayaran, sehingga kamu pun bisa memeriksa jenis pembayaran apa saja yang dimasukkan.

5. Mengantar Barang ke Konsumen

Ilustrasi Mengantar Barang ke Konsumen

Sesuai dengan namanya, door to door artinya mengirimkan barang dari proses impor hingga ke tangan konsumen langsung. Kamu yang menggunakan layanan kargo pintu ke pintu, bisa menunggu barang dengan santai di rumah. Karena, petugas akan mengirimkan semua barang pesanan ke alamat yang kamu cantumkan.

Butuh Jasa Impor Door to Door Berpengalaman?

Kamu yang masih baru terjun ke dalam dunia impor atau ekspor, mungkin masih bingung mencari jasa kargo yang kredibel dan profesional. Supaya bisnis barumu lancar, maka bisa menggandeng Blueray Cargo. Mengapa Blueray Cargo? Sebab, perusahaan ini sudah melayani jasa pengiriman selama kurang lebih 20 tahun. 

Sudah banyak pengusaha impor yang membuktikan kinerja jasa kargo ini dalam mengirim barang dari China atau negara asing lainnya masuk ke Indonesia. Sebagai perusahaan kargo profesional, Blueray Cargo selalu berusaha mengirimkan barang dengan cepat, sehingga tiba ke tangan konsumen sesuai dengan estimasi pengiriman.

Alasan lain mengapa jasa kargo ini banyak dipilih oleh para pengusaha, yaitu mematok tarif relatif lebih terjangkau serta memberikan garansi asuransi. Selain itu, jasa kargo ini dapat melayani impor dari Korea, Thailand, Singapura, Taiwan, dan Hongkong.

Untuk menggunakan layanan ini, kamu bisa menghubungi melalui saluran WhatsApp. Menariknya lagi, kamu bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum memutuskan memilih paket layanan.

Sudah Paham dengan Door to Door?

Jadi, door to door artinya layanan pengiriman barang yang akan mengambil barang dari lokasi kamu, kemudian mengantarkannya ke alamat konsumen bisnis mu. Layanan ini menawarkan keunggulan seperti meminimalisir biaya pengeluaran, lebih efisien, menawarkan estimasi waktu pengiriman, serta menyediakan biaya satu paket.

Facebook
Twitter
LinkedIn