.

10 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga, Minim Modal!

10 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga, Minim Modal!

Apakah kamu seorang ibu rumah tangga dan sedang mencari ide untuk buka usaha sampingan? Jika iya, maka artikel ini nggak boleh kamu lewatkan. Temukan daftar ide bisnis yang paling cocok untuk ibu rumah tangga, istri, atau wanita yang ingin mendapatkan pemasukan tambahan dari rumah.

KEY TAKEAWAYS

– Ada banyak pilihan usaha sampingan untuk ibu rumah tangga yang bisa dijalankan, namun untuk bisa sukses butuh keterampilan, wawasan, dan konsistensi di bidang yang ditekuni.
– Usaha sampingan ibu rumah tangga bisa dimulai secara online atau offline, minim modal, bahkan tanpa modal sekalipun.
– Dalam bisnis apapun, pasti selalu ada persaingan. Yang membedakan satu dengan lainnya adalah kualitas layanan dan hasil yang ditawarkan.

10 Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Berdasarkan keahlian, banyak ibu rumah tangga yang sukses menjalankan usaha sampingan, meskipun dari rumah dan modal yang minim. Asalkan memiliki manajemen sikap, waktu, dan kesiapan untuk bekerja keras. Berikut ini 10 ide bisnis bisnis sampingan untuk ibu rumah tangga dengan modal minim, bahkan hampir tanpa modal:

1. Membuka Jasa Catering

Ilustrasi Jasa Catering

Layanan katering adalah alternatif yang fleksibel, tanpa harus menetapkan jam standar. Terutama jika kamu punya hobi memasak. Kamu bisa mulai usaha sampingan ini dari skala kecil dengan menerima pesanan lokal. Misalnya dari teman, tetangga, atau kerabat. 

Kemudian, perlahan-lahan, jika jasa catering kamu sudah mulai dikenal, kamu bisa beralih ke penyediaan layanan untuk acara-acara di perusahaan, sekolah, arisan, atau pesta pribadi. Pikirkan tentang strategi untuk menciptakan menu yang menarik serta menyediakan pilihan masakan yang bervariasi, supaya pelanggan tidak bosan.

2. Membuat dan Menjual Kerajinan Tangan

Buat kamu yang hobi atau berbakat membuat kerajinan tangan, jangan disia-siakan! Sebab, kamu bisa mengubahnya menjadi usaha sampingan yang menguntungkan. Keterampilan seperti melukis, merajut, menyulam, membuat makrame, memahat, dan lain-lain bisa kamu promosikan untuk membuka usaha yang menguntungkan.

3. Membuka Layanan Bimbingan Belajar

Bisnis sampingan ini cocok buat kamu yang punya passion mengajar untuk mendapatkan tambahan cuan dari rumah. Terlebih lagi, sekarang ini layanan bimbingan belajar semakin dibutuhkan di semua tahap pendidikan dan untuk mata pelajaran yang berbeda. 

Sebagai seorang ibu rumah tangga yang punya basic mengajar, kamu bisa membuka jasa bimbel ini, baik secara online maupun offline. Usaha sampingan ini terbilang memiliki keuntungan yang menjanjikan, lantaran semakin banyak orang tua yang membutuhkan layanan ini sebagai pendukung belajar anaknya.

4. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah metode menghasilkan uang dengan mempromosikan produk orang lain kepada orang-orang yang terhubung dengan kamu. Jika berminat, kamu perlu mendaftar sebagai affiliator sebuah brand atau perusahaan yang mencari mitra afiliasi. 

Nantinya, mereka akan memberi kamu tautan afiliasi, jika kamu diizinkan untuk mempromosikan produk mereka. Dari setiap produk yang berhasil terjual, kamu bisa mendapatkan komisi. 

Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan modal untuk stok barang dan tidak harus punya banyak followers untuk menjadi affiliator. Sangat cocok untuk ibu rumah tangga, bukan?

5. Membuka Usaha Laundry Kiloan

Bisnis laundry kiloan bisa jadi pilihan usaha sampingan yang tepat untuk ibu rumah tangga, jika modal yang kamu punya minim. Kamu cukup memanfaatkan mesin cuci dan peralatan menyetrika yang kamu punya di rumah untuk bisa membuka usaha ini. 

Bisnis ini bisa kamu mulai dengan berbagai cara. Kamu bisa membuka grand store atau bisa mulai dari rumah. Jika kamu memiliki budget lebih, kamu bisa mulai dengan menjalankan franchisee dari brand usaha laundry yang sudah terkenal. 

6. Membuat dan Membangun Channel YouTube

Program partner YouTube adalah peluang bisnis sampingan lainnya yang bisa dikerjakan oleh ibu rumah tangga secara online di rumah. Kamu bisa mulai membuat channel YouTube berdasarkan niche yang kamu sukai dan kuasai.

Kemudian, manfaatkan program ini untuk mendapatkan akses yang lebih luas ke referensi dan fitur monetisasi YouTube. Kamu juga dapat menghasilkan uang dari cara ini dengan bergabung di program iklan Google Adsense.

7. Menjadi Web Designer 

Jika kamu seorang istri atau ibu rumah tangga yang piawai menggunakan gadget dan software desain, kamu bisa memulai usaha sampingan dengan menawarkan jasa mendesain halaman web. 

Buat kamu yang punya waktu luang sekitar 4–5 jam per hari, gunakan waktu tersebut jadi lebih produktif dengan bekerja freelance sebagai web designer.

Terlebih lagi, sekarang ini ada banyak perusahaan startup, agensi, atau bisnis UMKM yang membutuhkan jasa web design. Jadi, gunakan skill ini untuk mendapatkan cuan tambahan dari rumah.

8. Blogging

Ilustrasi Blogging

Blogging adalah salah satu ide bisnis terbaik untuk ibu rumah tangga atau wanita manapun yang ingin menghasilkan uang secara online. Untuk memulai blog sendiri pun terbilang sangat mudah. Cukup bermodalkan laptop atau smartphone, kuota internet, dan waktu luang untuk menulis konten.

Selain itu, ada banyak pilihan topik yang bisa kamu pilih sesuai dengan niche populer yang kamu sukai dan kuasai. Misalnya, niche bisnis, fashion, kesehatan dan kebugaran, game, digital marketing, travel, dan masih banyak lagi. 

Kunci suksesnya adalah konsistensi serta punya jadwal dan target dalam menghasilkan konten yang berkualitas. Blogging memang solusi cepat kaya, tetapi jika kamu meluangkan waktu dan mencurahkan usaha, kemungkinan penghasilan yang kamu dapatkan bisa limitless.

9. Menjadi Wholesaler

Banyak bisnis berpusat pada konsep sederhana, membeli atau mengimpor produk dalam jumlah besar dan menjualnya secara individual untuk mendapatkan keuntungan dari selisih harga beli dan harga jual. Strategi bisnis ini disebut wholesale atau grosir. Ini juga bisa jadi ide usaha sampingan yang menjanjikan untuk ibu rumah tangga.

Barangkali kamu baru-baru ini bepergian ke luar negeri dan menemukan produk-produk unik yang tidak tersedia di pasar dalam negeri, tetapi kamu tertarik. Atau mungkin kamu pandai dalam menganalisis kebutuhan pasar akan produk tertentu dan tahu cara memperdagangkannya.

Jika memang produk tersebut relatif mudah disimpan dan dikirim, kamu bisa banget menyetoknya dalam jumlah besar dan menjualnya kembali secara online untuk mendapatkan keuntungan. Untuk awalnya, kamu bisa berjualan dari rumah dengan membuka lapak online di marketplace. 

10. Dropshipping

Dropshipping adalah metode berjualan produk, di mana kamu menjual produk orang lain tanpa harus pusing melakukan penyetokan barang sendiri. Kamu cukup mengumpulkan pesanan secara online dan meneruskannya ke supplier yang akan mengirimkan barang langsung ke pelanggan.

Tertarik dengan Usaha Sampingan Wholesaler atau Dropshipper?

Itulah 10 usaha sampingan yang menguntungkan untuk ibu rumah tangga. Dari daftar di atas, menjadi wholesaler atau dropshipper termasuk bisnis yang paling cepat memberikan keuntungan. Jika kamu tertarik memulai bisnis wholesale atau dropship, maka produk yang kamu pilih tentu harus yang unik, namun harganya lebih murah.

Kabar baiknya, ada berbagai pilihan produk luar negeri yang masih jarang terjual di Indonesia dengan harga murah, terutama dari China. Nah, untuk mendapatkan barang dari luar negeri yang berkualitas, kamu bisa gunakan jasa pengiriman barang dari Blueray Cargo dengan menghubungi kontak resmi perusahaan.

Blueray Cargo merupakan jasa importir barang luar negeri yang profesional, terpercaya, dan sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun. Sebagai jasa importir yang berpengalaman, Blueray Cargo berani memberikan jaminan garansi. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir tentang keamanan dan keselamatan produk selama pengiriman.

Facebook
Twitter
LinkedIn