.

Waspada! Inilah Beragam Ciri-ciri Penipuan Paket Luar Negeri

Setiap jasa pengiriman barang pasti akan berusaha untuk memberi pelayanan yang memuaskan bagi konsumennya. Meskipun begitu, ada penjahat yang berani mencatut nama jasa pengiriman barang untuk menipu korbannya. Mau tahu apa saja ciri-ciri penipuan paket luar negeri? Bacalah artikel berikut ini!

KEY TAKEAWAYS

– Penipuan kiriman barang dari luar negeri merupakan suatu tindak kriminal yang mengatasnamakan jasa importir untuk mengirimkan paket fiktif kepada korban.
– Ada kurang lebih 6 ciri-ciri penipuan paket luar negeri yang wajib korban ketahui, agar tidak termakan bujuk rayu pelaku.
– Aksi penipuan bermula dari pelaku yang berkenalan dengan targetnya via media sosial, sebelum kemudian menyatakan bahwa dia hendak mengirim barang pada korban.
– Pelaku akan menggunakan layanan pengiriman barang serta kantor resi paket yang bersifat fiktif, lalu meminta uang kepada korban untuk melancarkan pengiriman.
– Pelaku kemudian menonaktifkan nomornya, lalu menghilang sambil membawa lari uang korban.

6 Ciri-ciri Penipuan Paket Luar Negeri Paling Utama

Setiap tindak pidana penipuan pasti memiliki tanda tertentu yang dapat kamu kenali. Begitu pula dengan modus kiriman barang dari luar negeri; ada sejumlah ciri khusus yang patut kamu waspadai, seperti berikut ini:

1. Mengklaim Punya Perusahaan Importir Pribadi

Sebelum masyarakat sudah menjadi melek internet, para pelaku tindak penipuan ini bisa saja mencatut nama perusahaan importir yang sudah ada. Pada masa kini, pelaku-pelaku tersebut tidak lagi mencatut nama, melainkan mengklaim bahwa mereka punya jasa pengirim paket pribadi.

Hal ini bertujuan mengelabui target, terutama mereka yang kurang pandai mencari informasi, sehingga mudah penjahat rayu. Mengapa? Sebab, perusahaan asli yang namanya dicatut penipu akan melapor kepada polisi. Si penipu pun akhirnya lebih cepat tertangkap dan kejahatannya terbongkar.

Maka dari itu, carilah informasi mengenai jasa pengirim paket, supaya kamu tahu mana perusahaan yang aktivitasnya legal dan aman. Baik itu melalui internet atau media massa, jangan sampai kamu langsung percaya dengan klaim yang tidak benar.

2. Pelaku Berkenalan Lewat Media Sosial

Berkenalan Lewat Media Sosial

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri kedua adalah upaya pelaku untuk mendekati korban dengan berinteraksi via media sosial. Dalam hal ini, pelaku akan berpura-pura sebagai rekan bisnis yang tertarik untuk bekerja sama dengan korban, baik itu sebagai individu maupun organisasi.

Biasanya, si pelaku sudah mengantongi identitas korbannya terlebih dulu sebelum mencoba menghubungi target sasaran mereka. Bentuk identitas tersebut di antaranya, yaitu nama lengkap target, alamat e-mail atau media sosial, nomor telepon, serta alamat tempat usahanya.

Supaya hal ini bisa dihindari, kamu jangan membagikan informasi pribadi maupun nomor kontakmu ke ranah publik secara cuma-cuma. Siapa tahu ada orang tak bertanggung jawab yang berniat menggunakannya untuk tindak pidana kejahatan.

3. Dilakukan oleh Dua Orang Pelaku

Adapun ciri-ciri penipuan paket luar negeri selanjutnya, yaitu pelaku yang jumlahnya dua orang. Satu pelaku bertugas mengumpulkan informasi tentang korban sebelum mengkontaknya. Dialah yang akan mencoba merayu korban dengan iming-iming berupa barang berkualitas tinggi.

Sementara itu, pelaku kedua berpura-pura sebagai pemilik jasa kurir pribadi yang akan mengirimkan paket. Dia bertugas membuat sebuah situs perusahaan importir yang tampak bagus, namun sebetulnya tak punya legalitas. Setelah aksi penipuan terlaksana, situs palsu itu pun akan mendadak lenyap.

Oleh sebab itu, kamu harus tahu siapa yang bertanggung jawab atas aktivitas pengiriman barang, kalau ada yang mengklaim akan memberimu sebuah paket. Salah satu tanda waspada yang wajib kamu perhatikan adalah penjelasan yang yang tidak lengkap serta bertele-tele.

4. Menggunakan Jasa Kurir dan Resi Fiktif

Dalam tahap ini, pelaku akan mengklaim bahwa mereka sudah mengirimkan paket pesanan target dengan layanan jasa kurir pribadi milik mereka. Untuk mengelabui korbannya lebih jauh, si penipu akan memberikan surat keterangan resi paket kepada target, supaya dia percaya.

Namun, apabila ditelusuri secara mendetail, jasa kurir pribadi yang pelaku gunakan ternyata fiktif, alias tidak ada sama sekali. Dokumen keterangan resi paket yang mereka kirimkan pada korban pun sebetulnya sama-sama palsu. Sebab, pelaku memang tidak mengirimkan barang apa-apa.

Maka dari itu, pastikan jika kamu selalu mengecek apakah jasa pengirim barang yang kamu gunakan benar-benar sah dan punya kantor pusat. Kantor resi paket juga wajib memiliki alamat tempat usaha yang benar serta nomor kontak yang dapat kamu hubungi.

5. Meminta Banyak Ongkos Tambahan 

Ilustrasi Kenaikan Biaya

Datanglah kita kepada ciri-ciri penipuan paket luar negeri kelima, yaitu adanya biaya-biaya tambahan yang katanya memperlambat penerimaan paket. Idenya adalah barang yang seharusnya korban terima, malah mendadak terhambat oleh bea cukai dan pajak impor yang belum terbayar.

Supaya urusan menjadi lancar, pelaku akan meminta uang kepada targetnya untuk melunasi bea cukai tersebut. Apabila tak segera korban bayarkan, maka paket itu akan kembali ke negara asalnya. Pelaku pun akan memberikan nomor rekening tersembunyi sebagai tujuan transfer uang pelicin itu.

Oleh karena itu, selalu cek kebenaran kabar tersebut jika kamu mendapati adanya jasa importir yang meminta ongkos ekstra atau imbalan pengiriman. Selain itu, hati-hati pula dengan permintaan transfer uang dari orang yang tidak kamu kenal, apalagi jika sifatnya sebagai pelicin.

6. Nomor Pelaku Mendadak Nonaktif

Ilustrasi Seorang Pria Menelepon

Inilah ciri-ciri penipuan paket luar negeri terakhir dalam tindak kejahatan ini. Setelah korban mengirimkan sejumlah uang sesuai permintaan pelaku, maka nomor telepon dan media sosial mereka menjadi tidak aktif lagi. Korban pun tidak bisa menghubungi para pelaku untuk mendapat kejelasan.

Karena memang tidak ada barang yang terkirim, korban pun akan kesulitan untuk melakukan verifikasi transaksi. Belum lagi proses verifikasi itu memakan waktu lama, karena transaksinya terjadi antara dua bank dari negara yang berbeda. Pada saat itu, uang sudah keburu dibawa lari oleh si penipu.

Ada dua langkah yang dapat kamu ambil dalam situasi ini. Pertama, membatalkan transaksi dengan pelaku. Langkah kedua, menghubungi call-center bank kamu dan pihak berwenang untuk melaporkan penipuan yang kamu alami.

Yuk, Pilih Jasa Pengiriman Terpercaya, Blueray Cargo!

Aksi penipuan berkedok kiriman barang dari luar negeri memang sangat mengkhawatirkan. Oleh sebab itu, tentunya kamu membutuhkan jasa importir barang yang tepat waktu dan aman dari penipuan. Maka, jasa Blueray Cargo adalah solusi terbaik untuk semua kebutuhanmu.

Sebagai catatan tambahan, perusahaan pengirim barang ini berdiri di negara Cina pada tahun 2001 dan berkembang cukup pesat. Sekarang, kantor cabang perusahaan ini sudah tersebar di negara-negara tetangganya, seperti Malaysia, Singapura, dan Filipina. 

Di negeri kita, perusahaan Blueray Cargo sudah menjalin kerja sama dengan toko online Shopee dan Tokopedia. Hal ini memudahkan pegiat bisnis jual-beli daring untuk menjual barang-barang bermutu tinggi kepada para pembelinya.

Tidak cuma aman dari tindak penipuan, perusahaan ini juga mengutamakan ketepatan waktu dan menggratiskan biaya kirim paket. Jika kamu juga ingin menggunakan layanan mereka, nomor WhatsApp resmi perusahaan ini selalu siap sedia untuk kamu hubungi.

Sudah Tahu Ciri-ciri Penipuan Paket Luar Negeri?

Jadi, ciri-ciri penipuan paket luar negeri yang perlu kamu waspadai, yaitu bila pelaku mengklaim mempunyai perusahaan importir pribadi, menghubungi melalui media sosial, dan pelaku berjumlah 2 orang. Selain itu, pelaku memakai jasa kurir dan resi pengiriman fiktif, meminta ongkir tambahan, serta nomor yang tidak dapat dihubungi.

Facebook
Twitter
LinkedIn