.

Pengertian, Keunggulan, dan Cara Lengkap Belanja di Taobao

Di zaman yang semakin canggih ini, kebanyakan aktivitas sudah dilakukan secara online, salah satunya adalah proses jual beli. Di China sendiri, contoh marketplace yang sering dipakai adalah Taobao. 

Taobao adalah salah satu anak perusahaan dari Alibaba Group yang diluncurkan tahun 2002. Nah, apa saja pengertian lengkap dari marketplace ini? Yuk simak penjelasannya berikut.

KEY TAKEAWAYS
– Taobao adalah marketplace berbahasa mandarin yang didirikan oleh Alibaba Group pada Mei 2003 yang saat ini sudah mencapai total 800 juta pengguna.
– Keunggulan penggunaan aplikasi Taobao bagi penjual adalah dapat mengunggah barang jualan baik dalam keadaan baru atau bekas dengan sistem harga tetap maupun lelang.
– Keuntungan penggunaan aplikasi Taobao bagi pembeli adalah dapat mengakses latar belakang penjual supaya tahu kualitas penjual atau produk yang dijualnya.
– Produk yang ada di Taobao cukup bervariasi dari mulai menjual keperluan sehari-hari, perlengkapan kantor, pembelian makanan sampai tiket pesawat terbang.
– Taobao pernah mengungguli eBay dan Amazon berdasarkan perhitungan volume penjualan kotor per harinya di Tahun 2015.
– Cara pembayaran di Taobao bisa melalui virtual bank (Alipay), China Bank, atau kartu debit dan kredit dengan logo Union Play.

Pengertian Taobao

Logo Taobao.com

Taobao adalah platform marketplace yang cukup popular di kalangan generasi muda di China. Pengguna terbanyak aplikasi ini tercatat memiliki rentang usia sekitar 25 sampai 20 tahun. 

Kalangan tersebut menggunakan aplikasi ini untuk menonton live streaming dan mencari penjelasan tentang produk tertentu dari mulai spesifikasi hingga ulasan pembeli serta membeli kebutuhan sehari-hari.

Selanjutnya, salah satu keunggulan dari aplikasi Taobao adalah penggunaan Artificial Intelligence (AI) untuk memberikan rekomendasi produk sesuai dengan kriteria konsumen tertentu. Sistem AI ini bekerja dengan mencatat riwayat pencarian dan riwayat barang kesukaan yang mungkin sesuai untuk setiap penggunanya.

Penggunaan AI ini membuat pengguna betah dalam mengeksplor setiap produk yang ada pada aplikasi Taobao. Selain itu, sistem AI ini juga mempermudah pengguna dalam menyeleksi konten-konten yang mungkin tidak mereka sukai.

Di Taobao Ada Apa Saja?

Selain menjadi aplikasi jual-beli, Taobao Indonesia sendiri memiliki beberapa hal spesial lainnya seperti:

  • Menyediakan fitur live streaming untuk para penjual.
  • Konten berkualitas yang telah lolos kurasi.
  • Konten dagangan dengan banyak asuransi seperti asuransi barang hilang atau asuransi penipuan.
  • Menjual tiket pesawat.

Tidak hanya mempermudah pembeli, sistem artificial intelligence dari aplikasi ini juga sangat membantu penjual dalam mengidentifikasi target penjualan akun mereka. 

Khususnya bagi UMKM Internasional (Ekspor-Impor), para penjual menilai aplikasi ini dapat menarik pengunjung dalam cakupan yang lebih luas sehingga penjualan dapat meningkat lebih drastis.

Tercatat, efektivitas dalam penjualan dan pembelian dari aplikasi Taobao memiliki pageviews atau pengunjung tahunan mencapai 30% lebih tinggi dari platform lain. 

Bahkan, sebuah acara yang bernama Qi-FY21 (Quality Improvement Funds FY21) juga memprediksi aplikasi Taobao dapat mempermudah pembelian kebutuhan yang ada di China.

Keunggulan Aplikasi Taobao

Setelah mengetahui dan membaca penjelasan tentang aplikasi Taobao Indonesia, sekarang kamu dapat mengetahui apa saja keunggulan aplikasi yang Jack Ma bangun ini. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

1.  Variasi yang Luas

Dibanding dengan platform marketplace asal China yang lain, Taobao memiliki variasi barang yang luas. Hal ini karena aplikasi tersebut sudah sangat besar dan populer di China sehingga memiliki banyak penjual yang menawarkan berbagai macam barang dagangannya.

Tentunya banyaknya variasi produk ini sangat tidak terbatas. Ada lebih dari 760 miliar produk yang tersedia di aplikasi ini. Setiap penjual dapat menjual barang dagangannya jika mereka memenuhi syarat yaitu tidak menjual barang ilegal dan dilarang diperdagangkan.

Adapun contoh variasi jenis barang dagangan yang banyak tersedia di Taobao antara lain:

  • pakaian,
  • barang elektronik,
  • barang olahraga,
  • perlengkapan rumah tangga seperti perlengkapan kebersihan, perlengkapan memasak, dan lain-lain.

2. Pembayaran Antar Negara Lebih Mudah

Jika kamu pernah berkeinginan melakukan transaksi dengan penjual luar negeri, tentunya banyak syarat yang perlu kamu ikuti. Nah, di Taobao sendiri, sistem jual beli antar negara memiliki sistem pembayaran yang lebih mudah.

Kamu dapat mengisi Alipay, sejenis dompet virtual yang dapat kamu top-up dari rekening atau aplikasi virtual pay lainnya. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan kartu kredit dan debit khusus yang memiliki logo Union Play.

3. Sistem Pembelian yang Cukup Mudah

Sebagai pembeli, tentu kamu berharap sistem pembelian yang gampang dan cepat. Taobao adalah aplikasi yang dapat kamu percayakan untuk melakukannya. Alasan mengapa aplikasi ini memiliki sistem yang terbilang mudah digunakan adalah karena hal-hal berikut ini:

  • Pendaftaran gratis dan tidak ada biaya member apapun.
  • Tidak memerlukan minimum order.
  • Komunikasi dengan seller terpantau oleh sistem sehingga meminimalisir penipuan.

Cara Berbelanja di Taobao

Setelah mengetahui keunggulan aplikasinya, kamu pasti penasaran bagaimana cara berbelanja yang aman di platform marketplace ini, bukan? Berikut ini penjelasan lengkap cara berbelanja di Taobao Indonesia yang wajib kamu lakukan:

1. Ubah Bahasa Aplikasi Terlebih Dahuu

Karena Taobao adalah aplikasi dari China, maka default bahasa yang terpakai untuk aplikasi ini adalah bahasa Mandarin atau bahasa China. Nah, untuk kamu yang kurang mengerti bahasa Mandarin, silakan mengubah bahasa aplikasi terlebih dahulu.

Pertama, masuk ke website Google Translate Web dan masukkan link Taobao. Fitur ini akan membuka website luar negeri manapun dan akan mentranslate secara otomatis ke bahasa yang kamu inginkan.

Untuk menilai keakuratan, sebaiknya jangan menggunakan bahasa Indonesia, melainkan ubahlah ke bahasa Inggris.

2. Daftarkan Akun

Buat Akun User

Aplikasi Taobao adalah aplikasi yang memfokuskan penggunanya untuk mendaftarkan diri ke sistem sebelum membeli. Jadi buatlah terlebih dahulu akun dengan langkah berikut:

  • Pertaman, klik “Daftar Gratis”.
  • Kemudian, registrasi nomor HP.
  • Lalu, isi biodata diri serta password.

3. Cari Barang dan Belanja

Ilustrasi Belanja Online

Selanjutnya, silakan cari barang yang kamu inginkan, masukkan ke dalam keranjang, lalu masuk ke menu checkout.

4. Lakukan Pembayaran Lewat Agen

Selanjutnya bayar menggunakan metode pembayaran yang sudah tersedia. Jika kamu belum dapat menggunakan metode pembayaran tersebut, silakan menghubungi jasa agen Taobao yang terpercaya.

5. Kirim Barang Lewat Jasa Cargo

Perlu kamu tahu aplikasi tersebut dapat mengirimkan barang ke luar negeri namun tidak menyediakan jasa pengiriman otomatis. Untuk itu, kamu harus mencari agen kargo yang bersedia melakukan jasa pengiriman barang dari China ke Indonesia sehingga dapat sampai ke alamat rumahmu.

Belanja di Taobao Harus Memilih Jasa Cargo Terpercaya!

Itulah penjelasan tentang Taobao yang dapat kamu ketahui dan lakukan. Tentunya, agar membeli barang yang berkualitas, kamu harus bisa memilih seller dan jasa lain yang terpercaya baik itu jasa pembayaran dan pengiriman barang.

Salah satu agen jasa pengiriman terpercaya yang sudah mengirimkan banyak barang dari China ke Indonesia adalah Blueray Cargo. Jasa Cargo ini sudah teruji selama 20 tahun menjadi partner pengiriman barang yang aman.

Tentunya, Blueray Cargo juga satu-satunya jasa yang mampu memberikan garansi barang tanpa harus ikut seminar ataupun tergabung dalam membership. Sudah lebih dari 2.800.000 barang yang sampai dengan selamat ke tangan pembeli melalui transportasi laut dan transportasi udara.

Nah, untuk mengetahui prosesnya lebih lanjut, silakan menghubungi kontak Blueray Cargo atau langsung mengunjungi website Blueray Cargo untuk melihat daftar harga yang tersedia.

Facebook
Twitter
LinkedIn