.

Certificate of Origin: Definisi, Manfaat, Jenis, dan Komponennya

Certificate of Origin Definisi, Manfaat, Jenis, dan Komponennya

Certificate of Origin (COO) atau Surat Keterangan Asal (SKA) adalah surat keterangan yang menyatakan bahwa komoditas atau barang yang diekspor benar-benar berasal dari negara pengekspor.

Dengan adanya dokumen ini, maka bisa menjadi bukti penguat tentang asal barang ekspor. Sehingga, bagi kamu pelaku bisnis perdagangan internasional, tentu harus mengerti serta memahami apa itu Certificate of Origin.

KEY TAKEAWAYS

Certificate of Origin merupakan dokumen yang menyertai barang pada saat diekspor ke negara tertentu.
– Negara penerima sudah melakukan kesepakatan atau perjanjian baik secara bilateral, regional, maupun multilateral dengan negara pengekspor.
– Berdasarkan fungsinya, di Indonesia Certificate of Origin (COO) atau Surat Keterangan Asal (SKA) ada dua jenis, yaitu  SKA Preferensi dan SKA Non Preferensi.
– SKA merupakan dokumen penting, karena bisa menjadi bukti penjamin keaslian barang.

Pengertian Certificate of Origin

Secara garis besar, Certificate of Origin adalah sertifikat yang menyatakan asal barang. Disamping itu, kehadiran COO juga sebagai bukti bahwa barang ekspor sudah memenuhi ketentuan negara asal tersebut.

Ilustrasi Pengurusan Dokumen

Dengan demikian, COO atau SKA ini merupakan dokumen yang terbentuk sudah melalui perjanjian serta kesepakatan antara negara penerima dan pengekspor.  Sehingga, bisa memberikan kemudahan bagi barang ekspor untuk masuk ke negara yang bersangkutan. 

Ada yang menganggap bahwa keberadaan dokumen SKA ini bersifat opsional. Meski demikian, dalam kondisi tertentu, sangat wajib keberadaannya. Bahkan, sangat wajib untuk dilampirkan.

Misalnya, barang ekspor termasuk dalam komoditi yang memperoleh pembebasan bea masuk. Berkaitan dengan kondisi tersebut, itulah mengapa COO atau SKA terbagi menjadi dua jenis, yaitu SKA Preferensi dan SKA Non Preferensi.

Manfaat Certificate of Origin

Berikut ini 5 manfaat COO atau SKA yang bisa kamu rasakan ketika memilikinya, antara lain:

1. Memberikan Keringanan

Seperti penjelasan sebelumnya, COO merupakan dokumen yang bisa memberikan keringanan. Namun, bentuk keringanan ini biasanya tergantung pada negara yang bersangkutan.

Misalnya, berupa kemudahan dalam mengurus kebutuhan dan keperluan ekspor impor. Selain itu, ada pula keringanan bea masuk preferensi seperti pembebasan seluruh atau sebagian bea masuk impor sesuai ketentuan negara tertentu.

Sehingga, dokumen ini termasuk penting, terutama dalam perdagangan internasional. Oleh karena itu, kamu perlu memahami hal-hal lain tentang COO atau SKA. 

2. Bukti Keaslian Barang

Manfaat Certificate of Origin yang selanjutnya adalah sebagai bukti tertulis keaslian barang. Sebab, dalam COO berisi informasi bahwa barang impor memang diproses dan dibuat di negara yang tercantum pada surat keterangan tersebut.

Jika kamu merupakan pelaku bisnis impor, tentu kondisi ini akan menguntungkan. Pasalnya, apabila kamu menjual barang palsu, pasti pelanggan marah, kecewa, kabur, dan tidak akan membeli lagi. 

3. Tiket Masuk Komoditi

COO berguna sebagai tiket masuk komoditi. Terutama bagi barang ekspor Indonesia yang akan masuk ke negara tujuan. Mengingat hal tersebut, sudah semestinya keberadaan dokumen menjadi perlu dan penting.

4. Pelacakan Tuduhan Dumping

Dumping adalah politik perdagangan yang menerapkan harga jual di luar negeri lebih murah daripada harga normal. 

Cara ini biasanya dilakukan untuk mengurangi stok di gudang serta menguasai pasar internasional. Dengan adanya SKA/COO, bermanfaat sebagai dokumen untuk melacak adanya tuduhan dumping.

5. Pencairan Letter of Credit

Ilustrasi Metode Pembayaran Letter of Credit

Manfaat Surat Keterangan Asal (SKA)/COO yang berikutnya, yaitu sebagai salah satu syarat untuk mencairkan Letter of Credit. Sehingga, jika kamu tidak memiliki SKA ini, artinya biaya ekspor yang memakai Letter of Credit tidak bisa dicairkan. 

2 Jenis Surat Keterangan Asal (SKA)/(COO)

Berikut ini penjelasan mengenai 2 jenis Surat Keterangan Asal (SKA) atau COO, yaitu:

1. SKA Preferensi

Preferential Certificate of Origin atau SKA Preferensi merupakan dokumen yang menjadi syarat untuk mendapatkan preferensi yang disertakan pada komoditi ekspor tertentu. Sehingga, akan memperoleh fasilitas seperti pembebasan sebagian atau seluruh bea masuk sesuai ketetapan negara tujuan.

2. SKA Non Preferensi

Sementara itu, Non Preferential Certificate of Origin merupakan dokumen yang memiliki fungsi sebagai dokumen penyerta atau sebagai pengawasan saja. Sehingga, barang ekspor bisa memasuki negara tujuan.

Komponen Surat Keterangan Asal (SKA)/(COO)

Sebagai pebisnis barang impor, kamu wajib mengetahui komponen apa saja yang ada pada COO atau SKA. Sehingga, akan memudahkan kamu dalam melakukan pengecekan barang impor. Berikut ini daftar komponen yang ada pada Certificate of Origin adalah: 

  • Goods Consigned from: Informasi yang memuat nama perusahaan, lokasi atau alamat, dan negara pengekspor. 
  • Goods Consigned to: Informasi tentang penerima, alamat, dan negara tujuan.
  • Departure Date: Memuat informasi tentang tanggal keberangkatan. 
  • Vessel Name/Aircraft: Berisi keterangan alat transportasi yang digunakan. 
  • Port of Discharge: Memaparkan bandara atau pelabuhan keberangkatan.
  • Reference No: Memuat informasi nomor dokumen. 
  • Form D: Berisi nama negara asal. 
  • For Official Use: Memuat informasi tujuan penggunaan Certificate of Origin.
  • Item Number: Urutan barang yang akan dikirimkan. 
  • Marks and Number on Packages: Informasi total barang yang akan kamu kirim.
  • Number and Type of Packages: Informasi tipe dan detail barang kirimanmu.
  • Origin Criterion: Kriteria barang ekspor dari negara asalnya.
  • Gross Weight: Bobot paket yang akan kamu kirimkan.
  • Number and Date of Invoice: Berisikan nomor serta tanggal packing list maupun invoice.
  • Declaration by The Exporter: Informasi perihal pernyataan kamu sebagai pihak eksportir yang menyatakan paket yang akan kamu kirim adalah dari negara yang sama ketika kamu melakukan ekspor.
  • Importing Country: Pernyataan perihal negara tujuan pengiriman.
  • Place: Tempat kamu melakukan pengiriman barang.
  • Date: Tanggal ketika kamu mengirimkan paket.
  • Kolom Centang: Menerangkan status dan kondisi barang.
  • Signature Pengekspor: Tanda tangan dari pihak pengekspor.
  • Signature Pengesahan: Tanda tangan yang menyatakan bahwa dokumen tersebut sudah sah dan legal.

Blueray Cargo Siap Membantu Dapatkan Certificate of Origin

Sebagai pebisnis yang berkecimpung di dunia perdagangan internasional pasti kamu memahami seberapa penting dokumen ini, terutama bagi pelaku bisnis barang impor.

Bagi kamu yang tidak ingin repot mengurus dokumen SKA atau COO, kamu bisa menggunakan jasa importir Blueray Cargo yang dapat membantumu untuk mengurusnya.

Selain itu, Blueray Cargo juga merupakan jasa importir terbaik dan profesional. Sebab, sudah berpengalaman selama lebih dari 20 tahun dan mampu menawarkan garansi. Sehingga, kamu bisa lebih tenang dan mempercayakan keselamatan barang impor kepada kami.

Sekarang saatnya kamu membuktikannya sendiri dan nikmati layanan pengiriman barang impor tanpa drama. Dapatkan informasi selengkapnya dengan mengunjungi website Blueray Cargo dan konsultasi gratis melalui WhatsApp.

Sudah Tau Pentingnya Certificate of Origin?

Jadi, Certificate of Origin adalah sertifikat yang berisikan informasi perihal negara asal paket yang telah memenuhi ketentuan pengiriman barang dari negara asalnya. Sertifikat ini bermanfaat untuk meringankan proses ekspor, sebagai penanda keaslian barang, hingga berperan sebagai salah satu syarat pencairan LOC.

Facebook
Twitter
LinkedIn