.

Pengertian Resi: Kegunaan dan Cara Melacak

Pernahkah kamu melakukan belanja online atau melakukan pengiriman dan mendapatkan resi? Yup, resi adalah bukti penting dari suatu proses pengiriman dan transaksi. Yuk, pahami pengertian, kegunaan, dan bagaimana menggunakannya untuk melacak paket!

Key Takeaways

-Resi adalah suatu bukti dari proses pengiriman yang berguna untuk melacak dan memberikan informasi tentang paket.
-Ia memiliki banyak fungsi, mulai dari identitas paket, bukti, kontrak, hingga pelacakan.
-Pada dasarnya, berbagai jasa pengiriman memiliki cara yang hampir mirip untuk melacak paket menggunakan nomor paket.
-Melacak paket dapat melalui laman resmi, aplikasi, dan situs pihak ketiga.

Apa Pengertian Resi?

Pada dasarnya, resi memiliki arti yang luas. Dalam artian yang umum, resi adalah sebuah pengakuan tertulis yang menyatakan atau bukti dari transaksi satu pihak ke pihak lainnya. Terlebih lagi, tanda terima ini akan diberikan kepada konsumen dari penjual atau penyedia layanan atau jasa.

Resi juga digunakan dalam suatu transaksi antara bisnis dan bisnis. atau bahkan dalam transaksi pasar saham. Walaupun begitu, dengan perkembangan penjualan secara online, bukti ini sering dianggap sebagai tanda terima barang dari jasa ekspedisi.

Ternyata, ini juga berguna sebagai bukti bukan hanya tanda terima. Contohnya, ketika kamu memproses pengembalian barang, maka ini akan digunakan sebagai bukti. Sehingga, ini sangatlah penting untuk membuktikan suatu transaksi.

Resi ternyata memiliki dua arti berbeda berdasarkan konteksnya. Yang pertama, menyangkut proses pergerakan barang atau material di gudang. Kemudian, yang kedua adalah sebagai dokumen yang berguna untuk konfirmasi penerimaan barang ke gudang atau dari pabrik.

Dalam jasa ekspedisi, nomor resi yang didapatkan suatu barang akan dimasukkan ke sistem pelacakan. Sehingga, berbagai pihak dapat mengawasi posisi dan proses paket sudah sampai mana. Oleh karena itu, lebih baik jika kamu menerimanya tidak langsung dibuang sebelum semua proses sudah selesai.

Karena fungsinya sebagai bukti dan sumber informasi, maka ini akan memiliki berbagai detail. Sehingga, bukti ini akan berisikan nomor resi, nama penerima, alamat, kontak penerima, nama pengirim, daftar barang, dan deskripsi barang.

Kegunaan Resi

Pada bagian sebelumnya, kamu pasti tahu bahwa resi memiliki peranan yang sangat vital dalam logistik atau pengiriman barang. Bukan hanya itu, ternyata ini juga merupakan aspek penting di dunia e-Commerce dan bidang lainnya. Berikut adalah kegunaan no resi:

1. Identitas Barang atau Jasa

Kegunaan no resi yang pertama adalah sebagai identitas pada paket yang melalui proses pengiriman. Terlebih lagi, identitas ini berfungsi untuk membedakan dari satu paket ke paket yang lain. Jadi, pihak logistik tidak akan keliru dalam proses pengiriman dan penyimpanan di gudang.

Bayangkan saja jika paket tersebut hilang atau tidak ada yang tahu keberadaannya, sehingga berbagai pihak tersebut dapat melakukannya menggunakan nomor paket. Karena fungsinya sebagai identitas, maka ini akan membuat berbagai informasi seperti detail pengirim, penerima, dan barang.

2. Melacak Paket

Fungsi yang selanjutnya adalah untuk melacak lokasi paket atau barang dalam proses pengiriman sampai mana. Sehingga, akan lebih baik jika nomor resi dari jasa ekspedisi untuk disimpan. Dengan adanya ini, pelanggan juga bisa mengetahui posisi barang apakan masih di gudang ekspedisi atau sudah mulai menuju kota lain.

Sebagian besar dari marketplace bekerjasama dengan sebuah jasa ekspedisi. Sehingga, ketika kamu melakukan belanja online, secara otomatis akan mendapatkan resi dan dapat langsung melihat update tracking paket dari aplikasinya langsung.

3. Bukti Pengiriman

Resi adalah sebuah bukti tercatat bahwa barang telah dikirim oleh penjual dan pihak ekspedisi. Pada umumnya, nomor ini akan langsung didapatkan ketika barang siap untuk dikirim dari pihak ekspedisi. Sehingga, ini akan menjadi pegangan dan bukti bagi pengirim barang. Ini berguna untuk mengantisipasi kerusakan atau kehilangan.

4. Pengambilan Paket

Ketika kamu perlu mengambil paket di kantor jasa ekspedisi, maka perlu untuk memiliki nomor resi. Seperti yang kamu tahu, ini adalah bukti konkret dari pengiriman sehingga akan berguna untuk membuktikan kepemilikan paket.

Banyak orang yang tidak bisa menerima paket karena tidak ada di rumah atau lokasi tidak dapat dijangkau. Oleh karena itu, penerima diwajibkan untuk melakukan pengambilan paket di kantor ekspedisi. Kemudian, untuk mengambil paket, kamu perlu menunjukkan bukti pengiriman tersebut agar tidak terjadi kekeliruan.

5. Sebagai Suatu Kontrak

Resi merupakan suatu bentuk perjanjian atau kontrak yang mengikat pengirim dan penyedia jasa. Bukan hanya itu, dalam dunia eCommerce, ini  juga berguna untuk kontrak antara penjual dan pembeli.

Sebagai tambahan, sebenarnya, pembeli terikat secara langsung dengan penjual, namun tidak terikat dengan jasa pengiriman. Sehingga, jika pembeli memiliki komplain masalah pengiriman, pihak penjual lah yang berhak melakukannya.

Cara Melacak Paket dengan Menggunakan Nomor Resi

Setelah tahu tentang pengertian dan kegunaan dari no resi pengiriman, ini saatnya mengetahui cara memanfaatkan nomor tersebut untuk melacak paket. Pada dasarnya, terlepas dari kamu menggunakan jasa pengiriman apa, caranya pasti hampir sama. Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk melacak paket:

1. Menyalin No Resi

Setelah paket sudah diserahkan ke pihak ekspedisi, maka kamu akan mendapatkan nomor resi dari pengirim. Kamu dapat mencatat nomor itu dan simpan baik-baik agar tidak hilang.

2. Pergi ke Situs Jasa Ekspedisi

Kamu dapat mencari jenis penyedia jasa pengiriman melalui resi tersebut. Kemudian, kunjungi situs resmi jasa tersebut dan cari pilihan untuk melacak paket. Selain situs resmi, kamu juga dapat mengunjungi app atau situs pihak ketiga seperti marketplace tempat melakukan transaksi pembelian.

3. Memasukkan Nomor Resi

Setelah kamu menemukan pilihan memasukkan nomor resi untuk melacak paket, salin nomor tersebut yang kamu miliki pada kolom khusus. Tunggulah beberapa waktu untuk sistem melacak nomor tersebut. Setelah proses loading selesai, maka informasi tentang proses pengiriman akan ditampilkan secara mendetail.

Sebagai tambahan, beberapa situs memberikan beberapa informasi berupa estimasi kapan paket tiba dan siapa nama kurir mengantarkan paketnya. Kemudian, kamu dapat melihat dimana lokasi paket dan menggunakan estimasi kedatangan untuk memastikan ada orang yang menerima paket tersebut.

Perlu Impor Barang Cina yang Terpercaya?

Seperti yang kamu ketahui, menentukan jasa pengiriman yang terpercaya bukanlah hal mudah. Banyak yang memberikan nomor resi namun proses pengiriman tetap hilang dan paket tidak mudah untuk melacaknya. Maka dari itu, agar impor barang dari Cina sampai hingga tujuan dengan selamat, Blueray Cargo jawabannya.

Blueray Cargo adalah penyedia jasa pengiriman dari Cina yang terpercaya dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Ia menyediakan layanan yang terpercaya dan aman dengan resi yang mengikat. Resi akan diberikan secara mendetail dengan proses melacak paket yang transparan dan selalu update-to-date.

Jadi dengan layanan jasa pengiriman barang Cina ini, kamu tidak perlu takut dengan paket yang hilang. Plus, harga pengirimannya yang sangat terjangkau bagi berbagai kalangan pebisnis. Jadi, segera hubungi kontak resmi Blueray Cargo untuk tahu informasi lebih lanjut!

Sudah Paham Pentingnya Resi dalam Proses Pengiriman?

Sekarang, kamu sudah sampai akhir dari pembahasan tentang bagaimana resi adalah bukti penting dalam pengiriman. Semoga artikel ini dapat membantumu mengerti apa itu resi, fungsi, dan cara menggunakannya untuk melacak paket!

Facebook
Twitter
LinkedIn