.

7 Manfaat Ginseng Cina untuk Kesehatan, Bisa Obati Diabetes?

Manfaat ginseng Cina memiliki khasiat untuk sejumlah besar kondisi medis. Selain ginseng Amerika (Panax quinquefolium), jenis yang satu ini sangat baik untuk menambah energi, memperbaiki metabolisme tubuh, hingga mengobati diabetes.

Penasaran? Simak manfaat selengkapnya!

KEY TAKEAWAYS

-Ginseng Cina adalah tanaman herbal yang mempunyai karakteristik bentuk akar kurus memanjang serta memiliki aroma yang khas dan rasa yang manis kepahit-pahitan.
-Manfaat ginseng Cina sangat baik untuk kesehatan, seperti dapat meningkatkan fungsi otak, mengurangi peradangan, menurunkan kolesterol, dan sebagainya.
-Dosis ginseng Cina yang dibutuhkan agar tidak menimbulkan efek samping yakni sekitar 0.5–2 g (gram) per hari dalam bentuk akar kering dan 0.1–0.6 g per hari dalam bentuk kapsul.

Ginseng Cina 

Mungkin kamu tidak asing lagi dengan jenis tanaman yang satu ini? Ya ginseng, sejenis tanaman yang kerap digunakan untuk pengobatan.

Secara umum, ginseng banyak tumbuh di wilayah Asia Timur seperti Korea, Cina, dan Jepang sehingga terdapat varian ginseng yang terkenal dengan sebutan ginseng Cina (Panax ginseng).  

Ginseng Cina atau kerap juga disebut ren shen, mempunyai karakteristik bentuk akar yang kurus dan memanjang. Selain itu, varian ini juga memiliki aroma yang khas, serta rasa yang manis kepahit-pahitan.

Baik ginseng Cina maupun Amerika mempunyai manfaat perlindungan kesehatan yang serupa, meski mereka tumbuh pada iklim yang berbeda. Jika ginseng Amerika lebih menenangkan, maka ginseng Cina cenderung menstimulasi.

Berdasarkan studi pada 2014, ginseng Amerika dan Asia atau Cina memiliki perbedaan dalam hal konsentrasi senyawa aktif dan efeknya pada tubuh sehingga ginseng Amerika bekerja sebagai agen relaksasi, sedangkan varietas Asia atau Cina memiliki efek menyegarkan.

Ginseng Cina mengandung ginsenosides, ginpanaxosides, dan protopanaxatriol yang bekerja dengan cara meningkatkan aktivitas hormon adrenokortikotropik otak (ACTH) tanpa melibatkan kelenjar adrenal.

Dengan demikian, ginseng Cina memiliki efek normalisasi yang tidak spesifik dan terkadang bersifat adaptogen, yang mana dapat membantu tubuh untuk menangkal stres.

Manfaat Ginseng Cina untuk Kesehatan

Ginseng Cina (Panax ginseng) merupakan sejenis ginseng yang biasa ada dalam pengobatan herbal dan memiliki beberapa manfaat kesehatan, mulai untuk meningkatkan stamina hingga diabetes.

1. Meningkatkan Stamina

Ginseng Cina dapat membantu menstimulasi aktivitas fisik dan mental pada orang yang merasa lemah dan lelah. 

Terdapat studi yang melakukan percobaan ginseng terhadap 21 pria dan 69 wanita. Hasilnya menunjukkan bahwa ginseng dapat membantu orang yang mengalami kelelahan kronis.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Dalam uji coba yang melibatkan anak-anak dengan gangguan ADHD, manfaat ginseng terbukti dapat meningkatkan daya ingat dan rentang perhatian. 

Dalam penelitian lain, pemberian ginseng Cina kepada orang dewasa yang sehat terbukti dapat meningkatkan kinerja kognitif dalam tugas aritmatika mental dan menghilangkan kelelahan mental.

3. Mengurangi Peradangan

Peradangan tingkat rendah menyebabkan beberapa penyakit. Ginseng merupakan salah satu herbal yang memiliki efek anti inflamasi.

Tinjauan sistematis tentang efek ginseng pada penanda inflamasi menemukan bahwa ginseng dapat menurunkan interleukin-6 (IL-6) dan tumor necrosis. 

Selain itu, sebuah analisis terpisah menemukan bahwa ginseng secara signifikan mengurangi kadar CRP tetapi hanya pada individu yang telah mengalami peningkatan CRP. 

Meski begitu, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan apakah ginseng merupakan terapi tambahan yang tepat untuk mengatasi peradangan.

4. Mencegah Kanker

Selain memberikan dukungan antioksidan dan menurunkan peradangan, ginseng Cina juga memiliki tindakan anti kanker secara langsung.

Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa manfaat ginseng Cina dapat menghambat pertumbuhan tumor. Studi tahun 2018 pada Biomed Pharmacotherapy juga menyatakan bahwa efek antikanker dari ginseng terbukti dalam berbagai jenis kanker, termasuk, kanker payudara, paru-paru, hati, usus besar, dan kulit. 

5. Meningkatkan Libido

Ginseng Cina khususnya dapat meningkatkan libido dan membalikkan gejala disfungsi ereksi. Ini dikenal sebagai afrodisiak dalam sistem pengobatan Korea dan Cina. 

Studi ilmiah pada hewan dan manusia memastikannya untuk meningkatkan perilaku seksual. Faktanya, ginseng terbukti meningkatkan jumlah dan kualitas sperma pada pria. Dalam sebuah penelitian pada wanita menopause, ginseng Cina terbukti mampu meningkatkan gairah seksual.

6. Menurunkan Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi merupakan faktor risiko untuk mengembangkan penyakit arteri koroner. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat ginseng Cina mungkin memiliki efek penurun kolesterol.

Sebuah analisis dari efek ginseng pada profil lipid menemukan bahwa tidak ada peningkatan keseluruhan yang signifikan dalam kadar kolesterol, trigliserida, atau high-density lipoprotein (HDL) dan low-density lipoprotein (LDL). 

Analisis terpisah menemukan bahwa ginseng Cina dapat mengurangi kadar kolesterol total dan LDL tetapi tidak meningkatkan kolesterol HDL.

7. Mengobati Diabetes

Ginseng Cina mungkin mempunyai efek penurun glukosa dan telah dipelajari sebagai terapi tambahan pada penderita diabetes. 

Beberapa analisis dan tinjauan sistematis telah mengevaluasi studi penggunaan ginseng pada penderita diabetes. Salah satunya menemukan bahwa ginseng tidak menurunkan kadar hemoglobin A1C (HbA1c) pada orang dengan diabetes tipe 2. 

Tinjauan sistematis lainnya menemukan bahwa ginseng secara signifikan mengurangi glukosa darah. Kadar glukosa darah turun sekitar 5 miligram/desiliter dan sebagian besar individu sudah memiliki kadar glukosa yang terkontrol dengan baik. 

Ini penting karena perubahan sederhana dapat menghasilkan signifikansi statistik, tetapi signifikansi klinis yang sebenarnya masih dipertanyakan.

Dalam ulasan yang sama ini, ginseng tidak memengaruhi insulin plasma, skor resistensi insulin, atau kadar HbA1C. Meski begitu, masih tetap memerlukan studi lanjutan terkait manfaat ginseng Cina tersebut. 

Dosis

Dosis ginseng Cina tergantung pada jenis, alasan penggunaan, dan jumlah ginsenosida yang ada.

Sejatinya, tidak ada dosis standar yang direkomendasikan. Meski begitu, beberapa pakar menyarankan dosis 0.5–2 g (gram) per hari jika mengonsumsinya dalam bentuk akar kering. Saat kamu minum dalam bentuk kapsul, dosis dapat berkisar antara 0.1–0.6 g per hari.

Mulailah dengan setengah gram sekali atau dua kali sehari saat kamu pertama kali mulai menggunakan ginseng lantaran berpotensi menimbulkan efek samping. 

Efek samping yang mungkin terjadi adalah perubahan suasana hati, perubahan tekanan darah, kehilangan nafsu makan, insomnia, jantung berdebar-debar, hingga ketidakteraturan menstruasi. 

Ramuan apapun berpotensi menyebabkan reaksi alergi, jadi pastikan untuk berhenti mengonsumsi ginseng jika kamu mengalami efek samping. 

Karena dosis dapat bervariasi, pastikan untuk membaca label produk untuk petunjuk pemakaiannya. Selain itu juga penting untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan dalam menentukan dosis yang aman dan tepat sebelum mengonsumsi ginseng Cina.

Tertarik Mengonsumsi Ginseng Cina?

Itulah informasi seputar manfaat ginseng Cina untuk kesehatan. Sejak dahulu, ginseng asal Asia memang telah menjadi komoditi yang paling dicari untuk keperluan medis.

Jika ingin mengonsumsi ginseng Cina otentik langsung dari negara asalnya, kamu dapat membeli atau mengimpor produknya dari Negeri Tirai Bambu tersebut. Caranya gimana? 

Jangan khawatir, ada banyak jasa importir terpercaya yang bisa kamu gunakan,  salah satunya Blueray Cargo yang sudah teruji selama puluhan tahun pengalaman menyediakan layanan impor barang. 

Blueray Cargo hadir untuk meningkatkan kualitas dan kenyamanan pengiriman barang impor secara legal sekaligus terjangkau. Garansi pengiriman hingga 100%, dan pastinya pesanan kamu akan sampai tujuan tanpa cacat sedikit pun. Jadi tunggu apa lagi? Konsultasikan kebutuhan kamu melalui kontak Blueray Cargo sebelum melakukan pemesanan barang!

Facebook
Twitter
LinkedIn