.

Tips Sukses Bisnis Baju Import Korea untuk Pemula

Industri hiburan Korea Selatan seperti Kpop dan Kdrama semakin santer merajai dunia. Banyak generasi muda yang menirukan trend fashion Negeri Ginseng ini. Nah, kamu bisa memanfaatkan trend fashion ini sebagai ladang cuan menjanjikan. Kamu layak mencoba bisnis baju import Korea dan menjualnya di pasar Indonesia.

Tertarik menekuni bisnis import baju, tapi tidak punya pengalaman menjadi importir? Tak perlu risau, karena kamu bisa simak tips suksesnya di bawah ini.

Tips Sukses Bisnis Import Baju Korea

Meskipun belum berpengalaman dalam dunia import, kamu bisa menjalankan bisnis tersebut dengan lancar dan mempertimbangkan sejumlah tips berikut:

1. Riset Pasar

Ilustrasi Riset Pasar

Setiap kali akan membuka bisnis, langkah pertama yang sangat penting, yaitu melakukan riset pasar. Kegiatan ini memberikan pengaruh signifikan terhadap penjualan usahamu nanti, karena dapat mengenal selera pasar dengan baik.

Mengingat fashion mempunyai cakupan yang luas, maka dengan melakukan riset pasar, kamu bisa mengerucutkan ke kategori fashion yang lebih spesifik. Hasil dari riset pasar tersebut, dapat mengetahui segmentasi usia pembeli dan model baju yang banyak diinginkan pasar.

2. Menyiapkan Modal

Ilustrasi Persiapkan Modal Impor

Jika sudah melakukan riset pasar, saatnya kamu mulai menyiapkan modal untuk membeli barang. Modal yang perlu kamu siapkan untuk bisnis import memang cukup besar. Sebab, kamu akan membeli barang langsung dalam jumlah banyak.

Membeli barang dalam jumlah banyak sekaligus ini akan menghemat biaya pengiriman. Supaya mendapatkan margin keuntungan yang lumayan tinggi, gunakan jasa ekspedisi yang menawarkan biaya ongkir lebih terjangkau, namun profesional dan kredibel.

3. Mencari Supplier Terpercaya

Baju import Korea selalu laris manis dipasaran, karena modelnya yang lucu, anggun, dan elegan. Agar mendapatkan baju dengan bahan dan jahitan berkualitas, pastikan kamu mencari supplier yang terpercaya. 

Kamu tidak harus datang ke Korea Selatan untuk mencari supplier yang dapat menyediakan kebutuhan baju yang kamu inginkan. Manfaatkan teknologi untuk mencari kontak supplier tersebut. 

Maraknya belanja online juga membuat siapapun mudah mendapatkan kontak supplier. Bahkan, banyak pula supplier yang menawarkan kerjasama yang menarik. 

Jika kamu sudah menemukan supplier yang akan memasok kebutuhan baju untuk usahamu, pastikan lagi kamu menggali informasi lebih dalam. Kegiatan ini bertujuan agar kamu mengetahui track record supplier tersebut dalam melayani distributor.

4. Meminta Sampel Baju

Kamu pasti ingin usahamu awet dan selalu ramai pembeli, kan? Oleh sebab itu, pastikan untuk menjual baju-baju import yang berkualitas, agar memuaskan pelanggan. Untuk mengetahui kualitas baju yang akan kamu beli, mintalah supplier untuk mengirimkan sampel baju. 

Dengan demikian, kamu bisa mengetahui jenis kain yang digunakan, kerapian jahitan, dan berbagai macam detail lainnya. Kamu memang harus sabar dan telaten, karena proses ini memakan waktu. Bersusah payah di awal tentu lebih baik, karena dapat menghindari kerugian yang besar.

5. Membuat PIB – Pengajuan Impor Barang

Jika kamu sudah menemukan supplier terpercaya, itu artinya kamu bisa segera import baju Korea ke Indonesia. Eits, tapi sebelumnya, kamu harus membuat Pengajuan Impor Barang atau PIB di Kepabeanan. 

PIB merupakan dokumen wajib yang harus dimiliki oleh importir. Mengurus dokumen ini biasanya akan menelan biaya yang cukup mahal. 

Supaya lebih hemat, kamu bisa menggunakan jasa PPJK (Pengusaha Pengurus Jasa Kepabeanan). Mengurus dokumen PBI melalui PPJK memungkinkanmu untuk membayar pajak lebih rendah.

6. Pahami Cara Pembayaran Supplier

Poin krusial lainnya yang juga wajib kamu ketahui untuk bisnis import baju Korea yaitu metode pembayaran kepada supplier. Komunikasikan dengan jelas cara pembayaran, agar tidak terjadi kesalahpahaman yang dapat memengaruhi kelangsungan bisnismu. 

Ada banyak cara pembayaran yang bisa digunakan dalam bisnis import, diantaranya transfer, tunai, barter, dan L/C (Letter of Credit). Selain itu, kamu juga perlu mengkomunikasikan waktu pembayaran, misalkan setiap kali transaksi atau menunggu hingga semua transaksi selesai dalam jangka waktu tertentu.

Plus, periksa dengan detail setiap invoice, agar tidak ada yang terlewatkan. Jika metode pembayaran ini sudah jelas, maka barang pun akan segera dikirim menggunakan kargo.

7. Memilih Impor Profesional

Keberhasilan bisnis import baju Korea juga dipengaruhi oleh layanan jasa impor yang kamu pilih. Sebab, jasa impor ini yang akan mengantarkan barang yang kamu pesan ke dalam negeri. 

Jika kamu memilih jasa impor profesional dan berpengalaman seperti Blueray Cargo, maka mereka sudah sangat mumpuni dengan regulasi ekspor impor.

Alhasil, kamu akan menerima paket tersebut dalam waktu yang diestimasikan. Selain itu, jasa impor profesional dan berpengalaman juga dapat memberikan jaminan keamanan, karena minim kesalahan. Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir dengan risiko paket hilang atau tertahan.

8. Sering Hadir di Pameran Important

Jika ingin bisnismu berkembang lebih pesat dan luas, maka perluas pula koneksimu. Caranya, bisa dengan sering mengikuti event pameran import. Sehingga, kamu berkesempatan untuk bertemu dengan pengusaha importir baju lainnya, jadi bisa menimba ilmu dan bertukar pengalaman.

Selain itu, pameran import biasanya juga dihadiri oleh para produsen yang menawarkan produk mereka masing-masing. Alhasil, kamu juga akan mendapatkan supplier import baju Korea langsung dari tangan pertama. Hal ini tentu sangat menguntungkan, karena kamu bisa mendapatkan margin laba yang tinggi.

9. Rapikan Baju dan Foto

Jika baju yang kamu impor sudah tiba, maka bisa melakukan persiapan untuk penjualan. Kamu bisa menjual di toko offline dan online sekaligus, agar dapat menjangkau konsumen lebih luas.

Untuk menarik perhatian pelanggan, rapikan baju dan pajang sebagian di mannequin. Foto baju dari berbagai angle menggunakan kualitas kamera yang bagus. 

Ketika mengambil foto, pastikan mengambil foto untuk setiap bagian dengan detail. Tujuannya, supaya pembeli online memiliki gambaran jelas dengan model baju tersebut.

10. Sediakan Laptop dan Koneksi Internet

Sediakan Laptop dan Koneksi Internet Untuk Berjualan Online

Bagi kamu yang tidak mempunyai dana untuk menyewa toko fisik, maka bisa fokus menjualnya secara online. Untuk membuka online shop, kamu cukup menyediakan laptop dan koneksi internet. Kedua hal tersebut dapat kamu gunakan untuk melayani konsumen dan memproses transaksi yang masuk.

Yuk, Segera Mulai Bisnis Baju Import Korea!

Jadi, 10 tips sukses membuka bisnis baju import Korea yang perlu kamu lakukan, yakni melakukan riset pasar hingga menyediakan laptop dan koneksi internet. Selain itu, kamu pun bisa dukung kelancaran pengiriman barang dengan memilih jasa impor berpengalaman dan terpercaya seperti Blueray Cargo.

Mengapa Blueray Cargo? Sebab, jasa impor ini sudah mempunyai pengalaman mumpuni selama 20 tahun. Alasan lain mengapa kamu layak mempertimbangkan jasa impor ini, yaitu mempunyai komitmen yang baik dalam melayani pelanggan, sehingga pelanggan menerima barang tepat waktu.

Menariknya lagi, Forwarder Korea Indonesia seperti Blueray Cargo juga melayani pengiriman barang hingga ke alamat tujuan. Dengan demikian, kamu tidak perlu repot lagi untuk mengambil barang di pelabuhan.

Selain itu, Blueray Cargo juga melayani pengiriman ekspor dan impor dari dan ke negara China, Thailand, dan Singapura. Sehingga, kamu bisa merambah bisnismu ke negara-negara tersebut. 

Jika ingin mendapatkan informasi lebih lanjut atau berkonsultasi seputar  pengiriman barang, silakan kunjungi website Blueray Cargo atau hubungi kontak resmi Blueray Cargo. 

Facebook
Twitter
LinkedIn