.

5 Tips Pengiriman dari China ke Indonesia untuk Menghemat Biaya

5 Tips Pengiriman dari China ke Indonesia untuk Menghemat Biaya

Proses pengiriman dari China ke Indonesia kini cukup banyak pilihannya. Sebab, sekarang sudah ada banyak marketplace dari luar negeri yang menjual barang dalam jumlah grosir dan bisa kamu jual kembali. 

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan pengiriman. Tidak hanya mengenai biaya pengiriman, namun juga estimasi hari, dan juga jalur pengiriman. Kamu juga perlu menyimak beberapa tips agar pengiriman barangmu bisa jauh lebih hemat dari perkiraan.

Biaya Pengiriman dari China ke Indonesia

Sebelum kamu mulai mengirimkan barang, pastikan biaya pengirimannya sudah sesuai anggaran. Tapi, untuk kamu yang masih bingung dalam memperkirakan biaya, ada rumus sederhana untuk mengetahui harga pajak dan bea masuk.

Sebenarnya tarif pajak dan bea cukai akan berbeda-beda, sesuai dengan klasifikasi barang. Sehingga, pemerintah menetapkan kisaran persen untuk barang impor sesuai klasifikasinya. 

Contohnya untuk barang impor seperti tekstil dan tas, tarif bea cukainya adalah mulai dari 15-25%, sementara untuk sepatu sekitar 25-30%. Setelah mengetahui tarif pajak tersebut, kamu juga perlu menghitung PPN dan PPh-nya. PPN ditetapkan pemerintah sebesar 11%, dan PPh dengan kisaran 7,5% hingga 10%.

Sebagai contoh, kamu bisa menyimak rumus perhitungan biaya pengiriman dari China ke Indonesia berikut ini.

Bea masuk = 7,5% x Harga Barang = 7,5% x Rp400.000,00 = Rp30.000,00

PPN = 11% x (Harga Barang + Bea Masuk) = 11% x (Rp400.000,00 + Rp30.000,00)

PPN = Rp47.300,00

Berdasarkan perhitungan biaya di atas, kamu bisa mengetahui total barang impor sesudah kena pajak dan bea masuk adalah Rp47.300,00. Apabila kamu tambahkan dengan harga barang, maka biaya yang harus kamu keluarkan adalah sebesar Rp447.300,00.

Baca Juga: Jasa Import Door to Door dari China: Cara Memilih dan Rekomendasinya!

Estimasi Lama Pengiriman dari China ke Indonesia

Estimasi durasi pengiriman merupakan pertanyaan yang sering kamu ajukan, bukan? Ya, jika kamu mengetahui bahwa barang kemungkinan akan lama sampai di tanganmu, kamu akan dapat mempertimbangkan waktu pemesanan. 

Karena itu, di sini tertera estimasi lama pengiriman dari China ke Indonesia melalui tiga marketplace besar di Indonesia, yaitu Shopee, Lazada, dan AliExpress. Begini penjelasannya:

1. Shopee

Aplikasi jual beli online ini cukup terkenal hampir di semua kalangan. Shopee mulai beroperasi di Indonesia pada bulan Juni 2015. Sampai sekarang, Shopee sering kali menjadi pilihan platform belanja online masyarakat Indonesia. 

Jasa ekspedisi yang tersedia di Shopee bernama Standard Express. Selama ini, pengiriman dengan Standard Express ini terhitung cukup cepat. Hanya sekitar 8 hingga 20 hari, pelanggan kamu sudah bisa mendapatkan barang melalui pengiriman dari China ke Indonesia.

2. Lazada

Perusahaan e-commerce terbesar di Asia Tenggara, Lazada, menampakkan dirinya sebagai platform belanja pilihan di Indonesia sejak 27 Maret 2012. Sehingga, bisa kamu ketahui bahwa Lazada sudah jauh lebih lama hadir di Indonesia daripada Shopee.

Jasa ekspedisi Lazada yang sering masyarakat ketahui dengan nama LEX, memiliki estimasi waktu pengiriman standar selama 8 hingga 18 hari. Sementara itu, apabila kamu memilih layanan ekspres, maka pengiriman dari China ke Indonesia dapat memakan waktu 7 hingga 16 hari.

3. AliExpress

Ada pula AliExpress, sebuah platform e-commerce yang cukup populer di China. Perusahaan yang termasuk dalam pengelolaan Alibaba Group ini mulai eksis sejak tahun 2010. Meskipun nama AliExpress tidak terlalu sering terdengar, namun jasa pengiriman ekspedisinya dapat dinilai cukup baik.

Dengan AliExpress, pengiriman dari China ke Indonesia dapat memakan waktu dari 12 hingga 20 hari. Jika kamu bandingkan dengan Lazada, AliExpress memang memiliki estimasi waktu pengiriman lebih lama. Akan tetapi, e-commerce ini tetap bisa kamu percayai, kok!

Baca Juga: Impor Barang China: Prosedur, Tips, dan Jenis yang Paling Laku

Jalur Pengiriman dari China ke Indonesia

Untuk melakukan pengiriman, kamu punya empat pilihan. Terdapat pilihan melalui jalur pelabuhan, marketplace, jalur pariwisata, dan juga jalur pribadi. Kamu bisa menentukan pilihan setelah membaca penjelasan berikut ini:

1. Jalur Pelabuhan

Ketika ingin melakukan pengiriman dari China ke Indonesia, kamu bisa menggunakan opsi melalui jalur pelabuhan. Tapi, sebelum kamu memulai pengiriman, kamu bisa melakukan negosiasi dengan pihak pembeli, kemudian kamu bisa bekerja sama dengan pihak importir untuk pengiriman barangnya.

2. Lewat Marketplace

Kedua, kamu juga bisa melakukan pemesanan barang dari China dengan mudah melalui marketplace. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, kamu bisa memilih untuk memesan barang melalui Shopee, Lazada, atau AliExpress. 

Dengan demikian, kamu tidak perlu repot bernegosiasi dengan pihak importir, karena kamu tidak perlu ikut serta dalam proses pengiriman. Kamu hanya perlu menunggu barang hingga sampai ke rumahmu.

3. Jalur Pariwisata

Selanjutnya, pengiriman juga bisa kamu lakukan melalui jalur pariwisata. Tapi, opsi ini bisa kamu anggap sedikit merepotkan, sebab kamu harus ke China dengan agen pariwisata tertentu. Akan tetapi, apabila kamu memang memiliki hobi traveling, opsi ini sangat menarik untuk kamu lakukan.

Dengan jalur ini, agen pariwisata akan sering berhenti pada setiap tempat yang ingin kamu kunjungi. Melalui cara ini, kamu bisa secara langsung melihat detail barang yang akan kamu beli.

4. Membeli Secara Pribadi

Opsi satu ini memang mungkin hampir sama dengan jalur pariwisata. Akan tetapi, bedanya adalah kamu akan berpergian sendiri dengan pesawat, sebagai wisatawan. Sebagai tambahan, kamu tidak perlu merasa merepotkan orang lain, karena kamu bisa secara bebas pergi ke sejumlah toko dengan waktu yang kamu tetapkan.

Tips Menghemat Biaya Pengiriman

Nah, inilah pembahasan yang kamu tunggu-tunggu, bukan? Ada lima tips yang bisa kamu lakukan untuk bisa menghemat biaya pengiriman. Apa sajakah tips tersebut?

1. Pastikan Pengemasan Barang Rapi

Apabila kamu memang membeli barang dari China, kamu harus memastikan ke supplier untuk mengemas barang dengan rapi. Walau terdengar sepele, tapi cara ini cukup krusial untuk kamu perhatikan, lho.

Tapi, karena kamu tidak bisa melihat secara langsung pemrosesan pengemasan barang, akan lebih baik kamu menangkalnya dengan membeli barang dengan jumlah banyak (bulk). Dengan demikian, biaya yang harus kamu bayarkan untuk pengiriman dari China ke Indonesia akan jauh lebih hemat. 

2. Kirim Barang dari Jauh-Jauh Hari

Saat berbisnis barang impor, kamu wajib tahu bahwa salah satu kunci sukses dalam operasi bisnis adalah waktu yang efisien. Pastikan kamu selalu memesan barang jauh-jauh hari, sehingga pada saat barang dagangan habis, kamu tidak akan kebingungan.

Apalagi, kalau kamu memesan barang dengan waktu yang mepet, lambat laun kamu akan kehilangan kepercayaan dari pembeli. Tidak mau, ‘kan?

3. Beli Produk Sampel

Nah, apabila ini kali pertamamu berbisnis, maka akan lebih baik kalau kamu memesan produk sampel terlebih dahulu. Jangan langsung membeli barang dalam jumlah banyak, sebab kamu belum tahu kualitas barang tersebut. Coba beli produk sampel dahulu, dan lakukan quality control secara menyeluruh.

4. Negosiasi Harga dengan Supplier

Karena pengiriman dari China ke Indonesia juga membutuhkan biaya yang cukup banyak, maka akan lebih baik apabila kamu negosiasi harga dengan supplier. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan harga lebih rendah untuk tiap satuannya, dan akan menguntungkan apabila kamu membelinya dalam jumlah besar.

5. Gunakan Partner Freight Forwarder Berpengalaman

Terakhir, pastikan partner layanan pengiriman pilihan kamu memiliki reputasi yang baik. Sebab, bisa dipastikan apabila layanan pengiriman baik, maka barang akan dapat cepat sampai dalam kondisi yang baik pula.

Baca Juga: Forwarder China Indonesia Berpengalaman Lebih dari 10 Tahun – Blueray Cargo

Blueray Cargo: Solusi Pengiriman dari China ke Indonesia yang Lebih Aman!

Masih bingung memilih jasa pengiriman dari China ke Indonesia yang oke? Tenang saja, karena ada jasa Blueray Cargo yang mampu jamin barangmu sampai dengan aman dan pastinya dengan harga terjangkau. 

Bukan sembarang jasa pengiriman, sebab Blueray Cargo telah dipercaya sebagai jasa importir barang terbaik di Indonesia mulai dari tahun 2001 dengan total 2 juta transaksi. Beberapa e-commerce ternama juga telah menggunakan jasa Blueray Cargo ini. Mulai dari Tokopedia, Shopee, hingga Bukalapak. 

Jadi, tak ada alasan lagi untuk kamu ragu menggunakan jasa Blueray Cargo dalam melakukan pengiriman dari China ke Indonesia. Langsung saja kunjungi Jasa Pengiriman dari China terpercaya untuk dapatkan pelayanan tercepat dan terpercaya sekarang juga!

Facebook
Twitter
LinkedIn