.

Mengapa Indonesia Melakukan Impor Barang? Ini Alasannya!

Mengapa Indonesia Melakukan Impor Barang? Ini Alasannya!

Alasan mengapa Indonesia melakukan impor barang, yakni karena sumber keuntungan negara salah satunya berasal dari kegiatan ekspor dan impor. Bagi yang belum tahu, impor adalah kegiatan membeli barang atau jasa dari luar negeri, sedangkan ekspor sebaliknya. 

Baik ekspor dan impor memiliki peran penting, agar pertumbuhan ekonomi suatu negara dapat naik secara signifikan. Kali ini, pembahasan akan memfokuskan pada kegiatan impor barang yang dilakukan oleh Indonesia. Setiap negara pasti punya alasan untuk melakukan transaksi ini. Agar lebih jelas, simak artikel berikut!

6 Alasan Mengapa Indonesia Melakukan Impor Barang

Patokan kegiatan impor adalah ketidaktersediaan sumber daya atau keterbatasan barang dalam negeri. Hal ini biasa terjadi di banyak negara, mengingat setiap wilayah mempunyai kekayaan alam yang berbeda-beda. Begitupula Indonesia yang perlu mengimpor barang, karena beberapa alasan di bawah ini. 

1. Menjalin Hubungan Kerjasama Antar Negara

Kerja sama antar negara dalam aktivitas impor
Kerja sama antar negara dalam aktivitas impor | Sumber gambar: Freepik

Seperti yang sudah kamu ketahui, sumber daya alam setiap negara bervariasi, tergantung kondisi iklim dan geografisnya. Indonesia yang kaya akan sumber daya alam sekalipun tetap membutuhkan sumber daya dari negara lain untuk melengkapi kebutuhan dalam negeri. 

Itulah mengapa Indonesia melakukan impor barang sebagai langkah terbaik bagi negara yang saling membutuhkan. Apalagi, menjalin hubungan kerja sama antar negara lewat pertukaran barang atau jasa, bisa mempererat persatuan dan mendorong perkembangan ekonomi. 

Selain itu, Indonesia juga akan mencapai kesepakatan yang menguntungkan untuk mendapatkan kebutuhan akan barang. 

Baca Juga: Simak! 3 Cara Impor Barang dari China ke Indonesia untuk Pemula

2. Belum Mampu Memproduksi Barang Sendiri 

Faktor penyebab Indonesia belum mampu memproduksi barang sendiri, yakni karena minimnya tenaga ahli atau keterbatasan sumber daya. Beberapa contoh produk yang belum bisa lepas impor, antara lain peralatan elektronik dan otomotif. Hal ini bisa terjadi karena belum banyak tenaga ahli yang mampu merakit barang elektronik dan otomotif.

Selain itu, meski mempunyai tenaga ahli, bila sumber daya yang mencakup bahan baku dan mesin canggih tidak tersedia, maka sia-sia. Inilah alasan mengapa Indonesia masih melakukan impor produk dari Korea, China, atau Jepang untuk memenuhi kebutuhan elektronik dalam negeri. 

Namun, sisi positif dari kegiatan impor adalah membawa keuntungan ekonomi sekaligus sebagai sarana transfer teknologi. Jadi, penduduk Indonesia bisa memperoleh teknologi baru serta pengetahuan untuk membuatnya. 

3. Lebih Murah Melakukan Impor

Aktivitas impor menghemat pengeluaran
Aktivitas impor menghemat pengeluaran | Sumber gambar: Freepik

Bisa memproduksi produk dalam negeri tidak selalu menjamin pengeluarannya lebih hemat ketimbang melakukan impor. Terkadang, biaya produksi justru lebih mahal daripada membelinya dari negara lain. Maka dari itu, Indonesia membeli barang dari luar negeri karena dianggap lebih terjangkau dan efisien. 

Fenomena seperti ini sudah ada teorinya sendiri. Bagi kamu yang berkutat di bidang ekonomi, mungkin tidak asing mendengar teori Heckscher—Ohlin. Teori tersebut menyebutkan bahwa negara yang memiliki faktor produksi relatif murah akan melakukan ekspor. 

Sebaliknya, jika suatu negara memiliki faktor produksi relatif mahal, akan melakukan impor. Hal ini adalah pertimbangan yang bijak untuk menghemat biaya dan mengefisiensikan tenaga kerja.  

4. Kebutuhan Dalam Negeri Tidak Mencukupi

Permintaan barang yang terlalu tinggi dalam masyarakat, menyebabkan para produsen kewalahan untuk memenuhinya. Maka dari itu, suatu negara perlu melakukan impor. Bayangkan apa yang terjadi jika Indonesia tidak melakukan impor

Pasar akan mengalami kekacauan. Kemungkinan barang tersebut akan langka dan harganya melambung tinggi. Kamu pasti akan merasa tidak senang seandainya hal tersebut terjadi, bukan?

Oleh sebab itu, untuk menutupi produksi dalam negeri yang tidak mampu memenuhi kebutuhan konsumen, suatu negara harus mendatangkan barang dari luar negeri. Kegiatan impor untuk menanggapi permintaan konsumen yang tinggi dapat meminimalisir risiko kekurangan pasokan barang. 

5. Memperoleh Bahan Baku

Mendapatkan bahan baku dengan impor
Mendapatkan bahan baku dengan impor | Sumber gambar: Freepik

Alasan utama mengapa Indonesia melakukan impor barang adalah untuk memperoleh bahan baku, barang, maupun jasa yang belum atau tidak bisa dibuat sendiri. Meski memiliki sumber daya alam yang melimpah, Indonesia tetap membutuhkan impor untuk memenuhi bahan baku yang tidak tersedia. 

Pasalnya, tanah pertanian dengan iklim tropis seperti Indonesia pastinya memiliki keterbatasan untuk menanam jenis tumbuhan. Berangkat dari situ, Indonesia perlu mendatangkan barang dari luar negeri yang memiliki iklim sesuai untuk memenuhi pasokan dalam negeri. 

Jadi, setelah mendapatkan bahan baku dari hasil impor, produsen dalam negeri akan mengolahnya menjadi suatu produk yang dapat dinikmati masyarakat. 

6. Meningkatkan Kualitas dan Keberagaman Produk

Memang bagus untuk bangga mengkonsumsi produk dalam negeri. Akan tetapi, mengapa Indonesia masih melakukan impor barang? Pasalnya, sebagai konsumen, kamu pasti pernah merasa bosan atau kurang puas dengan kualitas produk lokal. Hal itu bisa terjadi karena tidak adanya peningkatan variasi produk. 

Supaya kualitas dan keberagaman produk dalam pasar domestik bisa meningkat serta lebih variatif lagi, Indonesia perlu melakukan impor barang. Barang impor tersebut akan menjadi inovasi bagi produsen dalam negeri untuk meningkatkan kualitas produknya. 

Baca Juga: Jasa Pengiriman dari Thailand ke Indonesia

Sudah Paham Mengapa Indonesia Melakukan Impor Barang?

Jadi, 6 alasan mengapa Indonesia melakukan impor barang dari luar negeri, yakni mulai dari menjalin kerjasama antar negara hingga meningkatkan kualitas dan keberagaman produk. 

Selain itu, sulit bagi suatu negara untuk tidak terlibat dalam perdagangan internasional. Apalagi, ada banyak barang berkualitas dan bagus di luar negeri. Jika kamu tertarik mengimpor barang, maka bisa mengandalkan jasa import barang di Blueray Cargo

Blueray Cargo adalah jasa impor yang menghubungkan kamu dengan negara lain tanpa harus datang ke lokasi. Kamu bisa membeli berbagai produk dari China, Thailand, Hong Kong, dan Singapura tanpa batas. Jangan khawatir soal kredibilitas, karena kami sudah berpengalaman mengirimkan lebih dari dua juta transaksi. 

Proses pemesanan, pembayaran, dan pengiriman berlangsung dengan mudah dan efisien. Jika kamu adalah pedagang grosir di Indonesia dan ingin mendapatkan produk dari luar negeri tanpa ribet, maka Blueray Cargo adalah solusinya. 

Facebook
Twitter
LinkedIn