.

Cara Riset Barang yang Akan Trend di Indonesia

cara riset barang yang akan trend di Indonesia

Cara riset barang yang berpotensi akan trending atau viral di Indonesia cukup membutuhkan kesabaran dan beberapa tips tertentu. Oleh karena nya, riset barang menjadi kunci sukses bagi para pebisnis online terutama yang berjualan di marketplace seperti Shopee atau Tokopedia. Amazon, sebagai salah satu platform e-commerce terbesar di dunia, dapat menjadi sumber inspirasi yang tak terbatas. Pasalnya, produk – produk yang viral di Amazon akan viral juga di Indonesia.  Jika kamu satu langkah lebih maju dalam memanfaatkan trend ini, dijamin kamu akan meraup pundi pundi keuntungan yang lebih banyak dari produk viral yang kamu jual. 

Nah, dalam artikel ini kita akan membahas tentang cara riset barang yang berpotensi menjadi tren di Indonesia dengan memanfaatkan Amazon.

1. Riset Barang Yang Akan Trend dengan Seller App

Cara riset barang yang pertama yaitu dengan memanfaatkan Amazon Seller App sebagai alat utama untuk melakukan riset barang yang akan trend di Indonesia. Kamu perlu mengunduh dan memasang aplikasi ini di perangkat mobile kamu terlebih dahulu. Kemudian masuk dengan akun Amazon Seller kamu.

Dengan menggunakan fitur “Product Research” pada Seller App, kamu dapat menjelajahi berbagai kategori dan produk. Gunakan filter yang disediakan untuk menyaring produk berdasarkan kriteria tertentu, seperti kategori, harga, dan rating. Hal ini membantu kamu mempersempit pencarian sesuai dengan preferensi bisnis kamu.

Analisis data penjualan dan performa produk dapat dilakukan langsung melalui Seller App. Lihat seberapa baik suatu produk telah terjual, ulasan atau review dari konsumen, dan peringkat produk untuk menilai potensi trend. Pantau juga perubahan harga dan persediaan produk untuk memahami dinamika pasar.

Selain itu, amati komentar dan tanggapan pelanggan di Seller App untuk mendapatkan gambaran tambahan tentang keinginan dan harapan konsumen. Manfaatkan fitur “Potential Profit” untuk menghitung potensi keuntungan dari suatu produk dan mengevaluasi apakah produk tersebut sepadan dengan usaha dan modal yang kamu investasikan.

Kesimpulannya, Amazon Seller App merupakan salah satu tools yang dinamis. Oleh karena itu, teruslah belajar dan bereksperimen dengan berbagai strategi untuk memaksimalkan potensi bisnis kamu. Dengan memahami fitur-fitur aplikasi ini secara mendalam, kamu dapat mengidentifikasi peluang bisnis yang berpotensi mendapatkan keuntungan yang besar.

2. Riset Produk Trending Dengan Kickstarter

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan Kickstarter yang merupakan salah satu platform crowdfunding yang memainkan peran penting dalam mendukung proyek-proyek kreatif dan inovatif. Masyarakat dapat berkontribusi secara finansial untuk mendukung proyek-proyek ini, dan dalam balasannya, para pendukung biasanya menerima imbalan atau hadiah.

Pada platform ini, terdapat berbagai proyek yang mencakup beragam kategori seperti teknologi, seni, desain, dan mode. Melalui Kickstarter, pencipta, creator, atau founder dapat memperoleh dukungan finansial dari masyarakat untuk mewujudkan ide-ide mereka. Mekanisme ini memungkinkan mereka untuk menguji daya tarik produk atau ide bisnis mereka di pasar sebelum benar-benar meluncurkannya.

tampilan website kickstarter

Bagi kamu yang mencari barang yang akan trend atau ide bisnis yang inovatif, Kickstarter menjadi sumber inspirasi yang bagus. Melalui penelusuran proyek-proyek yang telah sukses, kamu dapat mengidentifikasi tren dan kebutuhan pasar yang relevan. Ini menjadi peluang yang bagus untuk mendapatkan ide-ide dari proyek tersebut dan di implementasikan di pasar lokal atau menyempurnakannya sesuai kebutuhan pasar.

Selain itu, bacalah deskripsi proyek yang ada di kickstart dengan cermat. Pelajari bagaimana pencipta produk menjelaskan manfaat, fitur unik, dan nilai tambah dari produk mereka. Ulasan dan komentar dari pendukung juga dapat memberikan wawasan tentang respons pasar terhadap produk tersebut.

Sebagai bagian dari riset kamu, perhatikan kategori produk yang paling populer di Kickstarter. Pilih kategori yang sesuai dengan minat atau pengetahuan kamu, dan analisis produk-produk yang paling sukses di dalamnya. Tinjau tren tertentu seperti teknologi baru, produk ramah lingkungan, atau inovasi gaya hidup.

Ketika kamu merasa telah mengumpulkan cukup informasi, pertimbangkan untuk merancang produk atau proyek kamu sendiri dengan mengambil inspirasi dari tren-tren yang kamu temukan. Pastikan untuk menyesuaikan produk kamu dengan kebutuhan dan preferensi pasar.

Sudah Menemukan Produk Yang Berpotensi Akan Trending?

Setelah itu, jika kamu sudah mengetahui produk apa yang sekiranya akan trending, kamu bisa langsung mencoba mengimpor barangnya lewat aplikasi Alibaba. Di Alibaba biasanya akan ada banyak supplier yang memproduksi barang barang tersebut dengan harga yang terjangkau dan bervariatif. Pastikan kamu sudah paham bagaimana cara import barang dari china sehingga ketika kamu sudah menemukan barang yang viral kamu bisa langsung mengimpor nya menggunakan jalur udara. Karena barang yang trending akan berlangsung dalam 2 minggu an. Jalur udara  merupakan pilihan yang tepat karena masa pengirimannya hanya memerlukan  7 sampai 10 hari saja. 

Facebook
Twitter
LinkedIn