.

Mengenal Kelebihan dan Alasan Pentingnya Privat Label

Privat label adalah strategi bisnis yang cukup populer dan dapat kamu pertimbangkan untuk mulai memiliki label sendiri. Tentunya, ada berbagai aspek penting yang membuat usaha dengan strategi ini bisa berkembang secara luas dan semakin diminati.

Mari mengenal pentingnya privat label, lalu ketahui juga berbagai kelebihan yang patut kamu pertimbangkan. Simak penjelasan sampai tuntas dan ketahui bahwa barang impor dari China dapat menjadi alternatif tepat untuk privat label.

Mengenal tentang Privat Label

Privat label adalah produk yang dijual atau dipasarkan oleh suatu perusahaan atau toko, namun tidak memakai merek pabrikan.

Jadi, perusahaan atau toko tersebut akan mengontrak pabrik tertentu untuk nantinya memproduksi produk untuk label mereka. Hal ini sudah cukup umum dilakukan untuk berbagai bidang usaha, misalnya untuk merek toko, makanan cepat saji, produk kebutuhan rumah tangga, bidang keuangan, hingga game.

Dalam dunia industri global, strategi ini dapat menjadi pilihan untuk perusahaan yang hendak meningkatkan target pasar dan margin keuntungan. Mereka bisa mendapatkan keuntungan dari produk yang berkualitas dan unik, namun dengan harga yang lebih murah dibanding memproduksinya sendiri.

Pentingnya Privat Label

Memiliki bisnis dengan produk privat label adalah sebuah langkah yang penting karena berbagai aspek di bawah ini.

  • Biaya

Dalam berbagai bidang bisnis, privat label sangat diminati karena kamu bisa menghemat berbagai biaya dengan adanya kontrak bersama pihak ketiga untuk menangani pasokan produk.

Kamu  bisa mendapatkan harga produk yang lebih murah dibandingkan memproduksinya secara mandiri.

  • Kontrol Kualitas Produk

Privat label adalah produk yang dikelola oleh pihak ketiga dan umumnya mereka sudah memiliki pengalaman mumpuni untuk memproduksi produk tersebut. Dengan demikian, maka kontrol terhadap kualitas produk pun semakin terjamin.

  • Pertumbuhan Merek

Dengan adanya privat label, maka pertumbuhan merek dapat meningkat dengan optimal. Kamu bisa lebih mudah untuk mengelola produk yang dipasarkan. Dengan memilih pihak ketiga yang tepat, maka merek bisnismu juga dapat lebih dihormati dan diakui oleh berbagai pihak

  • Margin yang Tinggi

Dengan adanya privat label, maka perusahaan bisa mengatur harga jual dan biaya produksinya. Selanjutnya, mereka bisa menawarkan harga produk yang lebih kompetitif serta meningkatkatkan margin keuntungan.

Jadi, privat label adalah alternatif yang terbilang lebih mudah dibandingkan dengan berbagai merek nasional, regional, dan internasional.

  • Diferensiasi Produk

Diferensiasi produk dapat dicapai dengan adanya privat label yang dikelola dengan baik. Kamu bisa mengendalikan kualitas dan variasi produk yang dibuat oleh pihak ketiga, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

kelebihan private label

Kelebihan Privat Label

Dengan berbagai aspek penting di atas, maka memiliki privat label adalah alternatif yang menarik untuk bisnismu. Selanjutnya, kamu sebaiknya juga memahami berbagai kelebihan privat label di bawah ini.

  • Harga Lebih Murah

Adanya privat label membuat kamu bisa memproduksi berbagai barang dengan harga yang lebih murah. Hal ini juga berlaku untuk produk premium yang bisa kamu dapatkan dengan harga lebih rendah dibanding membuatnya sendiri dari nol.

Pada dasarnya, banyak konsumen yang menginginkan produk murah, sehingga produk privat label dapat menjadi pilihan mereka.

  • Menguatkan Ekuitas Merek

Perusahaan bisa mempunyai merek yang unik dan spesifik dengan adanya privat label. Adanya merek yang unik tersebut membuat lebih banyak konsumen mudah untuk mengingatnya. Ekuitas merek yang kuat dapat membuat perusahaan semakin berkembang.

  • Bisa Fokus pada Pemasarannya

Adanya privat label adalah cara supaya perusahaan tidak perlu pusing memikirkan tentang berbagai urusan produksi. Berbagai hal yang berkaitan dengan produksi akan ditangani oleh pihak ketiga. Misalnya, izin produksi, pemilihan dan penggunaan bahan baku, dan manajemen kualitas.

Jika ada keluhan dari konsumen pun pihak ketiga yang akan bertanggung jawab dan memperbaikinya.

Dengan strategi ini, maka perusahaan dapat fokus pada pemasaran produknya. Berbagai langkah pemasaran dapat lebih mudah dilakukan, baik secara konvensional maupun memanfaatkan berbagai teknologi terkini.

  • Produk Dapat Menyesuaikan Tren

Produk privat label dapat dibuat berdasarkan permintaan perusahaan. Maka dari itu, kamu dapat menyesuaikannya dengan tren pasar yang sedang populer saat ini.

Namun, perlu dipahami untuk bisnis tertentu, tren akan terus berubah. Jadi, perlu dipertimbangkan dengan baik tren apa yang perlu dipilih untuk mengembangkan produkmu.

Memanfaatkan Barang Impor China untuk Privat Label

Pada dasarnya, ketika akan berbisnis memang ada berbagai hal yang perlu kamu pikirkan. Pengetahuan tentang privat label di atas dapat menjadi informasi awal yang penting.

Untuk mendukung adanya private label ini, kamu bisa memanfaatkan barang impor yang berasal dari negara lain. Salah satu negara yang sangat terkenal dan dapat menjadi rekomendasi yakni China.

Sudah banyak para supplier barang dari China yang memproduksi barang untuk kepentingan privat label. Jadi, mereka akan memproduksi barang tertentu untuk pengusaha di Indonesia. Lalu, mereka akan melakukan packaging produk tersebut dengan desain logo dan merek dari pengusaha dalam negeri.

Kamu bisa menggunakan perusahaan jasa import door to door dari China untuk membantu kamu dalam mengurus pengiriman barangnya dari luar negeri ke Indonesia. 

Namun, tentunya ada berbagai aspek yang sebaiknya diperhatikan dalam memilih supplier, antara lain sebagai berikut:

  • Pilih supplier yang telah berpengalaman, supaya dapat meminimalisir kegagalan dalam produksi.
  • Pilih supplier dengan pabrik yang telah sesuai standar.
  • Perhatikan jaringan suppliernya, pilih yang memiliki jaringan terintegrasi dan luas.
  • Pilih yang mengutamakan produk berkualitas dan inovatif, lalu sebaiknya mempunyai kemampuan research scientific support serta research and development.
  • Lihat sertifikasi yang dimiliki, pastikan mereka dapat memproduksi barang dengan keamanan yang terjamin.
  • Pastikan supplier mematuhi berbagai peraturan yang berlaku.

Jadi, jika kamu tertarik untuk membangun atau mengembangkan bisnis, strategi private label bisa menjadi alternatif yang menguntungkan. Pastinya, jika kamu bisa memilih supplier yang tepat.

Memiliki privat label adalah langkah tepat untuk bisnis, dengan berbagai kelebihan yang telah dijelaskan sebelumnya. Apakah kini kamu tertarik untuk mulai memiliki privat label?

Facebook
Twitter
LinkedIn