Jenis Container untuk Kegiatan Logistik, Apa Saja Bedanya?

Jenis Container untuk Kegiatan Logistik, Apa Saja Bedanya?

Dalam dunia ekspor dan impor, satu hal yang memiliki peranan penting adalah container. Dengan alat inilah sebuah barang bisa berpindah dengan mudah dari satu tempat ke tempat lainnya. Pada penggunaannya juga ada banyak jenis container untuk kegiatan logistik ini.

Jenis Container untuk Kegiatan Logistik

Fungsi utama dari penggunaan container adalah untuk memudahkan proses pemindahan barang. Pada penggunaanya sendiri, jenis container ini terbagi 2, yang pertama berdasarkan ukuran dan yang kedua berdasarkan kegunaan.

1. Berdasarkan Ukuran

Selain memiliki standar dalam material pembuatannya, setiap container juga memiliki standar ukuran tertentu. Setidaknya, ada 3 jenis container yang dibedakan berdasarkan ukurannya, yaitu:

  • Container 20 ft: Ini merupakan container yang paling banyak digunakan saat ini. Secara dimensi, container ini memiliki ukuran panjang 20 ft lebar 8 ft dan tinggi 8,6 ft. Container ini mampu mengangkut berat sampai 22,1 ton.
  • Container 40 ft. Yang membedakan hanyalah ukuran panjangnya. Container tipe ini memiliki panjang 40 ft, sementara untuk lebar dan tinggi ukurannya sama. Berat bersih yang bisa diangkut adalah 27,396 ton.
  • Container 40 ft High Cube. Ukurannya mirip dengan container 40 ft, hanya saja lebih tinggi. Tinggi dari container jenis ini sendiri adalah 9,6 ft. Container ini mampu membawa berat sampai 29,6 ton.

Baca Juga : Belajar Cara Impor Barang yang Mudah Bagi Pemula

2. Berdasarkan Kegunaan

Selain dari segi ukuran jenis container untuk kegiatan logistik in juga dibedakan berdasarkan kegunaannya. Adapun jenis container tersebut antara lain:

  • Dry Container Standard: Ini merupakan jenis paling umum dan paling sering digunakan. Bentuknya menutup semua bagian dan bisa melindungi barang dari segala cuaca. Penggunaanya biasa untuk mengirim bahan kering.
  • High Cube: Dari segi penggunaan, jenis container untuk kegiatan logistik ini hampir sama dengan dry container standard. Hanya saja jenis ini memiliki ukuran yang lebih besar, sehingga biasanya penggunaanya untuk mengangkut barang dengan dimensi yang besar.
  • Flat Rack Container. Ini merupakan jenis container yang mana kedua sisinya bisa dilipat sampai rata. Biasanya, penggunaan jenis ini untuk pengiriman barang dengan ukuran yang sangat besar, seperti mesin, alat berat, bahan konstruksi bangunan, dan lainnya.
  • Open Top Container: Ciri khas dari jenis ini adalah bagian atasnya yang bisa terbuka. Fungsinya sendiri adalah agar mampu memuat barang yang tidak bisa masuk lewat pintu. Contohnya, barang besar yang diangkut menggunakan crane.
  • Open Side Storage. Bentuk dan penggunaanya mirip dry container standard. Hanya saja pada jenis ini maka pintu samping bisadibukan. Fungsinya adalah mempercepat proses bongkar muat.
  • Double Doors Container. Ini merupakan jenis container yang kedua sisi pintunya bisa terbuka. Container ini penggunaanya sering untuk membawa barang yang memiliki ukuran cukup panjang, seperti besi misalnya.
  • Refrigerated Container. Ini merupakan jenis container yang penggunaanya biasa untuk mengirim barang yang membutuhkan suhu tertentu untuk penyimpanannya. Biasanya digunakan untuk mengirim bahan makanan atau obat.
  • Tank Container. Ini merupakan jenis container yang penggunaanya biasa untuk membawa benda cair. Ciri khas utamanya adalah bentuknya yang tabung.

Menurut Anda, Mana yang Paling Efisien?

Tiap container tersebut sudah memiliki peruntukannya masing-masing. Selama penggunaanya tepat, maka efektifitasnya akan terjaga. Untuk Anda yang memiliki bisnis impor, terutama dari China, dan sedang mencari jasa kirim yang tepat maka Blueray Cargo merupakan solusinya.

Kami merupakan jasa importir barang dari China yang sudah sangat berpengalaman. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi kami melalui Kontak WA Blueray. Pastinya, kami menggunakan jenis container untuk kegiatan logistik yang sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Yuk, coba sekarang juga!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis