Belajar Cara Import Barang yang Mudah bagi Pemula!

Belajar Cara Import Barang yang Mudah bagi Pemula!

Barang impor memang menggiurkan. Barang impor dari China, misalnya, sebagian besar harganya murah. Meskipun harganya murah tetapi kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu, tidak mengejutkan apabila banyak sekali orang yang tertarik menjadi importir barang. Apakah kamu adalah salah satu di antara banyak orang yang tertarik berbisnis dengan menjadi importir barang dari China? Maka, kamu harus belajar cara import barang terlebih dahulu. Jika kamu ingin mengimpor barang dari China, maka pastinya kamu harus belajar import barang dari China. 

Bagaimana Cara Import Barang bagi Pemula?

Berikut hal yang bisa kamu terapkan untuk mengimpor barang dengan mudah dan aman :

1. Pahami Segala Hal Mengenai Import

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memahami makna import dan jenis-jenisnya. Kamu harus bisa memastikan perbedaan kegiatan import dan yang bukan sehingga kamu tidak salah saat melakukan transaksi. 

Kamu juga harus mengerti peraturan terkait import, harga barang, biaya pengiriman barang, pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai, biaya pengemasan barang, asuransi, jalur pengiriman (darat, laut, dan udara), izin, dan lain sebagainya. Mendatangkan barang dari luar negeri tidak boleh asal-asalan serta harus sesuai aturan yang berlaku.

2. Kumpulkan Informasi tentang Supplier Terpercaya

Setelah memahami segala hal tentang import, selanjutnya kamu harus mengumpulkan informasi tentang para supplier terpercaya. Gali informasi sebanyak mungkin, termasuk mempertimbangkan penilaian orang lain yang pernah bekerjasama dengan supplier. Tujuannya supaya kamu terhindar dari penipuan. Cara lain untuk menghindari risiko tersebut adalah dengan mengajukan asuransi kepada supplier. 

3. Belajar dari Buku, Artikel, Video, atau Audio

Ada banyak sekali sumber daya yang bisa kamu gunakan untuk mulai belajar import barang dari China. Kamu bisa mulai dari membaca banyak artikel atau buku. Apabila kamu tidak suka membaca, kamu bisa belajar dari video yang banyak tersedia di YouTube atau mendengarkan audio berupa podcast. Dengan cara itu, kamu bisa belajar kapan pun dan di mana pun. Jika masih merasa kurang, kamu bisa mencoba mengikuti seminar dan workshop. Tentunya kamu harus menyiapkan biaya karena beberapa penyelanggara mengharuskan peserta seminar dan workshop untuk membayar.

4. Beli dalam Jumlah Kecil Terlebih Dahulu

Untuk menghindari risiko bisnis sebaiknya kamu memulai dengan mengimport sedikit barang terlebih dahulu. Mendatangkan barang dari luar negeri dengan jumlah kecil biasanya hanya membutuhkan sedikit modal. Uang ratusan ribu biasanya sudah cukup untuk mendatangkan barang dari luar negeri. Kamu tidak harus membeli barang yang mahal. Beli saja barang yang murah sesuai modal karena kamu masih dalam tahap belajar.

5. Gunakan Jasa Forwarder

Jasa forwarder adalah jasa yang membantu mengimport barang dari luar negeri. Jika kamu tidak mau ribet mengurus persyaratan yang dibutuhkan untuk menjadi importir, maka forwarder bisa membantumu mulai dari bea cukai, pajak, pengemasan, hingga pengiriman. Namun, forwarder biasanya membutuhkan invoice, packing list, dan dokumen tambahan (untuk barang tertentu) yang harus kamu persiapkan. 

Sudah Paham Cara Import Barang? Yuk Mulai Jadi Importir!

Setelah belajar, maka tahap selanjutnya adalah menerapkan ilmu yang kamu pelajari dengan cara import barang!. Kamu sudah mencoba cara-cara di atas tetapi masih takut terkait risiko bisnisnya? Kamu bisa menggunakan jasa importir yang menawarkan banyak promo seperti jasa importir Blueray Cargo. Jangan khawatir bingung belajar import barang dari China karena Blueray Cargo siap membantumu ketika kamu menghubungi melalui Whatsapp. Semangat belajar, ya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis