.

6 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan Wajah dan Cara Menggunakannya

6 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan Wajah dan Cara Menggunakannya

Ketersediaan buah kelapa di Indonesia melimpah ruah, karena tanaman ini tumbuh subur di iklim tropis. Tak hanya dimanfaatkan untuk membuat santan, buah kelapa juga dapat diolah menjadi minyak yang sehat dan kaya manfaat. Lantas, sudahkah kamu tahu manfaat minyak kelapa untuk kecantikan wajah?

Yuk, ikuti pembahasan artikel di bawah ini supaya kamu mengetahui segudang manfaat minyak kelapa asli untuk kecantikan yang belum  banyak diketahui! Dengan mengetahui manfaat minyak kelapa yang dahsyat, kamu pun bisa menjadikannya sebagai ladang usaha dengan potensi untung tinggi loh.

6 Manfaat Minyak Kelapa Asli untuk Kecantikan

Di bawah ini merupakan enam manfaat minyak kelapa untuk wajah dan cara menggunakannya yang bisa jadi referensimu. 

1. Menjaga Kelembaban Kulit

Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan dalam Menjaga Kelembaban Kulit
Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan dalam Menjaga Kelembaban Kulit | Sumber Gambar: Freepik

Faktor utama yang menjadi fokus kecantikan adalah kesehatan kulit wajah dan kulit tubuh lainnya. Kamu akan terlihat lebih cantik, jika kondisi kulitmu lembab dan kenyal. Pasalnya, kulit lembab dan kenyal tidak mudah berkerut, sehingga selalu terlihat segar.

Kamu bisa menggunakan manfaat minyak kelapa asli untuk kecantikan demi memelihara kelembaban kulit wajah dan kulit tubuhmu. Asam linolenat yang terdapat pada minyak kelapa efektif menghidrasi kulit.

Rajin membalurkan minyak kelapa ke permukaan kulit wajah dan badan juga akan memperkuat skin barrier atau lapisan kulit paling atas. Nah, kamu yang memiliki masalah kulit kering, bisa menggunakan manfaat minyak kelapa untuk kecantikan kulitmu.

Baca Juga: Kelapa Thailand Lebih Enak dari Kelapa Indonesia? Ini Faktanya!

2. Mengurangi Kerutan Tanda Penuaan Dini

Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan Mengurangi Kerutan
Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan Mengurangi Kerutan | Sumber Gambar: Freepik

Paparan sinar matahari memang bagus untuk kesehatan tulang, karena mengandung vitamin D. Sayangnya, sinar matahari yang mengandung gelombang UV A dan UV B dapat memicu munculnya kerutan yang merupakan tanda penuaan dini. Kulit yang berkerut ini terjadi karena produksi kolagen kulit yang berkurang.

Maka dari itu, tingkatkan produksi kolagen kulitmu dengan konsisten mengoleskan minyak kelapa ke wajah dan kulit lainnya. Manfaat minyak kelapa untuk kecantikan yang dapat merangsang produksi kolagen ini berasal dari asam laurat yang terkandung di dalamnya.

Semakin banyak kulit memproduksi kolagen, maka akan semakin elastis dan segar pula kondisi kulitmu. Alhasil, kamu akan terlihat awet muda dengan kulit kenyal, elastis, dan bebas kerutan.

3. Pembersih Make Up

Kamu pasti menyukai produk kosmetik waterproof bukan? Pasalnya, tidak mudah luntur meskipun beraktifitas seharian. Meskipun membuatmu nyaman karena tidak perlu khawatir riasan luntur dan sering-sering touch up, tetapi make up waterproof susah dibersihkan.

Nah, manfaat minyak kelapa untuk kecantikan ini bisa kamu gunakan sebagai make up remover yang efektif dan aman untuk kulit. Tuangkan secukupnya minyak kelapa asli pada kapas, oleskan keseluruh wajah sambil memberikan tekanan halus. Make up pun akan mudah lepas dan terangkat, tanpa membuat kulit tergores atau iritas.

Apabila semua make up sudah terangkat, maka bersihkan minyak kelapa yang menempel di kulit wajah menggunakan sabun cuci muka. Bilas hingga wajah bersih dari busa menggunakan air.

4. Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang bisa menyerang remaja atau orang dewasa sekalipun. Bukan hanya keberadaannya saja yang menjengkelkan, tetapi juga bekas jerawat meninggalkan noda hitam. Manfaat minyak kelapa untuk kecantikan dapat digunakan untuk mengatasi jerawat, karena mengandung asam laurat.

Asam laurat tidak hanya dapat merangsang produksi kolagen, tetapi juga sebagai anti bakteri. Kandungan lainnya yang membuat minyak kelapa asli dapat mengatasi jerawat adalah asam kaprat yang berperan sebagai agen anti inflamasi dan anti bakteri.

Selain karena faktor hormonal, jerawat muncul karena bakteri yang masuk ke dalam pori-pori. Oleskan minyak kelapa asli pada wajah yang berjerawat untuk membunuh bakteri-bakteri tersebut dan meredakan peradangan.

5. Memudarkan Bintik Hitam

Paparan sinar matahari juga bisa menyebabkan munculkan bintik hitam, sehingga mengurangi keindahan penampilan. Kamu bisa menggunakan manfaat minyak kelapa untuk wajah dan cara menggunakannya untuk menghilangkan bintik hitam dengan mudah dan ekonomis.

Caranya, ambil dua atau tiga sendok minyak kelapa dan campurkan perasan air lemon. Aduk dan ratakan agar minyak kelapa dan air lemon menyatu. Oleskan campuran tersebut pada area wajah secara rutin. Maka, bintik hitam akan memudar secara berangsur-angsur dan kulit pun juga akan terlihat lebih cerah.

Pasalnya, ramuan tersebut kaya akan kandungan vitamin C dari lemon, sehingga efektif mencerahkan kulit. Sedangkan, minyak kelapa akan membuat kulit halus, lembut, dan bebas kerutan.

6. Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala

Manfaat minyak kelapa untuk kecantikan juga sering digunakan untuk merawat kesehatan kulit kepala dan rambut. Nah, kamu yang jengkel menghadapi ketombe, rambut kering, bercabang, dan bergelombang, bisa coba mengoleskan minyak kelapa.

Ketombe bisa berasa dari jamur dan sisa-sisa sel kulit mati. Nah, kandungan antioksidan, antibakteri, dan antiinflamasi pada minyak kelapa dapat meredakan ketombe. Selain itu, kemampuan minyak kelapa dalam menjaga kelembaban, juga bermanfaat untuk rambut kering, kusut, bercabang, dan mengembang.

Kerennya lagi, asam lemak pada minyak kelapa juga bisa mengatasi rambut rontok. Menggunakan minyak kelapa untuk perawatan rambut, ternyata memberikan banyak manfaat sekaligus.  Ketombe hilang dan rambutmu akan menjadi lebih halus sehat.

Baca Juga: 10+ Resep Es Kelapa Muda untuk Jualan Kekinian

Sudah Paham dengan Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan?

Mengingat banyaknya manfaat minyak kelapa untuk wajah dan cara menggunakannya sangat mudah, tidakkah kamu tertarik untuk membuka bisnis jualan minyak kelapa? 

Demi mendapatkan profit margin relatif tinggi, kamu bisa impor minyak kelapa siap jual dari Thailand. Pastikan pula kamu memilih layanan kargo profesional dan menawarkan harga terjangkau.

Blueray Cargo merupakan mitra terbaik para pengusaha ekspor impor, karena sudah berpengalaman selama 20 tahun. Impor barang dari Thailand, Singapura, dan China menjadi lebih cepat dan praktis, karena Blueray Cargo yang akan mengurus bea cukai.

Selain itu, Blueray Cargo akan mengirimkan barang pesanan ke alamat rumah, karena juga bekerja sama dengan kurir-kurir profesional. Yuk, segera wujudkan bisnis impianmu dan raup cuan bersama Blueray Cargo!

Facebook
Twitter
LinkedIn