.

15+ Ide THR untuk Pelanggan yang Murah dan Berkesan

15+ Ide THR untuk Pelanggan yang Murah dan Berkesan

Bulan Ramadan telah tiba, kini saatnya kamu menyiapkan hadiah Lebaran untuk para pelanggan setiamu. Tak hanya silaturahmi, hadiah juga bisa mempererat hubungan kamu dengan pelanggan, lo. Nggak usah bingung, karena artikel ini sudah menyiapkan banyak ide THR untuk pelanggan kamu.

Manfaatkan momen Lebaran untuk bersilaturahmi dan memberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi pada orang-orang yang berjasa dalam hidup, terutama bisnis kamu. Dari perhatian lebih yang kamu berikan, kamu bisa meningkatkan loyalitas pelanggan pada usaha kamu!

Ide THR untuk Pelanggan Setia yang Bermanfaat

Di momen apapun, memilih hadiah memang bukanlah perkara yang mudah. Salah satunya mencari hadiah untuk pelanggan. Tentu saja, kamu pun pasti berharap hadiah yang kamu berikan bisa bermanfaat bagi kebutuhan mereka. Yuk, simak dua puluh ide hadiah spesial yang bisa kamu berikan untuk pelanggan berikut ini!

1. Hampers

Hampers
Image Source: id.pinterest.com

Jika kamu cukup dekat dengan para pelangganmu dan mengetahui apa barang yang disukai atau wishlist mereka, berikan hampers berisi barang tersebut. Salah satu contohnya adalah set peralatan ngonten sederhana atau set peralatan memasak.

2. Parcel

Parcel
Image Source: Pexels.com

Apakah budget kamu sedikit? Mungkin kamu bisa mencoba ide THR untuk pelanggan ini dengan memberikan parcel berisi makanan dan minuman khas lebaran. Jangan lupa untuk membungkus parcel dengan cantik dan selipkan kartu ucapan yang kamu buat sendiri.

3. Program Loyalty

Program Loyalty
Image Source: Pexels.com

Berikan poin atau hadiah khusus pada pelanggan setia yang telah melakukan pembelian pada masa dan jumlah tertentu. Misalnya, mendapatkan 10 poin untuk setiap pembelanjaan dengan batas minimal pembelian Rp50.000,00 sampai H+30 Hari Raya Idul Fitri.

Baca Juga: 20 Ide Jualan Bulan Puasa Modal Kecil Terlaris

4. Event Khusus

Event Khusus
Image Source: Pexels.com

Undang pelanggan untuk menghadiri event yang kamu adakan khusus untuk mereka. Misalnya, event buka bersama atau gathering setelah Lebaran. Ide ini juga bisa membuat kamu makin dekat dengan pelanggan. 

5. Produk Gratis

Produk Gratis
Image Source: Pexels.com

Ide THR untuk pelanggan yang bisa kamu coba berikutnya adalah produk gratis dari bisnis kamu sendiri. Jangan biarkan mereka hanya membeli produkmu terus-menerus, tapi sesekali berikan mereka reward berupa produk gratis. Nah, pemberian produk gratis secara tiba-tiba akan menarik atensi lebih dari pelanggan dan calon pelanggan.

6. Paket Spesial

Paket Spesial
Image Source: id.pinterest.com

Kamu bisa memberikan hadiah lebaran berupa paket spesial, seperti bundle produk atau layanan dengan penawaran best deal. Pastinya hadiah ini bisa menguntungkan kamu maupun pelangganmu.

7. Gratis Ongkir

Gratis Ongkir
Image Source: Unsplash.com

Sudah jadi rahasia umum jika konsumen lebih banyak check out keranjang belanja saat ada promo gratong atau gratis ongkir. Apalagi bagi pelanggan yang berdomisili cukup jauh dari tempat bisnismu, layanan gratong ini bisa jadi subsidi pengiriman paket yang menghemat pengeluaran mereka. 

8. Voucher

Voucher
Image Source: id.pinterest.com

Menjelang lebaran sampai beberapa saat setelahnya selalu ada peningkatan jumlah orang yang berbelanja. Nah, kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk memberikan voucher belanja sebagai THR lebaran. Kamu boleh memberlakukan aturan pembelian dengan jumlah tertentu atau memberikan voucher secara cuma-cuma.

9. Diskon

Diskon
Image Source: Pexels.com

Selain voucher belanja, kamu juga bisa memberikan diskon pembelian. Diskon menjadi ide THR untuk pelanggan yang paling menarik bagi pelanggan, lo. Sebab, kebutuhan belanja di bulan Ramadan hingga lebaran pasti meningkat, begitu pula dengan harganya. 

Adanya diskon ini akan sangat membantu pelanggan-pelanggan kamu. Nantinya, penjualan pun meningkat!

10. Program Referral

Program Referral
Image Source: id.pinterest.com

Berikan insentif khusus bagi para pelanggan yang mereferensikan produkmu. Namun, pastikan kamu sudah memberikan informasi terkait hadiah apa yang akan diberikan, ya. Dengan begitu, pelanggan akan makin semangat menuangkan kreativitas mereka demi mendapatkan hadiah program ini.

11. Paket Data Internet atau Pulsa

Paket Data Internet atau Pulsa
Image Source: Unsplash.com

Kalau kamu nggak mau repot memikirkan hadiah, tapi ingin pemberianmu pasti berguna buat para pelanggan, coba berikan paket data internet atau pulsa saja! Hadiah ini pastinya sangat bermanfaat bagi semua orang dan tentunya ide berbagi yang praktis bagi kamu.

12. Pakaian

Pakaian
Image Source: Unsplash.com

Salah satu barang murah untuk THR lebaran yang nggak kelihatan murahan adalah pakaian. Di tengah persaingan industri fashion hari ini, positifnya kamu bisa membeli pakaian yang berkualitas dengan harga miring. Kamu pun bisa menyesuaikan model dan motifnya dengan tema lebaran atau ikon bisnis kamu. Pilih yang paling menarik, ya!

13. Konsultasi Gratis

Konsultasi Gratis
Image Source: Unsplash.com

Apakah bisnismu biasanya memasang tarif konsultasi? Jika demikian, kamu bisa menghadiahi pelanggan dengan konsultasi gratis di momen lebaran ini. Sesudah itu, mereka bisa mengalokasikan dana konsultasi mereka ke produk di bisnis kamu.

14. E-Money

E-Money
Image Source: Unsplash.com

Meskipun THR selalu berkaitan dengan uang cash, sebaiknya kamu mengubahnya menjadi cashless. Caranya dengan menghadiahi pelanggan menggunakan e-money dalam kartu. Ide THR untuk pelanggan ini bisa memperkuat branding bisnis kamu juga.

15. Pouch

Pouch
Image Source: Unsplash.com

Tidak sedikit yang lebih suka pouch atau tas kecil daripada tas yang besar. Selain lebih ringkas, tampilannya kadang lebih trendy. Nah, kamu bisa memberikan pouch sederhana sebagai bonus pembelian produk dari bisnis kamu untuk pelanggan dalam rangka perayaan Hari Idul Fitri.

16. Tote Bag

Tote Bag
Image Source: Unsplash.com

Tote bag juga bisa jadi ide THR untuk pelanggan yang terbilang murah. Selain serbaguna, biaya produksinya pun tidak terlalu mahal sehingga bisa kamu berikan dalam jumlah yang cukup banyak. Kamu bisa membuat desain premium sederhana ala bisnis kamu untuk membuat tampilan yang lebih ekslusif sebagai THR untuk pelanggan. 

17. Botol Minum

Botol Minum
Image Source: Unsplash.com

Barang murah untuk THR lebaran ini nggak kaleng-kaleng, loh. Hadiah yang tampaknya sepele ini ternyata sangat bermanfaat bagi pelanggan yang kemana-mana membawa botol minumnya sendiri. Jika kamu memberikan botol minum, maka pemberianmu tak akan sia-sia.

18. Mug atau Cangkir

Mug atau Cangkir
Image Source: Unsplash.com

Melansir dari Detik Health, otak manusia menyukai gambar dan warna. Oleh karena itu, buatkan desain mug atau cangkir yang unik dan menarik, tapi hindari kesan norak. Nah, kamu bisa memberikan mug atau cangkir ajaib yang bisa memunculkan gambar/tulisan saat suhunya berubah sebagai hadiah untuk pelanggan dalam rangka lebaran. 

19. Set Peralatan Makan

Set Peralatan Makan
Image Source: id.pinterest.com

Hari lebaran identik dengan momen makan bareng, entah itu makanan ringan hingga makanan berat. Set peralatan makan merupakan salah satu ide THR untuk pelanggan yang cukup digandrungi, apalagi jika produknya berbeda dari yang lain. 

Baca Juga: 10+ Dekorasi Lebaran di Rumah Simpel dan Mewah

20. Perlengkapan Ibadah Custom

Perlengkapan Ibadah Custom
Image Source: id.pinterest.com

Perayaan lebaran menyangkut rangkaian ibadah yang membutuhkan perlengkapan, seperti mukena, sarung, peci, dan sajadah. Kamu bisa memberikan pelanggan hadiah alat ibadah baru untuk pelanggan menjelang lebaran. Tentu saja, pilihan kualitas dan brand harus sesuai dengan budget kamu, ya.

Ide THR untuk Pelanggan Mana yang Ingin Kamu Pilih?

Dari daftar ide THR untuk pelanggan di atas, mana yang sekiranya bakalan cocok untuk pelanggan kamu? Ada begitu banyak pilihan barang murah untuk THR lebaran. Tetapi, memberikan THR pada pelanggan bukan soal harga saja, melainkan dampak yang akan kamu berikan pada pelanggan dan berpengaruh pada bisnis atau usaha yang kamu jalankan. 

Facebook
Twitter
LinkedIn