.

10+ Dekorasi Lebaran di Rumah Simpel dan Mewah

10+ Dekorasi Lebaran di Rumah Simpel dan Mewah

Mendekati hari raya Idul Fitri, banyak umat muslim yang mulai mendekorasi rumahnya untuk menyambut kedatangan lebaran. Kamu mungkin masuk salah satu orang yang semangat mencari dekorasi lebaran di rumah untuk mengekspresikan suka cita perayaan kemenangan setelah sebulan penuh puasa Ramadhan. 

Apalagi, saat lebaran Idul Fitri nanti, tradisi silaturahmi masih lestari, sehingga kemungkinan rumah kamu akan menerima kedatangan tamu. Baik itu sanak keluarga, teman, maupun tetangga. Jadi, mendekorasi rumah dengan hiasan-hiasan cantik akan menceriakan suasana. Yuk, simak ide dekorasinya berikut ini!

11 Contoh Dekorasi Lebaran di Rumah 

Menata rumah termasuk perkara yang gampang-gampang susah. Kamu perlu memikirkan benda-benda yang sekiranya cocok ditaruh menyesuaikan tema lebaran. Berikut beberapa saran dekorasi lebaran di rumah untuk menyambut hari raya Idul Fitri.

1. Hiasan Pintu

Hiasan Pintu
Hiasan Pintu | Sumber gambar: Pinterest

Eksterior rumah yang bisa kamu pasangi dekorasi adalah pintu. Pintu merupakan bagian pertama dari rumah sebelum melangkah masuk. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu menaruh hiasan pintu untuk menyambut kedatangan tamu yang silaturahmi ke rumah.

Cara menghias pintu rumah dengan dekorasi buatan tangan sendiri bisa memakai bahan bunga, kertas berwarna, kain, atau benda-benda lainnya yang bertema Idul Fitri. Selain itu, kamu bisa menulis Happy Ied atau Selamat Idul Fitri dengan font estetik di depan pintu rumah. 

Baca Juga: 20 Ide Jualan Bulan Puasa Modal Kecil Terlaris

2. Bantal Hias

Bantal Hias
Bantal Hias | Sumber gambar: Pinterest

Dekorasi rumah menjelang lebaran yang bisa kamu ikut sertakan adalah bantal hias. Meski kedengarannya sepele, menaruh bantal motif di sofa ruang tamu akan membuat nuansa jadi berbeda. Kamu bisa memilih sarung bantal bercorak lebaran. Misalnya ada gambar lentera, ketupat, atau lain sebagainya.  

3. Karangan Bunga

Dekorasi bunga
Dekorasi bunga | Sumber gambar: Freepik

Supaya rumah tampak meriah dari biasanya, kamu dapat menaruh karangan bunga hias sederhana di sudut-sudut rumah sebagai dekorasi lebaran di rumah. Kehadiran bunga hias yang cantik ini tentu akan membuat kumpul keluarga semakin berwarna. 

Jika bingung memilih jenis bunga yang cocok, bunga sedap malam mungkin bisa jadi pilihan, mengingat wanginya yang semerbak. 

4. Toples Kue Cantik

Toples kue
Toples kue | Sumber gambar: Freepik

Salah satu tradisi lebaran adalah menyediakan jajanan di atas meja sebagai hidangan ketika tamu berdatangan. Nah, kamu pasti membutuhkan toples untuk menampung semua jajanan itu. 

Daripada menaruh kue-kue lebaran di dalam toples biasa, alangkah baiknya jika kamu mendekorasi toples dengan pita atau benda lainnya. Selain itu, kamu bisa memilih variasi toples yang senada, agar kelihatan harmonis di meja sebagai dekorasi lebaran di rumah. 

5. Hiasan Ketupat

Anyaman ketupat
Anyaman ketupat | Sumber gambar: Pinterest

Dekorasi lebaran di rumah yang tidak boleh terlewat adalah ketupat. Ketupat sudah jadi ikon langganan ketika memasuki bulan ramadhan hingga Idul Fitri. 

Cara membuat hiasan ketupat bisa dengan memakai anyaman pita warna-warni, supaya lebih awet. Kemudian, kamu bisa menggantungnya di sekitar sudut-sudut rumah. 

6. Lentera Gantung

Lentera gantung
Lentera gantung | Sumber gambar: Pinterest

Ada banyak sekali lentera dekoratif yang bisa kamu pasang menyesuaikan tema lebaran. Misalnya seperti lentera bertema bintang atau bulan sabit yang dapat kamu taruh di ruang makan, ruang tamu, hingga balkon. 

Dekorasi rumah lebaran berupa lentera gantung ini bisa memberikan nuansa indah dan cerah, yang menerangi seisi rumah. Selain itu, lentera juga dapat menghidupkan malam yang gelap. 

7. Kaligrafi Arab

Kaligrafi arab
Kaligrafi arab | Sumber gambar: Pinterest

Supaya dinding tidak terlalu sepi dan monoton, kamu bisa menaruh beberapa pajangan kaligrafi arab sebagai dekorasi rumah lebaran. Contoh isi kaligrafi yang bisa kamu pajang, antara lain nama Allah SWT atau Nabi Muhammad SAW. 

Dengan adanya kaligrafi, nuansa ruangan akan jadi lebih hidup. Apalagi, jika kamu menyesuaikannya dengan tema perabotan, sehingga tambah lebih harmonis. 

8. Karpet Hias

Karpet hias
Karpet hias | Sumber gambar: Pinterest

Selama ini, orang-orang lebih banyak terpaku menghias dinding, pintu, atau perabotan lain yang nampak mata untuk dekorasi rumah menjelang lebaran. Padahal, lantai juga membutuhkan dekorasi, seperti karpet hias untuk mempercantik ruangan.  

Gunakan karpet hias yang memiliki motif rumit, seperti simpul-simpul halus untuk memberikan kesan nyaman dan tenang pada ruangan. 

9. Dekorasi Lebaran dengan Motif Maroko

Dekorasi ala Maroko
Dekorasi ala Maroko | Sumber gambar: Pinterest

Salah satu dekorasi rumah menjelang lebaran yang populer adalah motif Maroko. Kamu dapat memakai beberapa hiasan warna-warni yang menjadi ciri khas lebaran ala Maroko. 

Selain itu, kamu dapat memadukan perabotan di rumah dengan ornamen mencolok, seperti bantal hias, lampu warna-warni, dan miniatur yang menghasilkan kesan unik dan mewah. 

10. Lampu Hias 

Lampu hias
Lampu hias | Sumber gambar: Pinterest

Menghias eksterior maupun interior rumah dengan lampu warna-warni memang bukan hal yang baru lagi. Banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan lampu warna-warni untuk dililitkan di sekitar rumah. Kamu juga bisa melakukan hal serupa dengan memilih warna lampu yang seragam atau bervariasi. 

11. Dekorasi Ruang Makan

Dekorasi ruang makan
Dekorasi ruang makan | Sumber gambar: Pinterest

Selain ruang tamu, penting pula untuk menata dekorasi lebaran di rumah pada bagian ruang makan. Pasalnya, meja makan menjadi tempat keluarga untuk menyantap hidangan bersama, setelah sebulan penuh puasa. 

Kamu bisa menaruh perlengkapan makan yang terbaik, dengan motif menarik serta menambahkan beberapa hiasan seperti bunga atau lilin. 

Baca Juga: 25 Kalimat Promosi Kue Kering Lebaran yang Menarik

Sudah Dapat Inspirasi Dekorasi Lebaran di Rumah? 

Itulah contoh 11 dekorasi lebaran di rumah yang bisa kamu aplikasikan untuk menyambut hari raya yang semakin dekat, yakni mulai dari hiasan pintu hingga dekorasi ruang makan. 

Nah, jika ingin dekorasi rumah lebaran kamu anti mainstream, kamu bisa order dari luar negeri, seperti Thailand. Caranya, kamu dapat memakai jasa Blueray Cargo yang berperan sebagai jasa importir terpercaya luar negeri. 

Jadi, kamu cukup CO di marketplace luar negeri langgananmu, kemudian tuliskan alamat gudang Blueray Cargo, maka selanjutnya kami akan kirim dan urus segala hal administrasi pengiriman hingga barang sampai dengan selamat di tanganmu. Menariknya lagi,  barang belanjaan kamu juga akan tim kami cek, sebelum pengiriman ke alamat kamu. Jadi, lebih aman dan praktis.

Facebook
Twitter
LinkedIn