.

Kelapa Thailand Lebih Enak dari Kelapa Indonesia? Ini Faktanya!

Kelapa Thailand Lebih Enak dari Kelapa Indonesia? Ini Faktanya!

Kelapa Thailand atau kelapa Nam Hom punya cita rasa yang beda kalau kamu bandingkan dengan kelapa di Indonesia. Karena rasanya yang nikmat, nggak sedikit orang yang rela bayar lebih untuk beli kelapa Nam Hom. Tapi, kenapa rasanya bisa seenak itu? Simak penjelasan ini buat tahu jawabannya!

Mengenal Kelapa Thailand

Kelapa muda dari Thailand punya bentuk yang sangat khas. Pasalnya, buah ini dijual dalam kondisi sudah terkupas. Cara mengupasnya juga unik, karena hanya menyisakan bagian sabut yang lembut dan berbentuk segi lima.

Bentuknya yang unik ini menarik perhatian para pembeli. Apalagi setelah dicicipi, rasa air kelapanya sangat enak. Oleh karena itu, banyak orang yang lebih tertarik beli kelapa dari Thailand ini daripada kelapa lokal.

Jenis-Jenis Kelapa Muda Thailand

Jenis-jenis kelapa Thailand
Jenis-jenis kelapa Thailand | Sumber gambar: Good Design Award

Kalau kamu perhatikan di pasaran, ada 3 produk kelapa Thailand. Apa saja produknya? Yuk, simak penjelasan di bawah ini untuk tahu detail rasa dan perbedaannya!

1. Kfresh Baby Namhom Coconut

Air kelapa Nam Hom ini punya tampilan polos banget, cuma dibungkus plastik. Buat minumnya, kita harus sedikit mengeluarkan tenaga untuk membukanya dengan pisau, karena nggak ada alat buka sendiri. Meski agak repot, rasanya manis lembut, terasa seperti kelapa ijo. 

Karena produk ini adalah jenis kelapa pandan wangi Thailand, aromanya pun harum, campuran antara pandan dan kelapa. 

2. Choco Thumb Pure Coconut Water Namhom Coconut Tree

Coco Thumb ini jagoan di pasaran. Kemasannya juga paling praktis, karena sudah ada tusukan dan sedotan. Tapi rasa air kelapanya agak tawar, lebih mirip air kelapa biasa yang kita temui di Indonesia. Cocok buat kamu yang suka rasa simpel-simpel aja. Dari situsnya, katanya ini dibuat dari 100% kelapa organik.

3. K-Easy The Lucky Coconut

Nah yang terakhir, ini dia K-Easy. Kemasannya memang ga sepraktis Choco Tumb, kita harus nusuk sendiri pake tusuk yang disediakan. Tapi rasanya seimbang, tawar dengan sentuhan manis gurih. Aroma kelapa juga ada, meski nggak sekuat Kfresh Baby Namhom. Cocok buat yang suka yang standar, tapi tetap asyik. 

Baca Juga: Top 10 Makanan Khas Thailand yang Cocok Buat Oleh-Oleh

Kenapa Rasa Kelapa Muda Thailand Lebih Enak?

Perkebunan kelapa di Thailand
Perkebunan kelapa di Thailand | Sumber gambar: Triple Pundit

Penasaran nggak sih, kenapa buah kelapa muda dari Thailand terasa lebih enak dari kelapa muda lokal? Ternyata rasa ini terpengaruh dari seluruh proses penanaman dan pengolahannya. Yuk, simak gimana prosesnya!

1. Tumbuh di Tanah Subur

Kelapa Nam Hom, asalnya dari provinsi Ratchaburi, Thailand. Tanah di sana sangat subur. Faktanya, kualitas kelapa sangat terpengaruh oleh jenis bibit dan kondisi tanah tempatnya tumbuhnya. 

Tanah di Ratchaburi kaya mineral, berwarna gelap, dengan pasokan air yang melimpah, dan mendapat cahaya matahari sepanjang tahun. Hasilnya adalah kelapa dengan rasa yang sangat manis.

2. Proses Produksi Efisien

Kelapa Thailand punya daging tipis dan air yang manis. Demi meningkatkan efisiensi produksi, air kelapa sering diolah menjadi sirup atau konsentrat. Fokus utama pada proses pemanasan bertujuan untuk meningkatkan daya tahan produk dan menjaga kebersihannya.

Nah, ini beda banget dengan kelapa di Indonesia atau Philipina yang justru fokus pada buah-buahan tua. Itulah kenapa rasa kelapa Nam Hom jauh lebih enak.

3. Dipetik di Saat Optimal

Keunikan terakhir dari kelapa Nam Hom adalah waktu petiknya. Petani kelapa memetiknya pada usia 28-32 hari. Di usia ini, kelapa sedang enak-enaknya, begitu juga dengan kandungan nutrisinya.

Kandungan gula, garam, dan 95% airnya cocok untuk menghidrasi dan memberikan manfaat kesehatan. Meskipun umur simpannya pendek, kelebihan nutrisinya menjadi nilai tambah.

Manfaat Konsumsi Kelapa Thailand

Orang sedang minum kelapa muda
Orang sedang minum kelapa muda | Sumber gambar: Freepik

Nggak cuma punya rasa yang enak, faktanya kelapa dari Thailand juga memberikan banyak manfaat untuk orang yang mengonsumsinya. Penasaran ada manfaat apa aja di balik buah lezat ini? Yuk, simak!

1. Meningkatkan Energi

Minum energy drink memang bikin kamu bugar, tapi jangan lupa kalau minuman itu punya gula dan natrium yang tinggi banget. Kalau kamu pengen tetap berenergi tanpa minum energy drink, air kelapa bisa jadi solusinya.

Di dalam air kelapa ada banyak kandungan gizi, antara lain klorida, kalium, dan potassium. Seluruh kandungan tersebut bisa banget charging badan kamu, sehingga bisa langsung beraktivitas kembali. Bye-bye energy drink!

2. Sumber Hidrasi

Kedua, kelapa Nam Hom jadi pilihan terbaik buat hidrasi tubuh. Keseimbangan elektrolitnya mirip dengan darah manusia, bikin hidrasi tubuh kita benar-benar terjaga. Jangan ragu, minum air kelapa setelah olahraga buat jaga badan biar tetap fresh dan bugar.

3. Mengatasi Masalah Kulit

Kelapa Thailand bukan cuma lezat, tapi juga bagus buat kesehatan kulit! Kandungan sitokininnya bantu atasi masalah kulit serta bantu mengurangi penuaan sel-sel kulit. Air kelapa Nam Hom punya kemampuan untuk atur pH kulit. Jadi, kulit tetap lembut dan terhidrasi. Bye-bye masalah kulit, halo kulit sehat!

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Tekanan darah kamu tinggi? Tenang, kelapa Thailand bisa jadi solusi yang keren untuk masalah tersebut. Konsentrasi kalium di buah ini bisa dibilang tinggi, jadi efektif mengatur tekanan darah. 

Kelapa juga jadi sahabat kesehatan jantung, bikin kolesterol baik meningkat, dan jaga jantung tetap sehat. Minum kelapa, jaga jantung, hidup lebih berwarna! 

Baca Juga: Blueray Cargo: Jasa Cargo dari Bangkok ke Indonesia Andalan

Impor Kelapa Thailand dengan Lebih Mudah bersama Blueray Cargo! 

Pengiriman kelapa muda dengan cargo
Pengiriman kelapa muda dengan cargo | Sumber gambar: Organic Produce Network

Kangen sensasi kelapa Nam Hom yang lembut dan segar? Gak perlu repot! Blueray Cargo, jasa importir terbaik, akan bantu kamu impor kelapa muda premium dari Thailand, langsung dari kebun pohon kelapa terbaik dengan konsultasi terlebih dahulu bersama Sales kami! Selain itu, kamu juga bisa impor produk olahan kelapa dari Thailand. Dijamin enak banget, deh! 

Blueray Cargo juga memastikan pengiriman cepat, aman, dan tanpa ribet, biar kamu bisa santap kelapa muda Thailand dengan nyaman. Pasalnya, kami memiliki gudang sendiri di Thailand yang akan bantu pengiriman hingga ke depan rumahmu. 

Persyaratan pengiriman pun cukup dengan KTP dan NPWP (jika ada). Kemudian, kami juga menawarkan program garansi penggantian hingga 100% (syarat dan ketentuan berlaku).

Facebook
Twitter
LinkedIn