.

Top 10 Makanan Khas Thailand yang Cocok Buat Oleh-Oleh

Top 10 Makanan Khas Thailand yang Cocok Buat Oleh-Oleh

Kamu bisa melakukan berbagai macam aktivitas saat liburan di Thailand. Salah satunya adalah wisata kuliner. Banyak makanan khas Thailand yang populer, seperti tom yum, pad thai, dan lain sebagainya. Nah, buat kamu yang ingin membagikan cita rasa khas Negeri Gajah Putih ini, maka bisa pulang sambil bawa oleh-oleh!

Sayangnya, tak semua jenis makanan bisa dibawa pulang, terutama makanan basah. Namun, jangan berkecil hati, karena masih banyak makanan ringan lainnya di Thailand yang tahan lama dan cocok untuk oleh-oleh keluarga di rumah. Kalau kamu baru pertama kali pergi ke Thailand, buruan cek rekomendasi oleh-olehnya berikut!

Baca Juga: 10 Wisata Kuliner di Bangkok Thailand Andalan Para Wisatawan

Rekomendasi 10 Makanan Khas Thailand 

Buah tangan memang bukan hal wajib yang harus kamu beli ketika liburan. Tapi, tidak ada salahnya membawa satu atau dua item saat liburan, supaya yang lain ikut merasakan. Biar nggak bingung pas berburu makanan di sana, ini dia rekomendasi 10 makanan khas Thailand yang bisa kamu coba. 

1. Pad Thai Instan

Pad Thai Instant
Pad Thai Instant | Sumber gambar: Titan Groceries

Pad Thai sedikit mirip dengan kwetiau. Bahan dasar pad thai adalah mie yang terbuat dari beras, lalu dibumbui dengan bawang putih, saus ikan, cabai, dan bumbu lainnya. Kemudian, topping yang biasa tersemat pada makanan ini adalah udang, tauge, hingga sawi. 

Olahan ini sering ditemui dalam jajaran street food. Sekarang, kamu bisa membawa pulang pad thai dalam kemasan instan. Pasalnya, jarang supermarket Indonesia yang menjual produk pad thai. Maka dari itu, kamu bisa mengingat cita rasa khas Thailand dengan membeli produk instannya!

2. Mie Instant MAMA

Mie Instant MAMA
Mie Instant MAMA | Sumber gambar: ThaibyNature

Jika Indomie adalah mie instant terkenal di Indonesia, maka Thailand juga punya merek mie terkenal bernama MAMA. Merek MAMA memproduksi mie dengan berbagai macam rasa. Varian yang paling populer adalah tom yum. 

Rasa tom yum sendiri cenderung asam, tetapi menyegarkan. Cocok sekali ketika cuaca sedang mendung. Meski di Indonesia sudah ada mie rasa tom yum, belum tentu rasanya se-otentik seperti MAMA milik Thailand. Jadi, jangan lupa mampir ke supermarket Thailand untuk beli produk ini, ya!

3. Mango Cake

Mango Cake
Mango Cake | Sumber gambar: www.carousell.sg

Salah satu pilihan oleh oleh makanan khas Thailand yang cocok untuk hadiah teman dan keluarga adalah mango cake. Pasalnya, makanan ini dibungkus dengan kardus yang memiliki desain elegan, sehingga pantas untuk buah tangan. 

Dari segi rasa, mango cake adalah kue mangga yang manis dan memiliki tekstur lembut. Seleramu akan langsung tergugah begitu mencium aroma mangga saat membuka kemasannya. Harga satu kotak mango cake bisa kamu dapatkan di kisaran 179 bath atau sekitar Rp80.000,00. 

4. Bento Squid

Bento Squid
Bento Squid | Sumber gambar: ThaibyNature

Bento squid adalah makanan ringan berupa cumi kering yang memiliki bermacam-macam bumbu. Ada varian bumbu pedas, pedas manis, hingga asam yang bisa kamu sesuaikan dengan selera. 

Makanan ringan ini sangat cocok kamu bawa sebagai oleh-oleh ketika kapasitas koper sudah cukup penuh. Pasalnya, bento squid memiliki kemasan yang tipis dan bobotnya ringan. Jadi, tak akan memakan banyak tempat. 

5. Keripik Durian Thailand

Keripik Durian Thailand
Keripik Durian Thailand | Sumber gambar: Keluyuran.com

Makanan khas Thailand berikutnya yang bisa kamu jadikan sebagai camilan ringan saat bersantai adalah keripik durian. Buah durian sejak dulu memang terkenal karena aromanya yang kuat, bertekstur lembut, dan lezat. Jika kamu sering menemukan buah durian di pasaran lokal, maka Thailand mengubah buah ini menjadi olahan keripik.

Keripik durian buatan Thailand memiliki cita rasa yang unik dan baunya harum. Selain itu, durian di sana termasuk yang terbaik di wilayah Asia. Maka dari itu, banyak wisatawan yang berminat membawa pulang oleh-oleh keripik durian.

6. Kacang Koh Kae

Kacang Koh Kae
Kacang Koh Kae | Sumber gambar: Kkonline

Koh Kae termasuk camilan kacang khas Thailand yang sudah ada sejak tahun 1964. Kemasannya yang berbentuk kaleng tabung, dengan desain warna-warni sesuai varian rasa, membuat merek kacang ini layak untuk oleh-oleh kantor. 

Selain itu, kacang Koh Kae memiliki rasa yang unik. Pernahkah kamu membayangkan kacang rasa kopi atau wasabi pedas? Jika belum pernah, maka Koh Kae akan menunjukkan bagaimana realita rasanya. 

7. Kalamae

Kalamae
Kalamae | Sumber gambar: Traveloka

Oleh oleh makanan khas Thailand yang bentuknya mirip seperti dodol adalah kalamae. Kalamae termasuk jenis makanan ringan yang memiliki tekstur lengket dengan cita rasa manis. Lidah orang Indonesia akan cocok dengan kudapan yang terbuat dari campuran tepung ketan, gula, dan santan ini. 

Kalamae dibungkus dengan wadah plastik bening. Tapi, sebelum itu, kudapan ini mendapat tambahan berupa topping biji wijen. Bentuknya yang kecil-kecil, sangat pas kamu bawa sebagai buah tangan dalam jumlah banyak. 

8. Thai Tea

Thai Tea Instant
Thai Tea Instant | Sumber gambar: eBay

Thailand merupakan negara asal-usul minuman thai tea. Di sana, thai tea lebih akrab disebut “cha yen” yang berarti teh dingin. Jika sebelumnya kamu hanya bisa mencicipi racikan teh susu orang Indonesia, kini kamu berkesempatan merasakan cita rasa aslinya di Thailand. 

Meski hanya berupa campuran teh dan susu, olahan ini berhasil populer dan menjadi menu favorit banyak orang. Bagi kamu penyuka teh susu, wajib membawa pulang produk thai tea asli Thailand. 

9. Thailand Dessert Set

Thailand Dessert Set
Thailand Dessert Set | Sumber gambar: Keluyuran.com

Rekomendasi makanan khas Thailand yang terjangkau dan enak adalah dessert set. Seperti namanya, dessert set ini adalah paket hidangan penutup yang terdiri dari berbagai jenis olahan. Sajiannya mirip seperti kolak. Sementara varian rasa yang tersedia, antara lain kacang hitam hingga ubi. 

Kamu bisa mendapatkan Thailand dessert set dengan harga 45 Baht atau sekitar Rp21.000,00 per box. Produk ini worth it to buy, selain karena harganya terjangkau, tetapi juga tersedia versi kuah santan atau jahe yang bisa kamu pilih sesuai selera. 

10. Beras Melati Thailand

Beras Melati Thailand
Beras Melati Thailand | Sumber gambar: Keluyuran.com

Thailand merupakan negara yang mendapatkan julukan Lumbung Padi Asia Tenggara. Julukan tersebut bukan tanpa alasan, karena negara ini termasuk penghasil beras terbesar di kawasan Asia. 

Jangan berprasangka buruk karena membawa oleh-oleh beras, yang mana produk tersebut juga ada di Indonesia. Pasalnya, beras melati Thailand memiliki cita rasa yang berbeda, dengan tekstur lebih lengket. Selain itu, beras melati mengandung banyak vitamin dan gizi yang baik untuk tubuh. 

Baca Juga: 15 Produk Thailand yang Mendunia Paling Best Seller

Sudah Tahu Oleh-Oleh Makanan Khas Thailand?

10 makanan khas Thailand yang bisa kamu jadikan oleh-oleh selepas pulang liburan, yakni mulai dari Pad Thai Instan hingga Beras Melati Thailand. Namun, jika kamu ingin ikut merasakan makanan-makanan tersebut tanpa harus terbang ke Thailand, maka solusinya adalah memakai jasa impor barang dari Blueray Cargo

Jasa ini mampu melayani pembelian produk dari China, Singapura, hingga Thailand. Jadi, kamu tak perlu repot-repot lagi membeli oleh-oleh di luar negeri. Cukup percayakan pada jasa kami yang menawarkan proses pengiriman barang dari luar negeri sampai ke rumah kamu dengan kurir profesional. 

Selain itu, Blueray Cargo telah melayani banyak klien, seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan masih banyak lainnya. Proses pembayaran juga berlangsung dengan aman dan cepat, yakni saat barang kamu terima. 

Cara menggunakan layanan kami pun cukup mudah, yakni kamu cukup CO dari marketplace dengan memasukkan alamat gudang Blueray Cargo di Thailand, lalu mengisi form permintaan pengiriman, serta membuat marking ke tim Marketing kami. Mudah bukan?

Facebook
Twitter
LinkedIn