Cara Import Barang dari Luar Negeri dengan Mudah

Cara Import Barang dari Luar Negeri dengan Mudah

Cara import barang dari luar negeri sangat penting untuk diketahui. Terlebih jika kamu ingin melakukan impor barang yang berasal dari luar negeri. 

Dengan mengetahui bagaimana prosedur impor yang baik dan benar, maka proses impor pun akan berjalan dengan lancar. 

Sebelum kamu mengetahui bagaimana cara import barang yang benar dari luar negeri, maka simak dulu penjelasan mengenai apa itu import barang. 

Apa Itu Import Barang?

Istilah impor sendiri merupakan istilah yang sudah sering kamu dengar tentunya dalam dunia perdagangan. Impor juga merupakan suatu kegiatan memasukkan barang dari luar negeri ke dalam negeri. 

Sebenarnya, kegiatan ini tidak hanya berpatokan pada barang saja, melainkan juga jasa. Barang yang akan diimpor ini tentunya harus melalui berbagai prosedur. 

Mulai dari harus memiliki berbagai surat, perizinan, hingga kewajiban untuk membayar pajak. Barang yang masuk ke luar negeri pun tidak bisa sembarangan. Hal ini karena adanya prosedur yang harus dilakukan sesuai dengan hukum indonesia. 

Pajak tersebut akan dipungut oleh badan resmi yang bernama Dirjen Bea Cukai. Tugas dari Bea Cukai ini adalah memungut pajak dari semua kegiatan impor. Tujuannya adalah agar barang yang masuk ke indonesia sesuai dengan ketentuan yang ada. 

Lantas, bagaimana cara import barang dari luar negeri? Nah, untuk memahami hal tersebut, silahkan kamu simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Cara Import Barang dari Luar Negeri

Berikut ini ada beberapa cara import barang yang berasal dari luar negeri yang bisa kamu pelajari. 

1. Tentukan Harga dan Sistem Perdagangan

Sebelum melakukan import, sebaiknya kamu menentukan harga dan sistem perdagangan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan memilih sistem terbaik untuk kemudian kamu komunikasikan pada supplier barang. 

2. Tentukan Cara dan Biaya Pengiriman

Selain menentukan harga dan sistem perdagangan, kamu juga harus bisa menentukan cara dan biaya pengirimannya. Sesuaikan antara biaya yang harus kamu keluarkan dan biaya tambahan lainnya. 

Silahkan kamu pilih cara termudah yang tentunya bisa memberikanmu keuntungan. Atur juga kapan barang akan kamu kirimkan. 

3. Pilih Freight Forwarder

Freight forwarder merupakan jasa pengiriman yang akan membantu kamu dalam mengirimkan barang. Sebaiknya, pilihlah freight forwarder yang memang terpercaya dan sudah profesional dalam bidangnya. 

4. Asuransikan Barang

Cara jadi importir barang dari China selanjutnya adalah dengan mengasuransikan barang. Hal ini perlu kamu lakukan untuk berjaga-jaga jika ada kendala ketika proses pengiriman berlangsung. 

Perlu kamu ketahui, bahwa barang yang sudah kamu asuransikan bisa diklaim asuransinya. Namun dengan catatan apabila memang telah terjadi kerusakan. Tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi kamu, terlebih agar barang tetap aman. 

5. Pahami Peraturan Bea dan Cukai

Peraturan dari bea dan cukai mencakup tentang bagaimana cara barang bisa masuk ke Indonesia. Selain itu, peraturan bea dan cukai juga mengatur tentang besaran pajak yang perlu untuk kamu bayarkan. 

Ketika kamu akan melakukan cara import barang dari luar negeri, maka kamu perlu untuk memahami hal tersebut. 

Setelah itu, lakukan sesuai dengan prosedur. Untuk pembayarannya bisa kamu lakukan dengan berbagai metode. 

6. Lengkapi Dokumen

Ada beberapa dokumen penting yang perlu kamu lampirkan ketika akan melakukan impor barang. Mulai dari commercial invoice, bill of lading, packing list, hingga  certificate of origin. 

Pastikan juga bahwa semua dokumen yang kamu lampirkan tersebut sudah sesuai dengan ketentuan yang ada. 

7. Mengurus Perizinan Impor

Selain melampirkan dokumen, ada juga perizinan lain yang perlu untuk kamu lengkapi. Kamu bisa mengetahuinya dengan membaca berbagai peraturan yang ada pada bea dan cukai. 

Perizinan ini tentunya akan sangat penting untuk kamu lengkapi. Tujuannya adalah agar barang kamu bisa dan mendapatkan izin untuk masuk ke Indonesia. 

Selain itu, cara import barang dari luar negeri lainnya adalah dengan membayarkan bea masuk, mengeluarkan barang, dan menerima barang serta mengasuransikannya. 

Mudah Bukan Cara Import Barang dari Luar Negeri Itu?

Nah, bagi kamu yang ingin melakukan impor barang ke China, maka bisa menggunakan jasa importir barang China Blueray Cargo. Kamu bisa menghubungi pihak jasa kami melalui kontak Blueray Cargo. Tentunya, kamu bebas melakukan konsultasi dan kami siap bekerjasama untuk mendorong kesuksesan bisnis Anda. Yuk, coba sekarang juga!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis