.

Metode Pengiriman dari China Ke Indonesia, Cara dan Tipsnya

Pengiriman barang lintas negara menjadi suatu hal yang sangat lumrah di zaman sekarang. Perkembangan teknologi informasi juga membuat orang membutuhkan barang dari luar negeri. Salah satu negara yang banyak mengirimkan barang ke Indonesia adalah China. Mari cari tahu metode pengiriman dari China ke Indonesia!

KEY TAKEAWAYS

-Pengiriman barang lintas negara banyak dilakukan karena permintaan pasar untuk barang impor semakin meningkat.
-Pengiriman barang dari China ke Indonesia bisa melalui beberapa cara, seperti melalui darat, jalur pribadi, jalur wisata, jastip dan sebagainya.
-Setiap metode pengiriman barang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, bergantung dengan lama waktu dan biaya pengiriman.
-Negara China merupakan negara yang banyak mengimpor barang ke Indonesia karena banyak tersedia barang murah serta inovatif.

5 Metode Pengiriman Barang dari China ke Indonesia

Mengirimkan barang dari China ke Indonesia bisa dilakukan 2 cara. Berikut ini adalah beberapa pilihan cara pengiriman barang dari China ke Indonesia:

1. Skema Forwarder

Metode pertama adalah skema forwarder. Forwarder sendiri adalah jasa pengiriman borongan dari luar negeri ke Indonesia. Ketika menggunakan jasa ini, kamu tidak perlu memikirkan tentang dokumen perizinan, pembayaran bea cukai, dan lain sebagainya. Karena semuanya akan pihak forwarder urus.

2. Langsung

Metode pengiriman dari China ke Indonesia kedua ialah langsung. Jadi, pihak penjual di China akan mengirim barang langsung ke pembeli yang ada di Indonesia. Umumnya, pengiriman ini akan menggunakan EMS, Aramex, Fedex, dan berbagai jasa lainnya. Beban perizinan dan pembayaran akan ditanggung pembeli.

4 Jalur Pengiriman dari China ke Indonesia

Selain metode pengiriman, berikut adalah jalur pengiriman yang bisa mengantarkan barang dari China ke tanah air:

1. Jalur Pribadi

Cara pengiriman barang dari China ke Indonesia yang cukup mudah dan sangat praktis adalah menggunakan jalur pribadi. Jika menginginkan suatu barang, kamu dapat menghubungi pemilik toko secara langsung. Ini sangat mudah karena kemajuan telekomunikasi sudah meningkat. 

Setelah menghubungi pemilik toko, kamu dapat berdiskusi untuk membuat kesepakatan pembelian barang. Ketika sudah sepakat, kamu dapat meminta tolong untuk mengirimkan sesuai dengan alamat. 

Akan jauh lebih mudah jika ada rekan yang sedang berada di China dan bisa kamu titipkan. Cara ini merupakan cara yang paling rendah risiko kerusakannya atau risiko terhambat karena dokumen.

Sebenarnya cara ini mirip dengan layanan jastip atau jasa titip. Biasanya, orang yang membuka layanan jastip adalah orang yang sedang bekerja atau bersekolah di China dan ada keinginan untuk pulang atau berlibur ke Indonesia.

Sayangnya, seringkali banyak yang mengalami penipuan karena jasa titip ini. Terlebih lagi, sistem jasa titip kebanyakan adalah pihak pembeli membayarkan sejumlah uang dulu kepada penyedia jasa. Meski begitu, layanan jasa ini cukup inovatif dan membantu banyak orang.

2. Jalur Pariwisata

Jalur wisata juga bisa menjadi metode pengiriman barang dari China ke Indonesia. Ini karena kamu dapat menggunakan izin wisata untuk membeli dan mengirimkan barang. Kamu dapat bekerja sama dengan agen travel atau perjalanan untuk mengatur rencana kunjungan ke China. 

Sesampainya di sana, kamu bisa membeli barang yang diinginkan dan membawanya pulang. Keuntungan metode ini adalah kamu bisa terbebas dari segala persyaratan dokumentasi pengiriman barang. Namun, karena menggunakan izin wisata, maka barang yang bisa kamu beli tidak bisa terlalu banyak.

3. Jalur Laut

Cara pengiriman barang dari China ke Indonesia pada dasarnya terdiri dari dua, yaitu jalur laut dan jalur darat. Jalur laut adalah pilihan pertama. Pengiriman menggunakan jalur laut sangat banyak digunakan karena relatif murah dan lebih aman. 

Pengiriman ini biasanya menggunakan kapal cargo khusus mengirimkan barang. Namun, karena menggunakan kapal maka pengiriman ini memakan waktu lebih lama, tidak seperti jalur udara. Jika pengiriman jalur udara hanya membutuhkan 2 hingga 3 hari, maka pengiriman menggunakan kapal bisa dalam hitungan minggu. 

4. Layanan E-Commerce

Perkembangan teknologi digital saat ini membuat seluruh pekerjaan menjadi lebih mudah. Salah satu bidang yang terdampak kemudahan digital ini adalah layanan pengiriman barang. Hal tersebut karena sekarang sudah ada e-commerce atau toko online yang bisa kamu akses dimanapun dan kapanpun.

Ketika menggunakan e-commerce, kamu bisa dengan mudah memilih produk yang ingin kamu beli. Setelah itu, kamu bisa masuk ke dalam sistem pembayaran. 

Aplikasi e-commerce akan otomatis terintegrasi dengan layanan ekspedisi atau pengiriman barang. Selain itu, kamu juga dapat dengan mudah melacak sudah sampai mana barangmu sampai secara realtime.

Mengapa Banyak Pengiriman Barang dari China ke Indonesia?

Setelah mengetahui berbagai jalur dan metode pengiriman barang dari China ke Indonesia, kamu mungkin bertanya-tanya mengapa Negeri Tirai Bambu yang dijadikan sebagai acuan. Nyatanya, tingkat impor barang dari China ke dalam negeri memang sangat tinggi. Mengapa hal tersebut terjadi? Simak penjelasan berikut ini:

1. Banyak Barang dengan Harga Murah

China merupakan negara yang terkenal dengan tingkat produktivitas dan teknologi yang tinggi. Oleh karena itu, negara China banyak memproduksi barang secara massal dan besar-besaran. Jadi, biaya produksi yang mereka keluarkan pun juga tidak terlalu mahal. 

Hal tersebut membuat harga jual berbagai macam barang dari China sangat murah, bahkan jauh di bawah rata-rata. Hal inilah yang menarik minat para konsumen dari seluruh dunia untuk melakukan impor barang dari China. Baik untuk dijual kembali atau untuk kalangan pribadi.

2. Barang Kreatif dan Inovatif

Sesuai yang disinggung sebelumnya bahwa, China memiliki tenaga kerja dan teknologi yang tinggi. Hal tersebut juga membuat berbagai barang yang diproduksi merupakan barang yang sangat kreatif dan inovatif. 

Barang produksi China kebanyakan menjadi solusi atas permasalahan sehari-hari. Sebagai contoh, ada kipas angin portable yang dapat kamu gantungkan di leher, pengering sepatu, alat penyetrika baju, dan berbagai benda kreatif lainnya.

3. Memiliki Pasar yang Luas

Barang produksi China juga memiliki pasar cukup luas. Ini terjadi karena barang dari China banyak menawarkan solusi atas permasalahan sehari-hari. China juga memproduksi barang KW atau tiruan dari barang asli yang memiliki harga jauh lebih murah. Inilah yang membuat China mampu bersaing di pasar global.

Sudah Tahu Metode Pengiriman dari China Ke Indonesia?

Sekian ulasan mengenai berbagai metode pengiriman dari China ke Indonesia. Proses pengiriman barang dari luar negeri memang sedikit rumit. Apabila kamu ingin mengirimkan barang dari negara China ke Indonesia, sebaiknya gunakan Cargo China Indonesia seperti Blueray Cargo untuk memudahkan segala aktivitasmu. 

Layanan logistik ini telah memiliki pengalaman dalam bidang ekspor dan impor selama 20 tahun lamanya. Sehingga, kamu tidak perlu takut barangmu mengalami masalah dokumen impor dan sebagainya. Puluhan ribu pelanggan di seluruh Indonesia telah menggunakan layanan dari Blueray Cargo, kini adalah giliran kamu. Mari mulai usaha impor dengan lebih mudah dan praktis bersama Blueray. Hubungi Blueray Cargo sekarang juga!

Facebook
Twitter
LinkedIn