Panduan Lengkap Cara Import Barang dari China Bagi Pemula 2024

Diperbarui 2 April 2024

cara jastip bangkok

Hai para calon importir, dalam artikel ini Kami akan mengajarkan kepadamu bagaimana cara import barang dari China yang lengkap dari awal hingga akhir. Kami akan ajarkan semuanya, sehingga kamu yang masih pemula tidak lagi takut untuk mencoba membeli barang dari luar negeri dan akhirnya bisa menjadi importir yang mahir.

Kami akan memberikan panduan step by step untuk melakukan import. Dalam tutorial ini kami akan menunjukan semuanya, mulai dari bagaimana cara mencari barang yang untuk di import, memilih supplier yang tepat, hingga menjelaskan bagaimana proses mengirim barang ke Indonesia tanpa kendala. Sudah siap? Yuk kita mulai.

Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents

    Keuntungan Import Barang Dari China​

    Import dari China menjadi peluang bisnis yang menjanjikan sampai saat ini. Sebab ada banyak barang dari China yang laku keras di marketplace lokal di Indonesia.  

    Bagi para pengusaha, ini menjadi peluang bisnis yang sangat bagus untuk membeli barang dari China dan menjual nya kembali di marketplace atau dijual secara konvensional di Indonesia. 

    Harga yang terjangkau, menjadi alasan utama mengapa orang banyak mengambil barang dari produsen di China. Maka tak heran jika banyak importir pemula yang kini mulai tertarik untuk import barang dari China.

    perbandingan harga barang import china
    cara import barang dari china

    Katakan kita ingin membeli kacamata untuk dijual kembali. Barang yang sama yang dijual di e-commerce lokal berkisar dengan harga Rp. 98.000 padahal kalau kita beli langsung di negara China harga nya berkisar Rp. 23,000  saja dengan perkiraan biaya Rp. 4000 untuk satu produknya. Jadi keuntungan yang akan didapat bisa sampai 3 kali lipat. 

    Salah satu dari kita mungkin banyak yang heran mengapa barang China lebih murah.  

    Beberapa faktor penyebab barang dari China murah yaitu skala produksi barang dari China dilakukan secara besar – besaran. Hal ini tentu akan menghemat biaya, karena penggunaan material tentu nya akan di optimalkan untuk produk yang banyak. 

    Selain itu, biaya tenaga kerja nya lebih murah karena tidak ada asuransi bagi tenaga kerja nya. Adanya biaya subsidi dari pemerintah China juga memerankan faktor penting mengapa barang dari China bisa lebih murah. 

    Bagaimana? Kamu sudah mulai tergiur untuk melakukan import barang dari china?Tentu saja jika kamu membeli produk dengan jumlah yang banyak, makan akan semakin murah juga harga yang bisa kamu dapatkan. 

    Selain itu, barang dari China juga terkenal memiliki banyak variasi yang unik. Produsen di China memiliki selalu memiliki inovasi baru dalam pengembangan produknya. 

    Oleh karena itu, mereka banyak menciptakan produk produk yang unik dan langka di Indonesia. Hal ini bisa menjadi potensi yang besar untuk bisnismu dan menjadi kelebihan tersendiri untuk menarik minat beli customer di Indonesia. 

    Proses Import Barang Dari China

    Dalam tutorial ini kami akan memberikan gambaran mengenai proses atau cara import barang dari China ke Indonesia dalam langkah yang sederhana sehingga kamu bisa memahami proses import barang dengan mudah. 

    Proses import barang sama halnya dengan kamu berbelanja di marketplace Indonesia seperti Tokopedia, Shopee dan lain lain. Ketika kamu order barang di marketplace tersebut dan memilih alamat rumah kamu sebagai alamat pengirimannya. Lalu barangnya akan dikirim oleh penjualnya ke tempat kamu.

    Jika kamu import barang dari luar negeri kurang lebih caranya sama, yang membedakan hanyalah alamat rumah kamu akan digantikan dengan alamat gudang perusahaan forwarder import di luar negeri yang kamu pakai. Blueray Cargo mempunyai gudang milik sendiri di luar negeri, jadi barang kamu dijamin aman.

    Contohnya, jika kamu ingin beli barang dari China melalui aplikasi Alibaba, supplier China akan mengirimkan barang kalian ke gudang kami sebagai perusahaan forwarder import. 

    Lalu perusahaan forwarder yang di China akan mengirimkan barang kalian ke gudang yang di Indonesia dan dari gudang kami di Indonesia akan mengirimkan barang ke tempat kamu.

    Untuk ilustrasinya kamu bisa perhatikan infografik berikut:

    Langkah - langkah untuk Import Barang dari China

    Apakah Import Barang dari China itu Sulit?​

    Import barang dari China tidak sesulit yang kamu bayangkan. Meskipun kamu belum menguasai Bahasa Inggris atau Mandarin kamu tetap bisa melakukan import barang dari China. Bagaimana caranya? 

    Dalam tutorial kali ini, kami akan merekomendasikan kamu untuk menggunakan aplikasi Alibaba. Yang merupakan salah satu aplikasi beli barang dari China. Jadi, pastikan kamu sudah mendaftar akun di Aplikasi tersebut terlebih dahulu. 

    Import mudah tanpa perlu fasih berbahasa Inggris maupun Bahasa Mandarin? Caranya kamu bisa import barang lewat Alibaba. Di aplikasi Alibaba sekarang ada fitur penerjemah otomatis. Jadi kamu biasa menggunakan Bahasa Indonesia seperti biasa. 

    Lalu bagaimana cara membayarnya?  Untuk proses pembayarannya pun tidak seribet yang kamu bayangkan. Jika kamu tidak mempunya kartu kredit maupun mata uang asing, kamu tidak perlu khawatir. 

    Sekarang kamu bisa membayar menggunakan yang ada di Indonesia yang telah disediakan oleh aplikasi Alibaba itu sendiri. Beberapa pilihan bank yang tersedia diantaranya: Bank BNI, BRI, Mandiri, Permata, CIMB dan Danamon.

    Selanjutnya, apakah import membutuhkan modal yang cukup besar? Mungkin ini salah satu pertimbangan sebagian importir pemula yang sampai masih saat ini masih ragu untuk memulai import barang dari China dikarenakan ketakutan akan modal nya yang cukup besar. 

    Untuk memulai import barang dari China, kamu tidak perlu khawatir jika belum memiliki modal yang cukup besar. 

    Karena ada cara import barang dari china skala kecil yaitu dengan mencari suplier yang memiliki MOQ atau Minimum Order Quantity  rendah. MOQ atau Minimum Order Quantity yaitu jumlah minimal untuk melakukan pemesanan produk dari supplier di China. 

    minimum order quantity
    jasa import barang dari alibaba

    Dari sampel beberapa supplier di Alibaba diatas, ada supplier menerapkan minimal pemesannya 2 pcs dan harga 1 pcs nya hanya sekitar Rp. 26,931 kalau minum pemesannya 2 pcs artinya kamu perlu membayar sekitar Rp.53,862. 

    Dari perhitungan tersebut, sudah cukup bisa dibuktikan bukan kalau untuk memulai import tidak membutuhkan modal yang besar. Modal nya bisa kamu sesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

     

    Lalu Bagaimana Jika Barang Yang Datang Kualitasnya Jelek?

    Untuk itu kamu tidak perlu khawatir. Di zaman teknologi seperti sekarang aplikasi sudah sangat melindungi kita sebagai para calon importir pemula. 

    Contohnya seperti aplikasi Alibaba kamu tenang saja karena di Alibaba sendiri ada sistem yang disebut trade assurance. Jika nanti barang kamu tidak sampai ataupun barangnya tidak sesuai dengan kriteria yang ditampilkan, uangnya tidak akan diberikan ke supplier. Uang kamu nantinya akan dikembalikan. 

    cara beli barang alibaba
    jasa pembelian alibaba

    Hal – hal yang perlu diperhatikan untuk mengetahui supplier itu bagus dan bisa dipercaya pilihlah supplier yang sudah terverifikasi oleh Alibaba. Bisa dijamin kalau mereka adalah toko yang bisa dipercaya dan terjamin kualitasnya. 

    Bagi beberapa importir pemula mungkin masih takut untuk import barang dari China atau masih bingung mengenai cara import barang murah dari China.

     Memang import barang memerlukan perencanaan yang matang agar barangmu tidak tertahan dan menyebabkan kerugian yang besar.

    Langkah - langkah untuk import barang dari China

    Langkah 1 - Memilih Produk Untuk di Import

    Langkah pertama yang perlu kamu perhatikan untuk menjadi importir yang sukses adalah menentukan produk apa yang akan diimport. Pilihlah barang China yang banyak diminati dan laku di pasaran sehingga kamu bisa mendapatkan profit yang banyak dan balik modal dengan cepat. 

    Tips pertama, kamu bisa cek di website amazon.com, dibagian best seller nya disana ada banyak barang barang trend yangs sedang viral diluar sana. 

    Nah biasanya barang barang tersebut juga akan trend di Indonesia dalam beberapa bulan ke depan. Tutorial untuk riset barang yang akan trending selengkapnya kamu bisa cek disini.

    cara melihat produk terlaris di amazon
    cara mencari produk laris di amazon

    Tips kedua, kamu bisa mencari barang untuk mengembangkan bisnis kamu yang sudah ada. Misalnya, jika kamu punya usaha bengkel service motor. Maka kamu bisa import sparepart motor untuk menambah keuntungan bisnis kalian.

    Jika kamu belum punya bisa, kamu bisa menjadi supplier bagi usaha orang lain. Contohnya, kamu bisa import sparepart motor lalu kalian tawarkan ke bengkel – bengkel motor di sekitar kalian.

    Tips ketiga, memilih barang berdasarkan hobi. Kamu dapat mencarikan barang untuk orang orang yang mempunyai hobi tertentu lalu kamu bisa jual kembali ke komunitas mereka. 

    Tips yang terakhir,  mencari barang yang bermanfaat bagi orang lain. Contohnya: pengering sepatu. 

    Dulu untuk mengeringkan sepatu dilakukan dengan cara menjemurnya di luar ruangan dan membutuhkan waktu yang lama. Dengan pengering sepatu hal itu sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi bukan. Dan barang tersebut pasti banyak dicari dan dibutuhkan banyak orang.

    List barang yang tidak bisa di import dari China:
    Daging, unggas, dan produk yang berasal dari hewan lainnya Biji - bijian Buah-buahan dan sayur-sayuran
    Kosmetik, produk medis, dan obat-obatan Kain apa pun yang mudah terbakar Produk tembakau
    Bahan peledak Logam mulia Barang barang bekas seperti baju bekas, kantong bekas, dll
    Alkohol (tanpa izin yang sesuai) Segala jenis limbah baik itu limbah B3 maupun non B3 Perahu atau kendaraan bermotor jenis apa pun (tanpa izin yang sesuai)

    Pastikan produk kamu tidak masuk kedalam salah satu jenis produk yang tidak diperbolehkan untuk diimpor di atas ya. 

    Jika kamu mau mengimpor barang yang legal dengan proses pengiriman yang cepat dan harga terjangkau, kamu bisa menggunakan jasa forwarder import China dari Blueray Cargo. 

    Langkah 2 - Mencari Supplier Barang Import China

    Langkah kedua yaitu mencari supplier.  arang import China yang laku keras di pasaran memang mudah ditemukan. 

    Tetapi menemukan supplier barang China murah dan terpercaya untuk dijual kembali belum tentu bisa langsung dengan mudah didapatkan. Pada tutorial ini, Kami akan ajarkan bagaimana cara mencari supplier barang China.

    Mudahnya, kamu bisa menjelajah dari satu toko supplier ke supplier lainnya di Alibaba.com lewat handphone mu cukup dari rumah. 

    Selain Alibaba, kamu juga bisa mencari supplier di beberapa aplikasi import barang dari China seperti Taobao, 1688, AliExpress, dan JD.com. 

    Poin utama yang perlu diperhatikan adalah mengecek status supplier nya terlebih dahulu. Hal – hal yang wajib diperhatikan untuk mengetahui supplier itu bagus dan bisa dipercaya pilihlah supplier yang sudah terverifikasi oleh Alibaba. Bisa dijamin kalau mereka adalah toko yang bisa dipercaya dan terjamin kualitasnya.

    cara mencari suplier di alibaba
    cara mencari supplier di alibaba

    Langkah selanjutnya perhatikan Minimum Order Quantity atau biasa dikenal dengan jumlah minimal pemesan yang harus kamu beli dalam satu kali transaksi. Semakin banyak jumlah barang yang akan kamu beli, biasanya akan semakin murah pula harga per pcs atau per unit nya.

    Jika harga per pcs nya semakin murah, tentunya HPP atau Harga Pokok Penjualan akan menjadi lebih kecil. Kamu bisa menaikan margin kamu untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.  

    Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah menghubungi supplier tersebut melalui fitur chat yang tersedia di aplikasinya. Beberapa informasi yang harus kamu tanya kepada supplier nya yaitu: 

    • Biaya kirim serta berat paket per kotak atau per kemasan
    • Volume paket mencakup panjang x lebar x tinggi. Yang nantinya akan digunakan untuk menghitung biaya ongkos kirim dari China ke Indonesia
    • Minta supplier untuk menempelkan marking code
    • Mengirimkan link pembayaran

    Jika kamu masih bingung bagaimana berkomunikasi dengan supplier yang ada di Alibaba, kami menyediakan template yang lebih detail untuk memudahkan para importir pemula dalam berbicara dengan supplier. Untuk templatenya kamu bisa melihatnya dengan mengklik tautan disini.

    Langkah 3 - Menentukan Jalur Pengiriman​

    Langkah ketiga, kamu harus memilih jalur pengiriman untuk barangmu. Pengiriman barang dari China ke Indonesia umumnya ada dua jenis jalur yang bisa digunakan: 

    Pertama, Pengiriman Jalur Udara. Untuk pengiriman jalur udara lebih cepat dibanding jalur laut. Estimasi pengirimannya hanya di 5 sampai 10 hari. Tetapi untuk ongkos atau biaya kirim memang relatif lebih mahal. 

    Untuk perhitungan biaya nya dihitung berdasarkan berat dengan satuan kg dan jika volume paketnya besar maka volume paket pun akan mempengaruhi biaya. Pengiriman jalur udara cocok bagi kamu yang ingin kirim barang barang yang ringan dan jumlahnya sedikit.

    Kedua, Pengiriman Jalur Laut. Estimasi pengiriman untuk jalur laut biasanya memakan waktu sekitar 30 sampai 45 hari. Tiap negara berbeda-beda waktu pengirimannya bisa lebih cepat atau juga bisa lebih lambat. 

    Untuk biaya kirim barang dari China ke Indonesia relatif lebih murah dibandingkan dengan jalur udara. Biaya kirimnya dihitung berdasarkan volume paket dengan satuan CBM atau Cubic Meter, yang terkadang jika terlalu berat atau berat paket pun akan mempengaruhi biaya. Pengiriman jalur laut cocok untuk kamu yang ingin kirim barang yang cukup berat dan besar

    Langkah 4 - Pilih Forwarder Import China Terpercaya

    Langkah keempat yang harus Kamu perhatikan adalah mencari Forwarder China Indonesia yang aman dan terpercaya. 

    Freight forwarder adalah perusahaan jasa angkut barang dalam jumlah pengiriman yang besar dan banyak. Perusahaan forwarder lah yang nantinya akan membantu Kamu untuk mengirim dan memasukan barang import Kamu ke Indonesia.

    Kamu harus perhatikan apakah perusahaan forwarder tersebut sudah memiliki pengalaman atau belum dalam memasukan barang ke Indonesia, karena nantinya pengurusan dokumen import Kamu akan dibantu diurus oleh mereka.

    Perhatikan bagaimana sistem aplikasi logistik yang mereka gunakan, perhatikan juga review yang sudah diberikan oleh pelanggan mereka di Google Business Profile. 

    Kemudian cermati apakah customer service responsif dan tentu saja perhatikan juga harga yang mereka tawarkan itu sebanding atau tidak dengan yang mereka tawarkan.

    Langkah 5 - Siapkan Dokumen Import​

    Langkah selanjutnya yang harus kamu perhatikan sebagai importir pemula, kamu perlu menyiapkan beberapa dokumen import barang agar barang import kamu bisa diambil setelah pemeriksaan pabean.

    Dokumen barang import pertama yang harus ada yaitu Invoice atau Faktur Penjualan. Dokumen ini isinya berupa nama pembeli dan penjual, jumlah barang yang dibeli serta harga barang yang harus dibayar.

    Packing List dokumen import barang yang berisi jumlah barang, berat dan jenis barang yang diimport. Dokumen ini biasanya dibuat oleh penjual.

    Dari penjelasan diatas, ada dokumen import yang perlu kamu siapkan sendiri bukan? Jika kamu masih bingung untuk menyiapkan dokumen dokumen tersebut, kamu bisa konsultasi dengan import specialist dari Blueray Cargo.

    Langkah 6 - Melakukan Pembayaran ke Supplier​

    Langkah terakhir yang harus kamu lakukan dari keseluruhan cara import barang dari China adalah melakukan pembayaran ke supplier kamu di China. 

    Jika kamu memutuskan untuk import diluar aplikasi marketplace China, kamu harus mentransfer uang ke supplier kamu di China lewat Bank lokal China dalam bentuk RMB atau Yuan. 

    Selain itu juga kamu bisa membayar lewat Alipay atau WeChat. Kamu bisa menggunakan layanan jasa bantu transfer, jika kamu tidak memiliki akun Alipay, WeChat ataupun bank lokal China. 

    Tetapi jika kamu memutuskan untuk import di aplikasi seperti Alibaba, kamu bisa membayar menggunakan Bank Lokal Indonesia yang sudah terafiliasi dengan pembayaran di Alibaba. 

    jenis pembayaran di alibaba
    cara import dari alibaba

    Nah itulah panduan lengkap cara import barang dari China bagi pemula terupdate di 2024. Jika kamu berencana untuk memulai berbisnis import pastikan kamu memikirkan rencana nya secara matang.

    Pelajari dan lakukan riset secara mendalam, produk yang akan kamu import apakah bisa laku keras di pasar lokal. Pastikan juga kamu memilih supplier yang bisa diajak kerjasama dalam jangka waktu yang lama. 

    Poin terpenting adalah mengurus pengiriman barang kamu. Jangan sampai barang import mu tertahan di bea cukai atau di pelabuhan. 

    Gunakan forwarder import yang terpercaya seperti BlueRay Cargo yang sudah berpengalaman sejak tahun 2001 dan terbukti berhasil membantu para pedagang grosir di Glodok, Mangga Dua, Harco, Pasar Asemka dan seluruh Indonesia.

    FAQ (Frequently Asked Questions)

    Jika kamu menggunakan Blueray Cargo sebagai jasa pengirimannya, kamu hanya membutuhkan invoice dan packing list saja, sisa nya kami yang akan urus.

    Komoditas barang yang sering di impor yaitu barang umum seperti baju, jam tangan, kacamata, tas, sepatu, dan lainnya.

    Untuk lama pengiriman tergantung pada jalur pengiriman yang kamu pilih. Jika kamu memilih menggunakan jalur udara, estimasi pengiriman sekitar 5-10 hari.  Sedangkan untuk jalur laut membutuhkan waktu sekitar 30 – 45 hari pengiriman. 

    Saat ini, Alibaba punya banyak pilihan metode pembayaran yang bisa kita pilih, yaitu kartu kredit, kartu debit, eChecking, dan Western Union

    Kebanyakan penjual yang ada di Alibaba merupakan penjual berskala besar, sehingga mereka umumnya menyediakan produk dengan kuantitas besar. Jika kamu ingin beli produk satuan, maka Aliexpress lebih direkomendasikan. Tetapi jika kamu tetap ingin membeli barang dari Alibaba, cobalah cari suplier yang menetapkan minimum pembeliannya serendah mungkin.

    Rekomendasi marketplace China dengan harga yang relatif murah yaitu: Alibaba, 1688, Taobao, Tmall, Banggood, dan AliExpress.

    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Mengenal Kelebihan dan Alasan Pentingnya Privat Label

      Privat label adalah strategi bisnis yang cukup populer dan dapat kamu pertimbangkan untuk mulai memiliki label sendiri. Tentunya, ada berbagai aspek penting yang membuat usaha …

      Selengkapnya →
      Jual Barang Import Dari China, Dengan Banyak Pilihan

        Menjadi importir memang salah satu bisnis dagang internasional yang sangat menguntungkan. Kamu bisa membeli barang dari luar negeri dan menjualnya kembali di dalam negeri. …

      Selengkapnya →
      cara riset barang yang akan trend di Indonesia
      Cara Riset Barang yang Akan Trend di Indonesia

      Cara riset barang yang berpotensi akan trending atau viral di Indonesia cukup membutuhkan kesabaran dan beberapa tips tertentu. Oleh karena nya, riset barang menjadi kunci …

      Selengkapnya →
      sepatu merek china
      Top 10 Merk Sepatu China Terbaik, Dipakai Bintang Basket NBA!

      Tahukah kamu? Melansir dari Tempo.co, Tiongkok atau China tercatat sebagai salah satu eksportir terbesar di dunia. Pada 2022, China menyumbang 40 persen dari total ekspor …

      Selengkapnya →
      10 China Street Fashion Brand Terbaik dan Mendunia
      10 China Street Fashion Brand Terbaik dan Mendunia

      Memangnya ada China street fashion brand yang terkenal, karena menawarkan kualitas dan desain bagus? Selama ini, Tiongkok dikenal dengan barang produksinya yang murah, namun banyak …

      Selengkapnya →
      make up brand china terkenal
      10+ Top China Makeup Brand yang Terkenal akan Kualitasnya

      Bicara soal brand kosmetik yang terkenal di kawasan Asia Tenggara, terutama Indonesia, pasti tak terlepas dari brand asal Korea Selatan dan Jepang. Berbagai produk kecantikan …

      Selengkapnya →
      10 Produk China yang Terkenal dan Paling Diminati, Apa Saja?
      10 Produk China yang Terkenal dan Paling Diminati, Apa Saja?

      Sudah bukan rahasia umum, produk China yang terkenal memang berhasil merajai lini bisnis manapun di dunia, termasuk Indonesia. Selain menciptakan inovasi benda yang bombastis dengan …

      Selengkapnya →
      Impor Barang China: Prosedur, Tips, dan Jenis yang Paling Laku
      Impor Barang China: Prosedur, Tips, dan Jenis yang Paling Laku

      China telah lama menjadi pusat produksi global dan merupakan sumber utama produk manufaktur yang diekspor ke seluruh dunia. Banyak negara, termasuk Indonesia, melakukan impor barang …

      Selengkapnya →