.

Cara Daftar Alipay di Indonesia dengan Mudah dan Kelebihannya

Bagaimana cara daftar Alipay? Alipay merupakan jenis layanan dompet digital. Berbicara tentang dompet digital, mungkin kamu lebih familiar dengan aplikasi seperti OVO, DANA, GoPay, dan LinkAja. Padahal jauh sebelumnya sudah ada aplikasi dompet digital Alipay karena sudah sangat populer.

Aplikasi ini berbasis di Cina, namun penggunanya tersebar di beberapa negara termasuk Indonesia. Alipay sudah tersedia di Play Store dan App Store sehingga memungkinkan siapa pun bisa mendapatkannya. Namun, untuk menggunakannya kamu harus registrasi terlebih dahulu.

KEY TAKEAWAYS

  • Alipay merupakan aplikasi payment serta dompet digital yang menawarkan banyak fitur. Dengan aplikasi ini, kamu bisa berbelanja, melakukan pembayaran tagihan, memeriksa saldo bank, dan lain-lain.
  • Aplikasi ini cukup kamu instal di ponsel dan aplikasi tersebut juga mampu menghubungkan akun bank milikmu tanpa perlu deposit terlebih dahulu.
  • Alipay juga merupakan solusi bagi kamu yang ingin melakukan transfer dana secara lebih cepat. Jadi kamu tidak perlu repot-repot datang ke ATM karena semua transaksi tersebut cukup lewat aplikasi ini.
  • Dengan Alipay, semua transaksi yang kamu lakukan terjamin keamanannya. Dompet digital dari Cina tersebut mempunyai security system yang mampu melindungi data para penggunanya.
  • Cara daftar Alipay cukup mudah. Kamu cukup menyiapkan paspor sebagai dokumen terkait identitas dirimu. Bagi yang tidak punya, kamu bisa memasukkan informasi lain sesuai yang diperlukan saat proses registrasi.

Sekilas tentang Aplikasi Alipay

Alipay adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk melakukan transaksi pembelian dan pembayaran. Aplikasi tersebut merupakan dompet digital atau e-wallet dari Cina dan telah beroperasi sejak 2004. E-wallet tersebut merupakan inisiasi perusahaan Alibaba Group.

Alipay bisa kamu gunakan untuk smartphone baik yang memakai sistem operasi Android atau iOS. Kamu bisa mengandalkannya untuk berbagai macam kebutuhan. Bagi yang hobi shopping, transfer, dan melakukan pembayaran tagihan semuanya bisa kamu lakukan melalui Alipay.

Berkat fitur-fiturnya tersebut, aplikasi ini mempunyai pengguna yang sangat banyak. Apalagi cara membuat akun Alipay terbilang mudah sehingga siapa pun bisa menggunakan aplikasi tersebut.

Begini Cara Daftar Alipay di Indonesia

Bagi yang masih bingung bagaimana langkah-langkah untuk daftar Alipay, berikut informasinya. Namun sebelum kamu melakukan pendaftaran, kamu mesti paham dokumen yang perlu kamu siapkan.

Salah satunya adalah ID Cina atau paspor. Selain itu, pastikan kamu memasukkan nomor telepon yang aktif. Ini karena nomor yang kamu masukkan tersebut akan menerima kode verifikasi agar proses pendaftaran akun bisa kamu lakukan. Berikut cara registrasi akun Alipay:

  • Sebagai langkah awal, pastikan kamu telah mengunduh aplikasi Alipay di Google Play Store atau App Store.
  • Kemudian, buka aplikasi Alipay.
  • Masuk ke menu Saya.
  • Langkah selanjutnya, silakan tekan pada sub menu “Akun Saya: Kartu, Keanggotaan”.
  • Kemudian pilih “Kartu Saya, Tambahkan rekening”.
  • Pada tahap ini, kamu perlu memasukkan password sebanyak 6 digit serta memasukkan nomor rekening.
  • Langkah berikutnya, pilih “Paspor” dan kamu akan memperoleh kode verifikasi. Kode tersebut akan dikirimkan lewat SMS pada nomor HP yang sudah kamu daftarkan.
  • Masukkan kode verifikasi yang kamu peroleh untuk melanjutkan proses registrasi.
  • Selesai.

Apa Kelebihan Aplikasi Alipay?

Setelah memahami bagaimana cara daftar Alipay, kira-kira apa saja kelebihan aplikasi tersebut? Berikut informasinya.

1. Proses Transaksi Mudah dan Cepat

Kelebihan aplikasi Alipay yaitu proses transaksi yang kamu lakukan berlangsung mudah dan cepat. Berbagai transaksi yang kamu lakukan cukup hanya dalam satu aplikasi. Kamu tinggal memasukkan kode PIN lalu meneruskan transaksi yang kamu lakukan.

Misalnya kamu ingin melakukan pembayaran di merchant, kamu tinggal melakukan scan kode QR yang sudah merchant tersebut sediakan. Bisa juga ketika kamu ingin membeli tiket pesawat, tinggal mengisi saldo dan kamu bisa langsung memesan tiket yang kamu inginkan melalui Alipay.

2. Proses Aman

Sebagai layanan dompet digital atau e-wallet yang terkenal di Cina, tidak heran jika sistem keamanan yang terdapat pada Alipay patut diacungi jempol. Berbagai data milik pengguna terjamin keamanannya, khususnya ketika mereka sedang melakukan transaksi.

Misalnya ketika melakukan transaksi antara pengguna dengan merchant atau antara pengguna dengan pengguna, tidak perlu ada kekhawatiran karena data-data transaksi sudah tentu aman.

3. Transfer Mudah secara Global

Siapa pun tentu tidak ingin mengalami masalah ketika melakukan transfer, terutama saat urgent. Permasalahan saat transfer uang berpotensi menyebabkan proses transfer terhambat dan bahkan gagal. Di sisi lain, transfer harus segera dilakukan untuk kebutuhan yang mendesak.

Dengan Alipay, proses transfer berlangsung mudah dan cepat. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pengiriman secara global. Itu artinya, kamu bisa mengirim maupun menerima uang dari seseorang di luar negeri.

Ini karena Alipay telah bekerja sama dengan banyak lembaga keuangan global. Transfer pun dapat terealisasi hanya dengan beberapa langkah mudah dan praktis.

Bagaimana Cara Top Up Alipay?

Masih tentang bagaimana cara daftar Alipay, kamu juga perlu melakukan top up saldo agar bisa bertransaksi lewat dompet digital tersebut. Untuk proses top up-nya tidak sulit, pastikan perangkatmu tersambung ke internet yang stabil agar proses top up tidak terganggu.

Proses top up bisa kamu lakukan lewat rekening maupun ATM. Adapun cara top up melalui ATM yaitu:

  • Pada mesin ATM, silakan memilih menu Balance atau cek saldo.
  • Pada opsi Balance, silakan memilih menu Top Up.
  • Kemudian kamu harus memasukkan nominal sesuai yang ingin kamu masukkan ke akun Alipay milikmu.
  • Kemudian konfirmasi password dan tunggu sampai proses konfirmasi selesai.
  • Silakan cek pada akun Alipay dan lihat apakah saldomu sudah berubah atau belum.

Berapa Limit Saldo Alipay?

Bagi yang ingin melakukan top up, Alipay memberikan limit terkait saldo yang bisa kamu top up. Informasi ini penting untuk kamu ketahui agar bisa memperkirakan berapa besar nominal yang akan kamu masukkan.

Alipay memberikan batasan terkait minimal top up yaitu sebesar 100 Yuan. Sementara top up maksimalnya adalah 200 Yuan. Nominal tersebut hanya berlaku untuk sekali top up. Terkait dengan limit saldo tersebut bisa dikatakan sudah cukup besar.

Melalui saldo yang kamu miliki, kamu dapat melakukan berbagai transaksi sesuai keinginan. Termasuk transfer melalui PayPal yang sekaligus menjadi salah satu fitur andalan Alipay. Untuk proses transfernya tidak memerlukan waktu lama sehingga sangat cocok untuk transaksi mendadak.

Sudah Paham Cara Daftar Alipay?

Sekian informasi tentang bagaimana cara mudah untuk registrasi di dompet digital Alipay. Sebagai tambahan, jika kamu berencana untuk membeli barang-barang dari Cina maka jangan lupa memanfaatkan jasa Blueraycargo.id, sebuah jasa importir barang China terbaik dan terpercaya. Anda bisa melihat Blueray Cargo Ulasan agar anda bisa melihat pengalaman customer yang sudah bertransaksi dengan Blueray.

Blueray Cargo telah berpengalaman selama lebih dari 20 tahun. Sudah banyak yang menjadi partner bisnis seperti para pedagang grosir Glodok, Harco, sampai Tokopedia dan Shopee. Selain itu, Blueray Cargo juga mampu memberikan garansi pengiriman.

Facebook
Twitter
LinkedIn