.

6+ Pesawat Kargo Terbesar di Dunia, Adakah dari Indonesia?

6+ Pesawat Kargo Terbesar di Dunia, Adakah dari Indonesia?

Tahukah kamu apa saja pesawat kargo terbesar di dunia? Kalau pesawat pada umumnya berguna untuk mengangkut penumpang, pesawat kargo berfungsi untuk mengangkut barang-barang bermuatan berat. Yuk, mengenal pesawat-pesawat kargo terbesar di dunia!

Sejarah Pesawat Kargo dan Penerbangan Pertamanya

Ada dua peristiwa yang melandasi awal mula pesawat terbang digunakan untuk mengangkut barang. Pertama, perlombaan antara Wright Model B melawan kereta cepat pada 7 November 1910.

Perlombaan ini bertujuan menguji siapa yang lebih cepat mengirim 10 gulung kain sutra dari Dayton ke Columbus, Ohio yang berjarak 65 mil atau sekitar 104 km. Dari perlombaan tersebut, pesawat Wright Model B terbukti berhasil menang mengalahkan kereta dengan waktu tempuh 57 menit.

Peristiwa kedua terjadi pada 18 Februari 1911 saat biplan Humber-Sommer mengangkut 6.500 surat dari Allahabad ke Nani, British India yang berjarak 8,1 mil. Pengangkutan surat ini tercatat sebagai penerbangan ppos resmi pertama.

Di tahun 1900-an, pesawat kargo justru lebih banyak mengangkut surat-surat daripada barang-barang bermuatan berat. Namun, kini pesawat kargo telah banyak membawa paket berukuran besar dan berat hingga helikopter dan kendaraan militer.

Baca Juga: Apa Itu Pengiriman Kargo? Ini Arti, Manfaat, dan Jenis-jenisnya!

7 Pesawat Kargo Terbesar di Dunia

Banyak yang mengira pesawat kargo terbesar baru dikembangkan di era 2000an, tetapi sebenarnya pesawat kargo terbesar justru telah dibuat sejak perang dunia dingin sekitar tahun 1947-1990. Bahkan, beberapa di antaranya masih beroperasi. Berikut 9 pesawat kargo terbesar di dunia.

1. Antonov An-225 Mriya

Antonov An-225 Mriya
Antonov An-225 Mriya | Sumber gambar: Unsplash.com

Pesawat kargo terbesar pertama adalah Antonov An-225 yang dirancang oleh Biro Desain Antonov di SSR Ukraina pada tahun 1980-an.

Pesawat sepanjang 84 meter ini menjadi satu-satunya pesawat di dunia yang memiliki enam mesin turbofan sekaligus menjadi pesawat terberat dengan maksimal berat lepas landas 640 ton.

Antonov An-225 Mriya mampu mengangkut barang lebih dari 250  ton. Pesawat kargo ini memegang rekor dunia karena sukses mengangkut muatan satu item terbesar seberat 418.384 pound.

Selain itu, pesawat yang memiliki lebar sayap terbesar di dunia ini juga telah meraih rekor total muatan seberat 559.577 pound yang setara dengan 280 ton.

Selama uji terbang pada tahun 1983, Antonov An-225 Mriya ini juga berhasil mencetak 106 rekor terkait berat, jarak, dan ketinggian. 

2. Antonov An-124 Condor

Antonov An-124 Condor 
Antonov An-124 Condor | Sumber gambar: Jejaktapak.com

Selanjutnya, Antonov An-124 Condor dibuat dalam periode waktu yang sama dengan saudaranya, yakni Antonov An-225 Mriya. Dengan panjang 69,1 meter, pesawat ini mampu mengangkut barang dengan kapasitas maksimal 150 ton.

Antonov An-124 Condor dirancang untuk melakukan pengiriman jarak jauh kargo berat dan berukuran besar dari udara, seperti mesin, alat, serta pasukan militer. 

Pesawat ini pernah digunakan untuk memuat turbin hidrolik seberat 90 ton, lokomotif kereta api seberat 109 ton, bahkan kapal pesiar dengan panjang lebih dari 25 meter.

Meskipun masih bersaudara dengan Antonov An-225 Mriya, Condor bukanlah pesawat kargo sekali pakai. Terdapat sekitar 60 buah pesawat sejenis telah dibuat dan beberapa di antaranya masih beroperasi hingga saat ini.

3. Boeing 747-8 Freighter

Boeing 747-8 Freighter
Boeing 747-8 Freighter | Sumber gambar: Techxplore.com

Pesawat buatan Boeing mungkin sudah tidak asing lagi buat kamu karena pesawat komersial ini banyak beroperasi di Indonesia bahkan punya kantor di sini. Tapi, tahu gak kamu kalau Boeing juga punya pesawat kargo?

Yup! Boeing 747-8 Freighter merupakan pesawat kargo terbesar di dunia bersifat komersial buatan Boeing Commercial Airplanes yang digunakan untuk mengangkut penumpang dan barang. 

Tanggal 8 Februari 2010 menjadi penerbangan perdananya dengan mengangkut penumpang. Kemudian, melakukan uji coba versi kargo pada Oktober 2011 dan meresmikan layanan kargo pada Juni 2012.

Boeing 747-8 Freighter memiliki panjang 76,3 meter dengan volume ruang kargo mencapai 853 meter kubik. Pesawat ini mampu memuat barang dengan kapasitas maksimal sebesar 132,6 ton. 

4. Lockheed C-5 Galaxy

Lockheed C-5 Galaxy
Lockheed C-5 Galaxy | Sumber gambar: Militarymachine.com

Pesawat Lockheed C-5 Galaxy dioperasikan oleh militer AS secara rutin. Dengan panjang 75,31 meter dan kapasitas muatan hingga 240.000 pound atau sekitar 127 ton, membuat pesawat ini mampu mengangkut 5 helikopter.

Lockheed C-5 Galaxy mampu membawa kargo berukuran besar dengan jarak antar benua serta dapat lepas landas dan mendarat di landasan pacu yang relatif pendek.

Pesawat kargo terbesar keempat ini dapat terbang sejauh 2.150 mil laut, membongkar mutan dan terbang kembali ke lokasi yang berjarak 500 mil laut tanpa mengisi bahan bakar.

C-5 Galaxy buatan Lockheed ini bukanlah pesawat baru, melainkan pesawat yang dikembangkan pada tahun 1970. Namun, mengalami modifikasi dan modernisasi sehingga mesin yang saat ini beroperasi berbeda dengan aslinya.

5. Boeing 747 Dreamlifter

Boeing 747 Dreamlifter
Boeing 747 Dreamlifter | Sumber gambar: Pixabay.com

Rekor pesawat kargo terbesar di dunia milik Boeing memanglah versi 747-8 Freighter. Tapi, Boeing 747 Dreamlifter tak kalah besar darinya. Dreamlifter yang berbadan lebar dengan panjang 76,3 meter mampu mengangkut muatan berukuran besar hingga 113,4 ton.

Pesawat ini dirancang untuk mengangkut suku cadang Boeing 787 Dreamliner yang ada di Italia, Jepang, dan Amerika Serikat. Selain itu, juga berfungsi untuk mengirimkan pasokan medis ke seluruh dunia selama pandemi Covid-19.

Boeing Dreamlifter termasuk pesawat kargo yang terbilang cukup baru karena melakukan penerbangan pertamanya pada 2006.

6. Antonov An-22 Antei

Antonov An-22 Antei 
Antonov An-22 Antei  | Sumber gambar: Indomiliter.com

Selain membuat Antonov An-225 Mriya, Biro Desain Antonov Ukraina juga merancang Antonov An-22 Antei. Pesawat ini memiliki 4 baling-baling yang berputar berlawanan dan menjadi pesawat bertenaga turboprop terbesar di dunia.

Antonov An-22 Antei menjadi pesawat kargo Antonov tertua karena masa produksinya terhitung sejak 1965 hingga 1976. Pesawat ini jugalah yang berperan dalam produksi An-124 Ruslan dan An-225 Mriya.

7. Boeing C-17 Globemaster III

Boeing C-17 Globemaster III
Boeing C-17 Globemaster III | Sumber gambar: kpcw.org

Pesawat Boeing C-17 Globemaster berfungsi sebagai alat transportasi pengangkut pasukan dan peralatan global Angkatan Udara AS. Dengan panjang badan 53 meter, pesawat ini mampu mengangkut muatan hingga 77,5 ton.

Sebagai moda transportasi pasukan AS, pesawat ini dirancang untuk menggantikan Lockheed C-141 Starlifter dan membantu beberapa tugas Lockheed C-5 Galaxy. Desain pesawat ini membuatnya dapat bergerak di bandara kecil serta landasan pacu yang minim.

Baca Juga: Kapal Kargo Terbesar di Dunia, Ini Daftar Lengkapnya!

Pesawat Kargo Indonesia

Pesawat kargo menjadi bisnis yang menjanjikan di tengah tingginya angka belanja dan pergerakan logistik barang di Indonesia. 

Garuda Indonesia mencatat, pada kuartal III 2023 ini, sebanyak 44 ribu ton lebih barang telah dikirim ke berbagai penjuru Nusantara menggunakan pesawat kargo.

Beberapa maskapai yang melayani pengiriman kargo di Indonesia antara lain Garuda Indonesia, Air Asia, Citilink, Sriwijaya Air, ATR 72, dan Boeing 747. 

Keberadaan sejumlah pesawat kargo Indonesia ini memudahkan pengiriman barang import dari luar negeri untuk masuk ke Indonesia.

Tertarik Kirim Barang Pakai Pesawat Kargo Terbesar di Dunia?

Pesawat kargo terbesar di dunia lebih banyak mengangkut barang-barang bermuatan berat dan berukuran besar, seperti mesin, suku cadang alat transportasi, hingga peralatan dan pasukan militer. Sementara itu, pesawat kargo Indonesia berfungsi sebagai media pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia.

Jika kamu ingin mengirim barang import ke dalam negeri, kamu bisa memanfaatkan jasa importir Blueray Cargo. Kamu bisa kunjungi website blueraycargo.id untuk mendapatkan penawaran menarik. Blueray Cargo melayani pengiriman dari Thailand, China, Hongkong, dan Singapura.

Blueray Cargo berkomitmen mengenai akurasi kecepatan dengan harga terbaik. Jadi, tak perlu khawatir barangmu akan tertahan di bea cukai karena Blueray Cargo menjamin barang sampai dengan cepat dan aman serta bergaransi.

Facebook
Twitter
LinkedIn