.

Apa Manfaat Kegiatan Impor bagi Masyarakat Indonesia?

Apa Manfaat Kegiatan Impor bagi Masyarakat Indonesia?

Impor merupakan kegiatan membeli barang dari luar negeri. Kegiatan perekonomian ini dilakukan oleh hampir semua negara di dunia, termasuk Indonesia. Lantas, apa manfaat kegiatan impor bagi masyarakat Indonesia?

Hal tersebut kerap menjadi pertanyaan masyarakat yang awam dengan kegiatan ekspor-impor. Seperti yang diketahui, bahwa kegiatan impor ini dilakukan oleh pemerintah, dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Jadi, tentu saja ada banyak manfaat impor bagi negara Indonesia yang berdampak bagi masyarakat. Simak ulasannya dalam artikel ini, ya!

Pengertian Kegiatan Impor

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021, impor adalah kegiatan memasukkan barang ke dalam daerah pabean. Sementara pengertian kegiatan impor lainnya adalah kegiatan membeli suatu produk atau barang dari luar negeri yang tidak diproduksi negara.

Kemudian, menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), impor merupakan pemasukan barang atau jasa dari luar negeri atau daerah pabean untuk diedarkan ke dalam negeri atau daerah lalu lintas bebas. Adapun jasa yang diterima dari luar negeri, antara lain tenaga asing, asuransi, dan transportasi.

Secara umum, tujuan kegiatan impor yang paling utama adalah untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Lalu, tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan neraca pembayaran, mengurangi adanya keluar devisa pada negara lain, serta mendapatkan bahan baku dan teknologi modern.

Baca Juga: Angka Pengenal Impor: Cara Daftar, Fungsi & Aturan Baru 2024

Apa Manfaat Kegiatan Impor bagi Masyarakat Indonesia?

Bagi kamu yang tertarik ingin tahu lebih banyak tentang apa manfaat kegiatan impor bagi masyarakat Indonesia, simak ulasannya berikut ini!

1. Memenuhi Kebutuhan Nasional

Ilustrasi kegiatan impor untuk memenuhi kebutuhan nasional
Ilustrasi kegiatan impor untuk memenuhi kebutuhan nasional | Sumber: freepik.com

Salah satu manfaat adanya kegiatan impor adalah untuk memenuhi kebutuhan nasional. Setiap negara tentu mempunyai kondisi yang berbeda-beda, mulai dari kondisi geografi, iklim, hingga perbedaan hasil produksi.

Artinya, ada beberapa produk yang tidak bisa diproduksi oleh negara sendiri, tetapi tetap dibutuhkan oleh masyarakat. Adanya kegiatan impor dapat membantu negara dalam memenuhi kebutuhan tersebut.

Jadi, meskipun negara tidak bisa memproduksi produk tersebut, tetapi negara bisa melakukan impor dari luar negeri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Misalnya, negara mengimpor beras untuk memenuhi kebutuhan nasional. 

Impor beras ini dilakukan negara untuk memenuhi kebutuhan pangan, ketika produksi beras dalam negeri tidak bisa memenuhi permintaan nasional.

2. Mendapatkan Bahan Baku

Ilustrasi bahan baku mentah yang masyarakat impor
Ilustrasi bahan baku mentah yang masyarakat impor | Sumber gambar: freepikc.om

Apa manfaat kegiatan impor bagi masyarakat Indonesia berikutnya? Seperti yang kamu tahu, pemenuhan kebutuhan nasional juga termasuk ke dalam kegiatan pemenuhan bahan baku. Nah, kegiatan impor dapat memenuhi bahan baku industri dan juga manufaktur yang tidak bisa diproduksi di dalam negeri.

Dengan kata lain, kegiatan impor berusaha untuk menjaga agar perusahaan dalam negeri tidak kekurangan bahan baku. Jadi, nantinya pabrik-pabrik dalam negeri bisa tetap produktif dalam menjalankan bisnisnya.

Misalnya, proses pembuatan mobil yang seluruh komponennya tidak bisa dibuat sendiri oleh Indonesia. Maka dari itu, negara akan mengimpor komponen-komponen mobil untuk melengkapi komponen yang ada. Dengan begitu, maka mobil tersebut akhirnya bisa memenuhi kualitas standar, sekaligus sesuai dengan permintaan masyarakat.

3. Mengendalikan Harga Produk

Ilustrasi kegiatan impor mengendalikan harga produk
Ilustrasi kegiatan impor mengendalikan harga produk | Sumber gambar: freepik.com

Manfaat impor bagi negara Indonesia yang selanjutnya adalah mengendalikan harga produk di dalam negeri. Dengan adanya kegiatan impor, maka negara dapat mengendalikan over kapasitas produk, sehingga harga di pasaran akan cenderung lebih stabil.

Apabila kegiatan impor dapat terkendali, maka suatu produk akan memiliki harga yang relatif murah, tetapi dengan angka permintaan yang cenderung meningkat.

Tentunya, kamu tahu bahwa kelangkaan barang akan membuat harga produk di pasaran jadi melambung tinggi. Sebagai salah satu langkah pencegahan, negara melakukan kegiatan impor untuk memenuhi produk tersebut dan menjaga agar harga di pasaran bisa tetap stabil.

4. Terjadinya Pertukaran Budaya dan Pengaruh Positif

Ilustrasi pertukaran budaya akibat aktivitas impor
Ilustrasi pertukaran budaya akibat aktivitas impor | Sumber gambar: freepik.com

Selain dari sisi ekonomi, manfaat kegiatan impor bagi masyarakat juga bisa terlihat dari sisi sosial. Salah satunya adalah perdagangan internasional dapat memicu terjadinya pertukaran budaya dan pengaruh positif bagi masyarakat.

Kedua hal tersebut tidak bisa terelakkan dalam proses perdagangan internasional yang Indonesia lakukan dengan negara lain. Khususnya jika kegiatan impor ini dalam jangka waktu lama.

Dengan adanya pertukaran budaya ini, maka akan  tercipta peningkatan pemahaman dan toleransi antarbudaya, memperkaya kehidupan sosial masyarakat, serta memperkuat hubungan diplomasi antarnegara.

Artinya, secara tidak langsung manfaat kegiatan ini tidak hanya berdampak bagi negara selaku pelaku kegiatan impor, tetapi juga masyarakat umum.

Baca Juga: Contoh Barang Bebas Import yang Tidak Terkena Bea Masuk

Sudah Tahu Apa Manfaat Kegiatan Impor bagi Masyarakat Indonesia?

Di era globalisasi seperti sekarang ini, pelaksanaan impor produk dari luar negeri menjadi jauh lebih mudah. Bahkan, kini impor barang tidak hanya dilakukan oleh pemerintah, tetapi juga masyarakat umum. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya manfaat impor bagi negara Indonesia. Mulai dari memenuhi kebutuhan nasional hingga terjadinya pertukaran budaya.

Nah, untukmu yang tertarik ingin impor barang dari luar negeri, khususnya dari Thailand, maka bisa menggunakan jasa importir barang Thailand Blueray Cargo. Kehadiran jasa importir ini tentu sangat membantu kamu yang ingin membangun bisnis produk impor dari Thailand, mulai dari fashion, makeup, makanan, dan lainnya.

Tenang saja, dengan Blueray Cargo, proses pengiriman barang dari luar negeri akan menjadi lebih mudah, murah, dan tentu saja aman. Mulai dari proses pembayaran hingga pengiriman pun cenderung cepat, dengan sistem yang sudah teruji di kalangan pebisnis Indonesia.

Pasalnya, produk yang kamu pesan akan disimpan dan diproses dengan baik di gudang kami. Jadi, kamu tidak perlu khawatir barang akan rusak di tengah perjalanan.

Facebook
Twitter
LinkedIn