.

20 Fakta Menarik tentang Negara Thailand yang Jarang Diketahui

20 Fakta Menarik tentang Negara Thailand yang Jarang Diketahui

Berbicara soal negara tetangga, kamu pasti mengenal Thailand yang menjadi tujuan wisata favorit para pelancong ketika masuk musim liburan. Sebelum melancong ke Negara Gajah Putih itu, apa yang kamu ketahui tentang Thailand? Pasalnya, ada banyak fakta menarik tentang negara Thailand yang cukup awam bagi masyarakat.

Mengetahui informasi tersebut, dapat membantu kamu mudah beradaptasi saat berkunjung ke sana. Selain itu, pengetahuan tentang negara tetangga di kawasan Asia Tenggara juga bisa menambah wawasan serta membuka kacamata dunia. Buat kamu yang tertarik dengan Negara Gajah Putih ini, langsung simak saja artikel berikut!

Daftar 20 Fakta Menarik tentang Negara Thailand

Kebudayaan setiap negara pastilah berbeda. Maka dari itu, lewat fakta unik Thailand di bawah ini, harapannya bisa menjadi petunjuk kamu untuk beradaptasi dan bersikap saat di negeri orang. Cermati baik-baik!

1. The Land of Smile

Orang Thailand murah senyum dan ramah
Orang Thailand murah senyum dan ramah | Sumber gambar: Freepik

Thailand mendapat julukan The Land of Smile atau Negara Senyuman, karena tingkah laku penduduk sana yang senang beramah-tamah. Setiap kali wisatawan atau turis asing berlibur, penduduk akan menunjukkan sikap bersahabat dan terbuka untuk menyambut kedatangan mereka. 

Baca Juga: 7 Tempat Belanja Baju di Bangkok untuk Dijual Lagi

2. Pernah Bernama Siam 

Fakta menarik tentang negara Thailand berikutnya, yakni pernah mengalami perubahan nama. Awalnya, negara ini bernama Siam, kemudian berganti menjadi Thailand pada 24 Juni 1939. Dasar perubahan ini terjadi pasca Revolusi Siam tahun 1932. Nama Thailand memiliki arti Land of the Free atau tanah yang bebas. 

3. Mempunyai Nama Kota Sangat Panjang

Bangkok memiliki nama kota yang sangat panjang dan sulit dilafalkan. Berikut nama asli Bangkok: Krungthepmahanakhon Amonrattanakosin Mahintharayutthaya Mahadilokphop Noppharatratchathaniburirom Udomratchaniwetmahasathan Amonphimanawatansathit Sakkathattiyawitsanukamprasit. Sangat panjang, kan?

4. Tidak Pernah Mengalami Penjajahan oleh Eropa

Fakta menarik tentang negara Thailand berikutnya adalah tak pernah mengalami penjajahan oleh bangsa Eropa. Padahal, waktu itu sebagian besar negara di kawasan Asia Tenggara mengalami penjajahan. Dari sini, kamu bisa mengerti mengapa Thailand mendapat nama Pharet Thai, yang artinya tanah yang bebas. 

5. Bendera Thailand

Bendera Thailand
Bendera Thailand | Sumber gambar: Freepik

Warna bendera Thailand terdiri dari merah, putih, biru, putih, dan merah secara berturut-turut. Pada pukul 8 pagi, bendera ini akan dikibarkan. Lalu, waktu untuk menurunkannya sekitar sore hari pada pukul 6. Setiap warna mempunyai lambang masing-masing. Merah untuk negara, putih untuk agama, dan biru untuk monarki. 

6. Makhluk Unik di Thailand

Thailand menyimpan makhluk-makhluk unik yang mungkin sulit kamu temukan di Indonesia. Salah satu spesies terkenal adalah kelelawar berhidung babi atau bumble bat. Selain itu, ada pula hewan aneh seperti ikan yang bisa berjalan di darat hingga memanjat pohon, yakni Mudskipper. 

7. Muay Thai

Muay Thai
Muay Thai | Sumber gambar: Freepik

Jika kamu penasaran tentang aliran seni bela diri khas Thailand, maka Muay Thai adalah jawabannya. Sebagai seni bela diri atau olahraga, Muay Thai memiliki dampak yang baik untuk membangun kebugaran dan kesehatan tubuh.

8. Tempat Wisata di Thailand

Fakta negara Thailand yang lainnya adalah memiliki banyak tempat wisata, sehingga tak heran digandrungi wisatawan mancanegara. Di sana tersedia berbagai macam pilihan wisata kuliner yang lezat hingga wisata edukasi yang penuh dengan budaya dan sejarah. 

9. Lumbung Padi 

Ilustrasi Tanaman Padi di Thailand
Ilustrasi Tanaman Padi di Thailand | Sumber gambar : Freepik

Thailand mendapat julukan Lumbung Padi di Asia Tenggara, karena dari sisi ekonomi, negara ini mampu menghasilkan beras dalam jumlah melimpah. Itulah mengapa Thailand termasuk negara yang cukup banyak mengekspor hasil panen berasnya ke negara lain. 

10. Negeri Gajah Putih

Selain Lumbung Padi, Thailand juga terkenal dengan sebutan Negeri Gajah Putih. Alasan dibalik sebutan itu tidak lain karena masyarakat setempat meyakini bahwa gajah memiliki peran penting bagi kehidupan sehari-hari. Apalagi, gajah putih juga dianggap sebagai simbol yang sakral. 

11. Memiliki Ribuan Kuil

Kuil Buddha di Thailand
Kuil Buddha di Thailand | Sumber gambar: Freepik

Keunikan lainnya yang tidak bisa kamu abaikan ketika liburan ke Thailand adalah wisata kuilnya. Terdapat ribuan kuil tersebar, kurang lebih jumlahnya tiga puluh ribuan. Jika ingin berkunjung ke kuil, pastikan kamu sudah mengenakan pakaian yang sopan.

12. Tata Krama di Thailand

Fakta menarik tentang negara Thailand yang menyangkut tata krama, yaitu hindari menyentuh kepala orang lain sembarangan! Pasalnya, perbuatan tersebut dinilai tidak sopan. Masyarakat setempat menganggap kepala sebagai bagian tubuh yang paling penting. 

13. Banyak Jenis Kelamin 

Lambang gender
Lambang gender | Sumber gambar: Freepik

Secara kodrat, jenis kelamin hanya terbagi menjadi dua, yakni laki-laki dan perempuan. Akan tetapi, yang terjadi di Thailand cukup berbeda. Jumlah jenis kelamin yang diresmikan mencapai 18. Beragam sekali, bukan? 

14. Pernah Dipimpin Raja Berpuluh-puluh Tahun

Idealnya, setiap pemimpin memiliki masa jabatan yang terbatas. Namun, di Thailand pernah ada seorang Raja yang menjabat hingga puluhan tahun lamanya. Raja tersebut bernama Bhumibol Adulyadej yang memimpin dari tahun 1946 sampai 2016. 

15. Bangkok Terkenal Sebagai Venice of the East

Pemandangan Kota Bangkok
Pemandangan Kota Bangkok | Sumber gambar: Freepik

Dulunya, sebagian jalan di kota Bangkok berupa kanal. Maka dari itu, kota ini terkenal akan sebutan Venice of the East. Alasannya karena ada banyak bangunan yang dibangun di atas sungai. 

16. Festival Monyet

Festival monyet di Thailand
Festival monyet di Thailand | Sumber gambar: CNN Indonesia

Pernahkah kamu membayangkan festival hewan? Fakta unik Thailand satu ini memang cukup out of the box. Setiap tahunnya, masyarakat setempat akan menyiapkan berbagai hidangan prasmanan untuk disajikan ke ratusan monyet. 

17. Tidak Boleh Berfoto Bersama Patung dengan Sembarangan

Agama yang mendominasi Thailand adalah Buddha. Tak heran jika kamu menjumpai banyak patung. Namun, perlu kamu catat bahwa ada aturan berfoto dengan patung. Misalnya, kamu harus menunduk atau memposisikan kepala lebih rendah daripada patung. 

18. Bahasa Thailand Sulit Dipelajari

Aksara Thailand
Aksara Thailand | Sumber gambar: Grid Kids

Jika pernah menonton series atau film Thailand, kamu pasti menyadari bahasa negara ini cukup rumit. Bahasa Thailand memiliki 32 vokal, 44 konsonan, dan 5 nada yang berbeda. Selain itu, aksaranya sendiri mirip seperti aksara Jawa, sehingga perlu ketekunan saat menulisnya.. 

19. Bebas Visa Kunjungan

Fakta menarik tentang negara Thailand yang sering menjadi tujuan favorit wisatawan mancanegara lainnya adalah menawarkan bebas visa kunjungan. Kabar baiknya, Indonesia termasuk negara yang mendapat keistimewaan tersebut. 

20. Bangkok Termasuk Kota Terpanas di Dunia

Ilustrasi cuaca panas di Bangkok
Ilustrasi cuaca panas di Bangkok | Sumber gambar: Freepik

Bangkok merupakan kota di Thailand yang termasuk jajaran kota terpanas di dunia. Pasalnya, suhu kota ini bisa mencapai 35 derajat. Jadi, lebih baik kamu memakai baju berbahan tipis, supaya tak terlalu gerah. 

Baca Juga: 10 Wisata Kuliner di Bangkok Thailand Andalan Para Wisatawan

Sudah Tahu Fakta Menarik tentang Negara Thailand?

20 fakta menarik tentang negara Thailand yang perlu kamu ketahui, yakni mulai dari mendapat julukan The Land of Smile hingga Kota Bangkok yang menjadi kota terpanas di dunia. Jadikan fakta-fakta di atas sebagai dasar pengetahuan ketika kamu liburan ke sana. 

Namun, kalau belum ada niatan ke sana dan tertarik membeli produk dari Thailand, maka solusinya adalah Blueray Cargo. agar kamu bisa Import Thailand

Buat kamu yang belum tahu, Blueray Cargo adalah jasa yang melayani pengiriman barang dari luar negeri, meliputi China, Thailand, Hong Kong, hingga Singapura. Kamu bisa mencari barang apapun yang tak bisa dibeli di Indonesia. Selain itu, Blueray Cargo selalu menawarkan harga yang kompetitif dengan kualitas terbaik. 

Alur proses pengiriman barang bermula dari gudang luar negeri, pengiriman via laut atau udara, pengurusan bea cukai, sampai dengan pengiriman paket oleh kurir profesional yang menuju rumahmu.

Facebook
Twitter
LinkedIn