.

Tips Belanja di Pasar Chatuchak Thailand, Surga Barang Murah

Tips Belanja di Pasar Chatuchak Thailand, Surga Barang Murah

Tahukah kamu kalau Pasar Chatuchak Thailand (penduduk setempat kerap menyebutnya pasar JJ) merupakan salah satu pasar terbesar di dunia, lho? Tidak mengherankan sih, karena pasar ini mencakup lahan seluas 27 hektar, dengan lebih dari 15.000 lapak di dalamnya yang terbagi dalam 30 area.

Oleh sebab itu, jika kamu tidak tahu tips dan trik belanja di sini, bisa-bisa liburan kamu justru malah over budget. Belum lagi menghadapi padatnya pengunjung dan hawa panas, bisa bikin kamu kewalahan.

Rute Menuju Pasar Chatuchak Thailand

Ada beberapa rute yang bisa kamu lalui untuk mencapai lokasi pasar ini, antara lain

  1. Pertama, kamu bisa naik BTS Skytrain, turun di Stasiun Mo Chit. Keluar dari Pintu Keluar 1 dan jalan lurus selama sekitar 4 menit (kira-kira 350 meter). Setelah itu, masuk melalui Pintu Masuk 3 pasar di sisi kanan, supaya kamu mendapatkan peta gratis.
  2. Kamu juga bisa naik MRT Subway, turun di Stasiun Chatuchak Park, Exit 1. belok kanan dan lurus sekitar 4 menit . Kemudian, kamu akan segera sampai di Pintu Masuk 3 pasar.

Pasar Chatuchak Thailand Buka Hari Apa?

Jam buka resmi Pasar Chatuchak adalah sebagai berikut:

  • Rabu dan Kamis (khusus lapak Tanaman dan Bunga) : 06.00 – 18.00
  • Jumat (Hari Grosir) : 18.00 – 00.00
  • Sabtu dan Minggu (Hari Pasar Utama, semua lapak buka) : 06.00 – 18.00
  • Tiket masuk: Gratis

Tips Belanja di Pasar Chatuchak Thailand

Mengingat area Pasar Chatuchak Bangkok yang sangat luas, dengan lebih dari 400.000 orang yang mengunjungi pasar ini, wajar jika kamu khawatir tersesat. Tenang, sebelum berbelanja di pasar ini, kamu bisa ikuti beberapa tips berikut.

1. Pahami Tata Letak Pasar Chatuchak

Peta Pasar Chatuchak Thailand
Peta Pasar Chatuchak Thailand | Sumber: Awesomewave.net

Sesuai dengan informasi sebelumnya, bahwa Pasar Chatuchak Bangkok itu sangatlah luas dan terbagi ke dalam puluhan area. Nah, supaya perjalanan kamu lebih terencana dan meminimalisir tersesat, kamu harus pahami dulu tata letak pasar ini.

Bagian Tipe Produk
1 dan 29 Jimat, buku, barang koleksi (antik), instrumen
2 – 4 Pakaian dan aksesoris remaja
5 – 6 Pakaian dan sepatu bekas
7 – 9 Seni, lukisan, keramik, kerajinan tangan, wol, rajut
10 – 24 Kartu pos, souvenir, peralatan perawatan hewan peliharaan, toko hewan
17 – 19 Perlengkapan mendaki, barang kulit, peralatan perak, dekorasi rumah, peralatan rumah tangga, peralatan makan
22 – 26 Tas, sepatu, sutra, bingkai foto, furniture
27 Buku, makanan dan minuman, kerajinan tangan
30 Pakaian dan lain-lain

Jangan khawatir, untuk memahami tata letak ini, kamu bisa kok mendapatkan peta gratis dari loket informasi yang ada di Pintu Masuk 3.

2. Kenakan Pakaian dan Sepatu yang Nyaman

Kenakan Pakaian yang Nyaman jika Belanja di Pasar Chatuchak
Kenakan Pakaian yang Nyaman jika Belanja di Pasar Chatuchak | Sumber: Awesomewave.net

Percayalah, menjelajahi Pasar Chatuchak Thailand bisa jadi memakan waktu berjam-jam, bahkan seharian. Oleh sebab itu, kenakanlah pakaian dan sepatu yang membuatmu rileks sepanjang hari.

Usahakan hindari mengenakan pakaian tebal, karena hawa di sana bisa jadi sangat gerah. Khusus sepatu, usahakan pakai sepatu yang tertutup, karena beberapa gang di pasar bisa jadi terdapat genangan air. Jangan lupa juga untuk memakai topi, kacamata hitam, dan sunblock untuk melindungi kamu dari paparan teriknya sinar matahari.

Baca Juga: 10 Wisata Kuliner di Bangkok Thailand Andalan Para Wisatawan

3. Bawalah Beberapa Tote Bag atau Ransel

Sebagian besar penjual memang memberikan kantong plastik saat menjual barang dagangannya. Akan tetapi, membawa tote bag atau ransel sendiri akan lebih memudahkan kamu dalam membawa belanjaan, daripada harus menenteng berpuluh-puluh kantong plastik.

4. Datanglah Lebih Awal

Kondisi Pasar Chatuchak di Pagi Hari
Kondisi Pasar Chatuchak di Pagi Hari | Sumber: Wikimedia

Demi menghindari keramaian dan kepadatan pengunjung, sebaiknya kamu datang ke pasar lebih pagi sebelum jam buka pasar. Misalnya, pada jam 7 pagi, sudah ada kok beberapa lapak yang buka. Hindari datang pada tengah hari, karena cuacanya akan terlalu panas dan kondisi pasar sudah terlalu ramai.

5. Latihlah Sedikit Bahasa Thailand untuk Berbelanja

Idealnya, saat kamu berbelanja di negeri orang, akan lebih baik jika kamu berbicara dalam bahasa lokal. Tidak perlu sampai handal, cukup kuasai beberapa kata sapaan dan pertanyaan mengenai harga dalam bahasa setempat, seperti “selamat siang”, “berapa”, “terlalu mahal”, “apakah ada diskon”.

Menguasai beberapa kosa kata ini bisa menjadi nilai tambah, terutama saat nanti kamu melakukan tawar menawar.

6. Selalu Sedia Uang Tunai jika Belanja di Pasar Chatuchak

Sebelum berangkat, pastikan kamu membawa uang tunai yang cukup di dompet. Pasalnya, kebanyakan penjual tidak menerima kartu kredit dan pastinya butuh waktu lama untuk berjalan ke ATM.

7. Jaga Asupan Cairan

Hampir mirip seperti belanja di pasar tradisional di Indonesia, cuaca di pasar bisa jadi sangat panas dan bikin haus. Oleh sebab itu, selalu sedia air kemasan merupakan hal wajib untuk menjaga tubuh kamu tetap terhidrasi selama berbelanja. Kamu bisa beli sebelum berangkat atau beli air minum di salah satu lapak di Chatuchak.

8. Jangan Lupa Tawar Menawar

Tawar Menawar di Pasar Chatuchak
Tawar Menawar di Pasar Chatuchak | Sumber: Airportels.asia

Meski harga barang di Pasar Chatuchak Thailand lebih murah daripada di mall, kamu bisa kok tetap bernegosiasi. Jika beruntung, penjual akan menawarkan potongan harga hingga 30% lebih murah, lho.

Tapi pastikan kamu memprioritaskan keramahan dan kesabaran dalam proses tawar menawar, ya. Beberapa lapak sejak awal memasang tanda “harga net” atau “harga pas”, sehingga tidak memungkinkan kamu untuk menawar harga, jadi hormatilah kebijakan mereka.

Hindari menggunakan konotasi yang terkesan sombong dan negatif. Pasalnya, sebagai umat Buddha, orang Thailand mengedepankan keharmonisan dan saling menghormati, tak terkecuali dalam hal jual beli.

9. Waspada

Meskipun berbelanja di Chatuchak sangat asyik, kamu tetap tidak boleh lengah. Jaga barang bawaan kamu tetap aman, agar terhindar dari aksi pencopet, khususnya saat kondisi pasar sedang ramai. Jangan menaruh dompet kamu di saku belakang dan sebaiknya kenakan tas di depan!

Baca Juga: 7 Tempat Belanja Baju di Bangkok untuk Dijual Lagi

Tertarik Belanja di Pasar Chatuchak Bangkok Thailand?

Intinya, Pasar Chatuchak Thailand merupakan surga belanja yang worth it banget kamu kunjungi kalau liburan ke Thailand. Belanja di pasar ini dijamin bakal jadi salah satu pengalaman yang memorable, karena memang selengkap itu. Biar belanja jadi lebih nyaman dan efisien, jangan lupa ikuti tips-tips di atas, ya!

Tapi kalau belum ada budget untuk naik pesawat ke Thailand, kamu bisa kok mengandalkan jasa barang impor barang yang terpercaya, aman, dan murah seperti Blueray Cargo.

Melalui Blueray Cargo, kirim barang dari Thailand jadi lebih mudah, praktis, dan cepat. Gak perlu pusing ngurusin bea cukai dan gak perlu takut kena biaya tambahan. Auto cuan, bukan?

Cara memesan jasa impor dari Blueray Cargo pun tidaklah rumit, karena kamu bisa melakukannya seperti berbelanja online di marketplace. Hanya saja, kamu perlu mencantumkan alamat gudang kami di Thailand. Barulah kemudian kami akan memproses pengirimannya ke alamat kamu di Indonesia. Cukup mudah kan?

Facebook
Twitter
LinkedIn