.

10 Komoditas Ekspor Thailand yang Mendunia dan Bermanfaat

10 Komoditas Ekspor Thailand yang Mendunia dan Bermanfaat

Thailand yang telah mendapat julukan sebagai negara lumbung padi ternyata memiliki keragaman komoditas ekspor. Sumber daya alam yang menjadi komoditas ekspor utama Thailand adalah karet, jati, timah, dan sumber daya lainnya. Apakah kamu mulai penasaran apa saja sih komoditas ekspor Thailand yang mendunia?

Yuk, simak artikel di bawah ini untuk mendalami lebih lagi tentang dunia pengiriman luar negeri dari negara Thailand!

10 Komoditas Ekspor Thailand

Thailand telah menjadi sebuah negara dengan komoditas distribusi luar negeri utama yang beragam, mulai dari hasil tani hingga elektronik. Keberagaman komoditi Thailand dalam dunia ekspor-impor memberikan dampak yang sangat besar bagi pasar dunia dan perekonomian negara. 

Lantas, apa saja komoditas ekspor negara Thailand yang sering diimpor negara lain? Simak poin-poin di bawah ini, yuk!

1. Beras

Beras Leon Thailand
Beras Leon Thailand | Sumber Gambar: Blibli.com

Komoditas ekspor Thailand yang pertama dan menjadi yang utama adalah hasil pertanian terutama beras. Sebagaimana julukan yang telah didapat oleh Thailand sebagai negara lumbung padi, tentu kualitas padi dari negara ini sangat baik. Malaysia, Filipina, dan Singapura adalah importir utama beras Thailand. 

Kualitas yang tinggi dan mampu bersaing di pasar internasional menjadi alasan mengapa beras merupakan komoditi utama distribusi barang ke luar negeri dari Thailand. Dengan tingginya angka distribusi beras Thailand ke luar negeri, terjadilah peningkatan ekonomi negara Thailand lebih dari 4 miliar dolar AS. 

Baca Juga: 10 Beras Thailand Terbaik, Salah Satunya Jadi Beras Terenak di Dunia!

2. Karet 

Kebun Karet
Kebun Karet | Sumber Gambar: SIRCLO Store

Adapun hasil pertanian lainnya yaitu karet yang menjadi komoditas pengiriman ke luar negeri terbesar kedua setelah beras yang berasal dari negara Thailand. Negara Thailand telah sukses dalam mengembangkan sektor pertanian karet sehingga menghasilkan karet yang berkualitas tinggi.

Bagusnya kualitas karet dari negara Thailand membuat beberapa negara seperti Indonesia, Malaysia, dan Vietnam menjadi importir utama sumber daya alam satu ini. Karet sendiri memiliki manfaat untuk dunia otomotif, tekstil, dan manufaktur lainnya. Dengan alasan inilah mengapa ekspor karet dari Thailand melonjak tinggi.

3. Elektronik

AC Daikin 1 PK Thailand
AC Daikin 1 PK Thailand | Sumber Gambar: MyHartono

Selain sumber daya alam berupa hasil pertanian, Thailand juga memiliki komoditas pengiriman ke luar negeri yang utama berupa barang elektronik. Televisi, komputer, dan perangkat telekomunikasi lainnya telah sukses memuncaki kontribusi di sektor elektronik Thailand sebesar lebih dari 14%.

Thailand terus membuktikan usaha kerasnya dalam berinovasi di bidang elektronik sehingga dapat berkontribusi tinggi di pasar internasional. Dengan inovasi yang terus berkembang, membuat Thailand menjadi salah satu negara yang dapat memproduksi semikonduktor terbaik. 

4. Otomotif

Pameran Otomotif Thailand
Pameran Otomotif Thailand | Sumber Gambar: Kompas Otomotif

Komoditas ekspor Thailand yang sukses merajai pasar dunia adalah dari sektor otomotif. Kegigihan Thailand dalam memproduksi otomotif terutama kendaraan bermotor sukses menyumbang lebih dari 10% ke dalam hasil distribusi luar negeri dari Thailand ke seluruh dunia. 

Selain itu, Thailand juga mampu memenuhi permintaan pasar terhadap kebutuhan suku cadang kendaraan. Kemampuan inilah yang mendorong Thailand untuk menjadi negara dengan pengiriman sparepart otomotif terbaik di Asia Tenggara. 

Baca Juga: 8 Rekomendasi Knalpot Thailand Awet dan Terbaik untuk Racing

5. Perikanan

Hasil Ikan Thailand
Hasil Ikan Thailand | Sumber Gambar: DW

Kemudian, ada juga hasil perikanan yang menjadi komoditas ekspor Thailand yang cukup besar. Hasil laut seperti udang, cumi-cumi, dan kepiting serta olahan ikan laut lainnya seperti ikan asin dan udang kering menjadi komoditas utama Thailand. Thailand telah sukses melakukan ekspor sebanyak lebih dari 2 juta ton. 

Besarnya, hasil pengiriman dari Thailand ke beberapa negara Asia seperti Korea Selatan ini menjadikan sektor perikanan negara Thailand sebagai penyumbang hasil ekspor tertinggi. Selain itu, Jepang juga menjadi importir terbesar untuk hasil perikanan negara Thailand. 

6. Hasil Tambang

Meisidian Thailand
Meisidian Thailand | Sumber Gambar: AliExpress

Sumber daya alam yang menjadi komoditas ekspor utama Thailand adalah hasil tambang berupa batu mulia, mutiara, dan logam mulia. Hasil tambang dari negara Thailand telah menyumbangkan kontribusi di sektor ekspor tambang sebesar 3,29%.

Logam mulia dan batu mulia dari pertambangan Thailand memiliki nilai keindahan yang cukup tinggi sehingga menarik minat pasar internasional. Selain hasil tambang berupa batuan mulia, Thailand juga menghasilkan komoditas lainnya berupa batu bara, minyak bumi, dan gas alam.

7. Produk Makanan dan Minuman

Pad Thai
Pad Thai | Sumber Gambar: Kompas.com

Negara Thailand terkenal dengan beberapa masakan khas seperti tomyam, pad thai, dan green curry. Makanan-makanan tersebut ternyata menjadi komoditas ekspor Thailand yang dikirimkan ke beberapa negara di dunia. Selain makanan, Thailand juga memproduksi minuman seperti teh Thai dan jus buah yang telah mendunia.

8. Pakaian

Kumpulan Baju Ekspor Thailand
Kumpulan Baju Ekspor Thailand | Sumber Gambar: NEWS ATALOEN

Selanjutnya, pakaian merupakan salah satu komoditas utama bagi negara Thailand yang akan dikirim ke luar negeri. Sektor tekstil ini menjadi telah merambah pasar internasional dengan berbagai bentuk tekstil. Kain sutra, kain tenun, dan busana muslim merupakan jenis paling banyak diekspor oleh negara-negara di dunia. 

9. Bahan Kimia

Bahan Kimia Tsp Tridosium Phosphate
Bahan Kimia Tsp Tridosium Phosphate | Sumber Gambar: Tokopedia

Bahan kimia juga menjadi salah satu komoditas ekspor dari negara Thailand. Meskipun tidak sebanyak komoditi lainnya, namun bahan kimia telah berkontribusi sekitar 1,83% di sektor ekspor Thailand. Bahan kimia yang berasal dari Thailand menjadi bahan baku utama bagi beberapa industri di dunia.

10. Minyak Kelapa Sawit

Hasil Sawit
Hasil Sawit | Sumber Gambar: Koran TEMPO – TEMPO.co

Selain hasil pertanian dan tambang, Thailand juga memiliki komoditas ekspor berupa minyak kelapa sawit. Thailand telah sukses melakukan ekspor minyak kelapa sawit sebanyak 1,3 juta ton di tahun 2020. Baiknya lagi, harga minyak kelapa sawit dari Thailand cenderung stabil di pasar internasional.

Baca Juga: 15 Produk Thailand yang Mendunia Paling Best Seller

Pilih Jasa Importir Terbaik untuk Komoditas Ekspor Thailand!

Komoditas ekspor Thailand memang cukup banyak dan selalu sukses mendominasi pasar internasional. Kamu juga dapat melakukan pengiriman barang dari Thailand dengan menggunakan blueraycargo.id. Jasa Blueray Cargo sangat cocok untuk mengirimkan segala jenis barang, mulai dari pakaian, alat elektronik, hingga beras.

Blueray Cargo siap menjemput di gudang luar negeri, mengambil barang pesanan kamu, mengurus bea cukai, dan mengirimkan langsung ke rumahmu. Jadi, jika ingin membeli salah satu produk ekspor dari Thailand, bisa banget untuk menggunakan jasa dari Blueray Cargo ini. Pedagang grosir sudah jadi salah satunya.

Baiknya lagi, perusahaan ini merupakan pemain lama di bidang ekspor dan impor. Dengan 20 tahun pengalaman, para staf sudah berpengalaman dalam pengiriman internasional. Tidak hanya berpengalaman, namun perusahaan ini juga menawarkan asuransi. Tunggu apa lagi? Yuk, pesan jasa yang terjamin aman dan terpercaya!

Facebook
Twitter
LinkedIn