Cara Importir Melakukan Impor Barang Dari China, Perhatikan Baik Baik!

Cara Importir Melakukan Impor Barang Dari China, Perhatikan Baik Baik!

Kegiatan ekspor maupun impor sendiri sudah pasti tidak pernah terlepas dari yang namanya prosedur. Kamu harus mengetahui bagaimana cara maupun prosedur yang bisa kamu perhatikan sebagai importir saat melakukan import barang dari negara lain termasuk negara China. Untuk itu, perhatikan bagaimana cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

Cara Importir Barang Dari China

Pemahaman mengenai prosedur import barang China menjadi hal yang penting untuk kamu perhatikan. Simak selengkapnya berikut ini agar tidak salah dalam memahami bagaimana saja yang harus kamu lakukan!

1. Menentukan Harga Serta Sistem Perdagangan

Pertama, kamu perlu menentukan atas dasar apa kamu membayarkan harga dengan sejumlah uang tersebut kepada mereka. Ini merupakan hal penting yang harus kamu tentukan dalam cara importir barang dari China.

Terdapat lima aturan yang paling populer dalam kegiatan transaksi semacam ini. Ada istilah FOB, CFR, CIF, DDP, dan juga FAS serta masih ada istilah lainnya. Istilah tersebut menunjukkan kapan tanggung jawab dan juga kewajiban biaya si Supplier akan berakhir.

2. Menentukan Cara Serta Biaya Pengiriman

Menentukan cara dan biaya pengiriman menjadi cara importir barang dari China yang selanjutnya. Kamu harus bisa memastikan berapa besaran yang harus kamu bayarkan dalam pengiriman yang kamu lakukan itu. Dengan memastikannya, kamu bisa mengetahui dengan pasti biaya yang harus kamu bayarkan.

3. Menentukan Jasa Forwarder dan Jalur Pengiriman Serta Asuransi

Pemilihan jasa forwarder menjadi hal yang harus kamu perhatikan dalam cara importir barang China yang selanjutnya. Memilih jasa importir yang baik, bisa membuatmu menjadi lebih mudah dalam mengurus serta memenuhi seluruh persyaratan dokumentasi dan urusan kepabeanan nantinya.

Selain itu, kamu juga harus menentukan jalur pengiriman yang akan kamu pakai. Kamu bisa memilih untuk menggunakan jalur laut maupun udara untuk mendatangkan barang dari China.

4. Memahami Aturan Kepabeanan Serta Menentukan Cara Pembayaran

Aturan mengenai kepabeanan menjadi hal penting berikutnya dalam cara importir barang dari China. Pahami apa saja batasan atau larangan impor yang berlaku sesuai aturan kepabeanan. Pastikan barang yang akan kamu datangkan, lolos dari aturan tersebut.

Kemudian, kamu juga perlu menentukan bagaimana cara pembayaran yang harus kamu lakukan. Terdapat berbagai macam jenis pembayaran mulai dari transfer bank, kartu kredit, wesel inkaso, dan lain sebagainya.

5. Melengkapi Dokumen dan Mengurus Perijinan

Setelah barang kamu dikirim, kamu akan mendapatkan beberapa dokumen yang nanti akan berguna untuk mengurus kepabeanan. Dokumen tersebut yaitu berupa comercial invoice, bill of landing, airway bill, certificate of origin, dan juga packing list.

Setelah itu, prosedur cara importir melakukan import barang dari China selanjutnya adalah mengurus perijinan impor. Kamu bisa mengurus hal ini sendirian atau bisa juga menggunakan jasa pihak lain untuk membantumu.

6. Membayar Bea Masuk Kemudian Menerima Barang

Terakhir, kamu perlu membayar bea masuk dalam prosedur atau cara importir melakukan import barang dari China. Seluruh barang dari luar negeri pasti akan dikenakan biaya bea masuk kecuali barang yang memiliki tujuan untuk hadiah, kesejahteraan rohani, tujuan kebudayaan, amal, dan lain sebagainya.

Setelah membayarkannya, barulah kamu bisa menerima barang tersebut dna melakukan klaim asuransi apabila terdapat masalah pada barang tersebut.

Itulah Cara Importir Barang Dari China

Lebih mudahnya, kamu bisa menggunakan jasa importir barang China Blueray Cargo. Hubungilah kontak WA Blueray Cargo agar kamu bisa mengimpor barang dari China dengan lebih mudah!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis