Freight Forwarder: Definisi dan Keuntungan Dalam Menggunakan Jasanya

Freight Forwarder: Definisi dan Keuntungan Dalam Menggunakan Jasanya

Bagi kamu yang suka membeli barang melalui impor, ada salah satu jasa yang akan digunakan oleh perusahaan impor dimana kamu membeli barang. Jasa tersebut berasal dari freight forwarder. Perusahaan satu ini merupakan penyelia yang sangat membantu proses ekspor impor. Namun apa sih definisi dari freight forwarder?

Definisi Freight Forwarder

Berbicara tentang ekspor impor memang tidak bisa jauh dari jasa-jasa pengiriman sekaligus jasa gudang untuk penyimpanan barang. Definisi dari freight forwarder adalah sebuah jasa yang melayani penataan gudang dan pengiriman barang sebagai wakil pengirim. 

Beberapa keberagaman pelayanan yang jasa satu ini berikan meliputi tracking pengiriman barang, mempersiapkan dokumen untuk pemesanan dan pengiriman barang, menjadi warehouse atau pusat gudang, memesankan cargo atau transportasi lain, hingga memberi jasa negosiasi barang yang akan penjual beli. 

Dengan definisi freight forwarder yang berjasa sebagai pengatur usaha ekspor dan impor, jasa ini lebih terkenal akan layanannya sebagai perusahaan yang menyatukan dua pihak antara si penjual yang mengirim barang dan transportasi untuk pengiriman barang. 

Tugas utama perusahaan ini adalah sebagai negosiator untuk transportasi pengiriman barang, mulai dari transportasi darat, laut, hingga udara. Ia juga bertugas untuk mendapatkan biaya pengiriman dan pengurusan pajak barang dengan harga yang paling terjangkau. 

Keuntungan Menggunakan Jasa Freight Forwarder

Karena perusahaan jasa ini berguna terutama dalam mendapat harga terjangkau, maka dari itu ia banyak dicari dan banyak pula penjual maupun perusahaan besar yang menggunakan jasanya. Berikut adalah keuntungan yang dapat kamu dapatkan sebagai penjual barang apabila menggunakan jasa dari freight forwarder.

1. Kemudahan dalam Pengiriman Barang

Keuntungan pertama dalam menggunakan jasa ini adalah kamu akan mendapatkan pelayanan lengkap untuk proses pengiriman barang hingga sampai di tujuan pembeli. Kamu tidak perlu turun tangan karena freight forwarder siap menyiapkan dokumen, transportasi, hingga jasa pengiriman mana yang kamu gunakan. 

2. Menghemat Waktu

Yang kedua, kamu akan memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan hal lain. Sebab urusan pengiriman telah dipegang penuh oleh jasa freight forwarder. Saat sudah menyerahkan tugas tersebut, kamu bisa melakukan hal lain seperti promosi barang hingga mengemas barang pembelian customer. 

Selain itu kamu juga tidak perlu mengirim barang ke konter jasa logistik sebab pelayanan tersebut juga sudah termasuk dalam jasa yang perusahaan berikan. 

3. Mempercepat Barang Agar Segera Sampai di Tujuan

Keuntungan yang ketiga adalah pengiriman barang bisa jadi lebih cepat sampai di tujuan. Hal ini disebabkan oleh efisiensi yang freight forwarder lakukan dalam pemilihan jasa logistik sekaligus penentuan biaya pengiriman yang lebih terjangkau.

Selain itu perusahaan dengan jasa ini pasti lebih paham transportasi mana yang harus mereka gunakan dalam mengirim barang pesanan. Mereka juga akan mengatur rute mana, berapa ongkos kirim, serta perkiraan waktu barang bisa sampai di tujuan.  

4. Menyesuaikan Pengiriman dengan Kebutuhan 

Mengirimkan barang dengan jumlah yang lebih sedikit akan membuat kamu merugi, namun dengan menggunakan jasa freight forwarder kamu bisa menghemat lebih banyak. Mereka akan menyesuaikan segala urusan pengiriman dengan jumlah barang yang kamu kirim tanpa perlu takut rugi dengan barang yang sedikit. 

Siapkah Kamu Menggunakan Jasa Freight Forwarder?

Setelah mengetahui apa saja keuntungan yang diberikan oleh jasa satu ini, kamu pasti lebih tertarik menggunakan jasanya sebab akan membantu pengiriman barang kepada konsumen. Pilihlah jasa terbaik yang aman dan legal.

Selain itu, apabila kamu memiliki barang pesanan dari China, gunakan jasa importir barang China Blueray Cargo yang aman. Untuk informasi selengkapnya silahkan hubungi CP

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
kualitas barang impor

Alasan Penting Kualitas Barang Impor

Kualitas barang impor tidak boleh kamu lewatkan. Sebab, selain harga, kualitas dari barang atau produk yang kamu jual akan memengaruhi keputusan para pembeli. Selain itu,