Pengertian dan Cara Cek HS Code, Mudah dan Cepat!

Pengertian dan Cara Cek HS Code, Mudah dan Cepat!

Apakah Anda memiliki usaha pada bidang ekspor dan impor? Atau Anda tertarik ingin menggeluti bidang ini? Jika iya, pasti Anda tidak asing lagi dengan nama HS Code. Kode penting ini adalah penanda klasifikasi pada barang yang akan Anda ekspor ataupun Anda impor. Lalu sebenarnya apa pengertian dan bagaimana cara cek HS Code.

Pengertian HS Code

HS (Harmonized System) Code adalah sistem yang terpakai pada produk perdagangan internasional yang berguna untuk mengklasifikasikan suatu produk berdasarkan nomor ataupun nama. Klasifikasi HS Code ini dikelola oleh World Custom Organization (WCO) yang sebelumnya berada pada tangan Custom Cooperation Council.

Sementara itu, pada Indonesia, sistem cek HS Code ini tercatat pada sesuatu buku yang memuat daftar tariff perdagangan. Buku tersebut adalah Buku Tarif Bea Masuk Indonesia (BTBMI). Nah, konvensi ataupun klasifikasi HS Code ini sudah terpakai sejak tahun 1988.

Kegunaan HS Code

Dengan melakukan cek HS Code, artinya Anda sudah dapat membayar tariff pajak untuk barang impor maupun ekspor Anda berdafasarkan tariff pajak dari kode HS tersebut.

Jenis-Jenis pajak tersebut adalah sebagai berikut :

  • Pajak Dalam Rangka Impor (PDRI)
  • Tarif Masuk
  • Tarik Keluar
  • Pajak Pertambahan Nilai (PPN)

Keempat jenis tersebut akan mengklasifikasikan barang-barang Anda yang akan memiliki jumlah tariff yang berbeda-beda pula. Adanya penomoran HS Code ini pula, pemerintah dapat menetapkan kebijakan dan pemberian fasilitas yang dapat berguna bagi seluruh perdagangan antar Negara. Selain itu, HS Code juga berguna sebagai alat pantau pergerakan komuditi yang ada di seluruh dunia.

Cara Cek HS Code

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan dalam mengecek HS Code, salah satunya adalah memakai website-website yang tersedia di Internet.

Website-website itu contohnya INSW, Inatrade, dan BTKI. Langkah-langkah cara cek HS Code juga sama. Seperti pada langkah-langkah berikut ini :

–  Masuk ke dalam situs resmi INSW.

–  Klik tombol “Indonesia NTR”, lalu pilihlah menu “HS Code Information”.

–  Lalu, akan muncul halaman “Parameter” dan “Keyword”.

–  Ketuk tombol Parameter dan akan muncul beberapa pilihan seperti HS Code, BTBMI, dan lartas Impor/Ekspor. Pilihlah menu HS Code, agar Anda dapat mengecek melalui Kode HS yang sebelumnya sudah Anda ketahui. Namun, jika Anda belum mengetahui HS Code Anda, tombol BTBMI adalah solusi karena akan mengategorikan sesuai nama dan kategori barang.

– Pilih kolom Keyword dan masukkan kata kunci sesuai dengan deskripsi yang Anda miliki terhadap barang Anda. Contohnya : Jika Anda ingin mencari HS Code mengenai baju, silahkan masukkan kata baju pada kolom keyword tersebut.

– Setelah itu, cari yang mana dekkripsi baju yang pas sesuai dengan baju yang ingin Anda cek.

– Lalu, Anda wajib memasukkan Kode Captcha untuk langsung terarah ke page baru yang memiliki informasi lengkap terkait HS Code yang Anda miliki.

Mulai Mengecek HS Code Milikmu Sekarang!

Itulah penjelasan singkat beserta cara cek HS Code yang bisa kamu lakukan. Nah, Untuk kamu yang ingin memulai bisnis ekspor, terkhususnya Impor. Gunakanlah jasa importer barang China Blueray Cargo, dan silahkan menghubungi kontak berikut ini. Semoga berhasil!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis