Belajar Jadi Importir Untuk Meraih Kesuksesan

Belajar Jadi Importir Untuk Meraih Kesuksesan

Perkembangan dunia digital saat ini memberikan dampak yang besar dan menguntungkan bagi pebisnis. Salah satunya bisnis importir yang banyak anak muda mulai merintisnya. Namun untuk memulainya terdapat langkah – langkah untuk belajar jadi importir yang baik dan benar yang harus kamu pahami. 

Menjadi importir memang tidak bisa kamu lakukan dengan begitu saja tanpa adanya wawasan dalam melakukannya. Dengan belajar import barang nantinya akan memberikan pandangan dan terhindar dari kesalahan yang tidak kamu inginkan kedepannya.  

Langkah – Langkah Untuk Belajar Menjadi Importir

Terdapat beberapa langkah yang harus kamu lakukan sebelum menjadi pebisnis importir, antara lain :

1. Menentukan Produk Yang Akan Di Impor

Belajar jadi importir yang pertama yaitu harus menentukan produk yang akan kamu import. Setiap barang yang kamu import nantinya harus memiliki nilai jual tinggi atau laku di pasaran. Maka dari itu ada beberapa cara untuk menentukan barang yang laku di pasaran saat ini, yaitu :

  • Dengan mengecek barang atau produk yang laku di e-commerce atau toko online. Caranya mudah sekali dengan kamu membuka setiap toko online yang ada dan cek apa saja barang yang banyak orang cari. 
  • Melakukan survey lapangan langsung. Kamu bisa memulai dengan mengunjungi pasar, mall, dan toko – toko offline lainnya yang tersebar. 
  • Dengan mengecek trend pasar. Kamu bisa mencari tahu dengan teliti dan sabar apa yang dibutuhkan oleh pasar atau yang sedang trend di pasaran.  

2. Menentukan Harga Barang Impor

Untuk satu ini merupakan suatu hal yang penting juga yaitu harus menentukan harga barang yang akan kamu impor. Bisa dengan melihat harga pasar barang dari toko offline atau online. Kemudian mengecek harga barang dari produsennya langsung. Jangan sampai harga dari produsen lebih tinggi dari harga pasarannya. 

3. Mencari Sasaran Produsen Yang Kamu Pilih

Selanjutnya dalam belajar jadi importir harus mencari produsen mana yang akan kamu jadikan target impor. Usahakan untuk memilih produsen yang memiliki rating baik, bagaimana respon dari pelanggan produk tersebut, penghargaan apa saja dari produsen, dan lainnya. Hal tersebut berlaku untuk toko online atau offline pastinya. 

4. Membayar Barang Yang Kamu Impor

Dalam masalah pembayaran jangan sampai ada yang salah dalam prosesnya karena bisa menimbulkan kerugian yang tidak terduga. Kamu harus tahu cara mengkonversi mata uang karena biasanya transaksi barang impor menggunakan jenis mata uang Dolar (USD). 

5. Tentukan Jasa Pengiriman

Untuk langkah selanjutnya yaitu menentukan jasa pengiriman yang akan kamu gunakan. Banyak sekali jasa pengiriman yang menggunakan jalur darat, air, dan udara. Pastikan jasa pengiriman yang kamu pilih bertanggung jawab dalam setiap proses pengiriman. Harus terdapat juga asuransi pada jasa pengiriman tersebut. 

6. Membayar Pajak Barang Impor

Dalam belajar jadi importir satu ini merupakan hal penting yang harus kamu lakukan sebagai warga negara yang baik. Membayar pajak menjadi kewajiban setiap orang salah satunya saat membeli barang dari luar negeri. Kamu harus memahami bagaimana mekanisme pajak dalam negeri dan cara menghitungnya. 

Kamu Tertarik Untuk Menjadi Importir?

Dengan demikian langkah – langkah dalam belajar untuk menjadi seorang importir yang dapat kamu pahami dan terapkan. Terdapat juga jasa importir barang china dari Blueray Cargo untuk kamu gunakan jika ingin membeli barang impor dengan mudah. Kemudian bisa kamu jadikan referensi bagaimana cara importir bekerja. Semoga sukses!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis