Bisnis Eksport Import dan Tips Mengembangkannya

Bisnis Eksport Import dan Tips Mengembangkannya

Pada zaman sekarang perkembangan teknologi memberikan kemudahan dalam berbagai hal. Salah satunya merintis bisnis eksport import yang banyak dilakukan oleh anak muda sekarang. Kemudian bisnis tersebut kebanyakan melakukan kegiatan ekspor dan impor barang dari china karena banyak peluang bisnisnya. 

Apa Itu Bisnis Eksport Import?

Bisnis ini bisa terbilang sebagai kegiatan jual beli barang dengan jangkauan wilayah yang luas atau internasional. Untuk eksport merupakan kegiatan menjual atau mengirim barang ke berbagai wilayah di seluruh dunia. Sedangkan impor yaitu kegiatan membeli suatu barang dari luar negeri untuk pribadi atau dijual kembali. 

Dalam bisnis tersebut terdapat orang yang menjalankannya yaitu eksportir dan importir. Mereka memiliki tugas untuk membantu proses ekspor maupun impor dari permintaan klien yang ingin menjual atau membeli barang. Kemudian mereka juga sudah berpengalaman dan terpercaya.   

Tips Meningkatkan Bisnis Eksport Import

Terdapat beberapa tips yang dapat kamu terapkan jika sudah memiliki bisnis tersebut agar lebih berkembang, antara lain :

1. Memaksimalkan Efisiensi Operasional 

Yang pertama yaitu kamu dapat memaksimalkan efisiensi operasional bisnis tersebut. Permintaan dari pelanggan yang menggunakan jasa dari bisnis kamu harus bisa memprosesnya secara cepat. Jika hal tersebut sampai memakan waktu yang lama dapat mengurangi kepercayaan pelanggan dengan bisnis kamu.

Gunakan sistem untuk menjalankan proses – proses yang ada secara otomatis sehingga bisa menciptakan efisiensi dalam bisnis kamu. Carilah software yang cocok untuk mendukung proses eksport import dan pastikan juga mudah untuk penggunaannya.

2. Tidak Hanya Transaksi Dengan Dollar (USD)

Dalam bisnis ini pastinya akan menerima pelanggan dari berbagai negara yang memiliki mata uang berbeda – beda. Sehingga jangan membatasi hanya menggunakan transaksi mata uang dollar saja. Berikan kemudahan untuk setiap pelanggan yang melakukan transaksi dengan mata uang negaranya. 

Namun dalam bisnis eksport import kamu, jangan menggunakan sistem yang manual, gunakanlah sistem yang sudah otomatis agar mempermudah hal tersebut. Terdapat software yang bisa kamu gunakan dan setidaknya memiliki fitur multi-currency.  

3. Memahami Budaya Negara Lain

Setiap kebudayaan di berbagai negara memiliki perbedaannya masing – masing. Dalam dunia bisnis, kamu harus bisa memahami kebudayaan negara lain karena orang – orang yang kamu temui berasal dari negara berbeda. Dengan begitu dapat mempermudah untuk menjalin hubungan atau kerja sama dengan pelanggan. 

4. Ketahui Jam Global

Kita ketahui bahwa setiap negara memiliki perbedaan waktu. Dalam bisnis eksport import ini, banyak orang yang mengatakan tidak cukup hanya memberlakukan 8-9 jam kerja saja. Saat kamu sedang beristirahat maka negara lain bisa saja baru mulai beraktivitas. Namun bukan berarti juga mengelola bisnis selama 7 hari 24 jam.

Kamu bisa mulai dengan menentukan strategi untuk mengatasi hal tersebut. Bisa dengan menggunakan sistem inventory yang pastinya sudah terhubung dengan cloud server. Kemudian dengan menggunakan media chatting yang biasa orang – orang dari berbagai negara gunakan seperti WeChat, Line, Facebook, dan lainnya.

5. Memperhatikan Arus Kas Bisnis Eksport Import Kamu

Dalam bisnis apapun, kamu harus bisa memperhatikan arus kas (cash flow). Salah satunya untuk bisnis eksport import kamu jika terdapat indikasi arus kas yang sehat maka bisnis tersebut berjalan dengan lancar. Namun jika terjadi kas yang kurang baik maka menandakan bisnis kamu tidak lancar dan harus segera diatasi. 

Sejauh Mana Perkembangan Bisnis Eksport Import Kamu?

Dengan begitu, bisnis eksport import ini sangat menguntungkan di era digital seperti ini. Kamu sebagai anak muda bisa memulainya dan kembangkan bisnis tersebut. Terdapat jasa importir barang china Blueray Cargo yang dapat kamu gunakan dan sebagai pandangan bagaimana bisnis eksport atau import barang bekerja. Jasa tersebut akan membantu dalam kebutuhan eksport dan import kamu sehingga mempermudah dan menghemat tenaga. Kamu dapat menghubungi melalui Kontak WA jika ingin memakai jasanya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis