7 Kebijakan Perdagangan Internasional yang Perlu Anda Ketahui

7 Kebijakan Perdagangan Internasional yang Perlu Anda Ketahui

Perdagangan internasional merupakan hal yang tidak bisa lepas antar negara. Hal ini karena kondisi geografis wilayah yang berbeda sehingga mengakibatkan sumber daya alam yang tersedia pada masing-masing negara pun berbeda-beda. Untuk memenuhi kebutuhan hidup maka perdagangan antar negara pun terjadi. Terdapat Kebijakan perdagangan internasional menjadi hal penting yang perlu Anda perhatikan.

Kebijakan ini mencakup beberapa hal yang harus terpenuhi saat Anda akan melakukan transaksi antar negara. Tentunya kebijakan ini nantinya akan menentukan sebuah perdagangan berlangsung secara resmi sehingga bebas dari kata illegal. Namun, apa sajakah kebijakan tersebut? Berikut ringkasannya untuk Anda.

Beberapa Kebijakan Perdagangan Internasional

Terdapat beberapa kebijakan yang perlu Anda pahami saat melakukan transaksi antara negara, yakni :

1. Tetapan Tarif

Untuk perdagangan internasional terdapat tarif yang harus terpenuhi oleh masing-masing pelaku transaksi. Tarif ini mencakup biaya barang yang masuk dalam wilayah pabean. Dengan kata lain setiap barang impor atau barang dari negara lain memiliki biaya masuk (bea masuk).

Hal ini tentunya bertujuan untuk menyeimbangkan permintaan barang impor dengan barang lokal yakni produk dalam negeri. Dengan adanya bea masuk maka barang impor memiliki harga yang lebih mahal. Hal ini akan membuat persaingan antara barang lokal dan barang impor bisa seimbang.

Dengan harga yang lebih tinggi itu juga menjadi sebuah strategi untuk menyokong dan meningkatkan eksistensi barang lokal. Sehingga konsumen akan lebih memiliki barang lokal yang memiliki biaya lebih murah daripada barang impor.

2. Penetapan Kuota Impor

Negara juga memberikan batasan jumlah barang impor yang bisa dipesan. Hal ini memberikan dampak berupa terbatasnya ketersediaan produk luar negeri yang menyebabkan harganya lebih mahal daripada produk lainnya. Sehingga hal ini akan mendorong produksi barang dalam negeri semakin meningkat sehingga permintaan barang impor pun menurun.

3. Kebijakan Ekspor Impor

Kebijakan perdagangan internasional lainnya berhubungan dengan larangan kegiatan ekspor impor. Hal ini tentunya bertujuan untuk mencegah tersebar luasnya produk luar negeri dalam pasar lokal. Sehingga nantinya permintaan terhadap produk lokal semakin meningkat dan mampu mendukung perekonomian masyarakat.

4. Subsidi

Kebijakan ini merupakan bentuk dari bantuan pemerintah untuk mengurangi biaya produksi bagi masing-masing produk. Sehingga dengan adanya kebijakan berupa subsidi ini produk lokal akan terjual dan tersebar secara meluas dengan harga yang murah. Dengan demikian, permintaan produk lokal semakin meningkat dan perekonomian masyarakat pun semakin terjamin.

5. Premi

Premi menjadi salah satu kebijakan perdagangan internasional yang pemerintah berikan kepada produsen. Melalui kebijakan tersebut produsen memiliki tambahan biaya untuk memproduksi produk hingga berhasil mencapai target. Target tersebut dapat berupa kualitas bahan baku dan produk hingga jumlah unit setiap produk.

6. Dumping

Dumping merupakan kebijakan yang menjual produk ke luar negeri dengan harga yang murah. Bahkan kisaran harga dari produk yang terjual berada di bawah angka harga produksi. Tentunya kebijakan ini hanya berlaku dalam jangka waktu yang singkat.

Setelah produsen mampu menguasai pasar internasional maka harga jual dari produk akan sesuai dengan harga normal. Hal ini tentunya untuk menutupi kerugian yang terjadi saat pemberlakukan kebijakan dumping. Namun, terdapat pula beberapa produsen luar negeri yang membeli produk tanpa kebijakan tersebut.

7. Devaluasi

Kebijakan ini berupa penurunan mata uang dalam negeri terhadap mata uang asing dengan kesengajaan. Hal ini akan mengakibatkan harga barang dari luar negeri semakin tinggi dan barang lokal menjadi lebih murah. Tentunya kebijakan tersebut bertujuan untuk mengurangi permintaan barang impor dan memperbesar kegiatan ekspor serta meningkatkan devisa.

Sudah Paham Apa Saja Kebijakan Perdagangan Internasional?

Penetapan kuota ekspor impor tentu tidak menjadi masalah apabila masih dalam batas wajar. Artinya, produk yang masuk ke dalam negeri pastinya sudah melalui pemeriksaan oleh bea cukai sehingga tidak akan mengganggu perekonomian negara.

Selain itu, menggunakan jasa ekspor impor yang legal dan terpercaya sangat dianjurkan oleh pemerintah untuk menghindari penyelundupan dan penumpukan barang impor dari luar negeri

BluerayCargo telah dipercaya sebagai agen ekspor impor terbaik yang legal di Indonesia. Anda bisa menggunakan jasanya jika ingin melakukan impor barang, terutama dari China. 

Anda bisa melakukan penawaran melalui website Blueraycargo.id sebagai jasa importir barang China terbaik atau menghubungi kontak BluerayCargo untuk melakukan konsultasi impor barang secara mudah, cepat, dan aman. Yuk, coba sekarang juga!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis