Penting! Manfaat Perdagangan Internasional Yang Harus Anda Tahu

Manfaat Perdagangan Internasional
Containers in international shipping dock waiting to import or export and transportation. Top view of loading containers on the ship in the port.

Perdagangan internasional membantu meningkatkan perekonomian negara. Mudahnya, perdagangan ini dapat Anda temukan saat berbelanja barang-barang dari luar negeri di marketplace. Barang-barang itu dikenal dengan barang impor. 

Banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan kegiatan perdagangan antarnegara ini. Apa saja manfaat perdagangan internasional? Simak artikel ini untuk mengetahuinya.

Apa Itu Perdagangan Internasional?

Ketika dua negara melakukan kegiatan perdagangan, itulah yang disebut dengan perdagangan internasional. Jenis perdagangan ini dapat terjadi ketika ada aktivitas dagang dari dua negara berbeda dan aktivitas tersebut sudah disetujui oleh kedua belah pihak. 

Perdagangan ini juga dapat dilakukan oleh perseorangan ataupun kelompok. Melalui kegiatan tersebut, akan terjalin hubungan kerja sama ekonomi antarnegara.

Macam-macam Manfaat Perdagangan Internasional

Setelah mengetahui definisinya, apa saja manfaat perdagangan antarnegara bagi suatu negara? Simak penjelasan berikut.

Manfaat yang paling utama, setiap warga negara dapat memiliki standar kehidupan yang lebih baik dengan adanya perdagangan internasional. 

Kedua, membuka peluang bagi negara lain untuk dapat memanfaatkan sumber dayanya secara seimbang. Tidak hanya itu, perdagangan internasional dapat membangun ikatan ekonomi antarnegara sehingga menimbulkan keuntungan finansial bagi keduanya.

Selain itu, terdapat manfaat perdagangan internasional lainnya bagi sebuah negara, yaitu:

1. Kemakmuran Negara

Perdagangan yang dilakukan dua negara dapat meningkatkan kemakmuran negara-negara tersebut. Kemakmuran dapat dilihat dari kegiatan pelaku ekonomi, yaitu produsen, pemerintah, dan konsumen.

Ketiga pelaku ekonomi tersebut akan sama-sama mendapatkan manfaat dari kebijakan perdagangan antarnegara. 

Sebagai contoh, produsen akan mendapatkan kemakmuran jika berhasil meningkatkan keuntungan dari menjual dagangannya ke negara lain. Pemerintah, akan makmur karena mendapatkan devisa negara, dan konsumen juga akan makmur karena dapat dengan mudah memperoleh suatu barang.

2. Pertukaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Manfaat perdagangan internasional yang kedua, yaitu pertukaran ilmu pengetahuan dan teknologi. Aktivitas perdagangan antar dua negara membuka peluang bagi suatu negara untuk melakukan pembelian barang berbasis teknologi canggih. 

Contohnya, mesin atau alat modern kepada negara lain yang memerlukannya. Oleh karena itu, terdapat pertukaran teknologi dan ilmu pengetahuan yang lebih cepat di negara yang melakukan pembelian.

3. Mengurangi Angka Pengangguran

Angka pengangguran dapat berkurang jika pelaku perdagangan internasional memerlukan tenaga kerja. Apabila produsen mendapatkan pesanan yang melebihi kapasitas, produsen perlu meningkatkan jumlah tenaga kerja. Dengan begitu, produsen yang membuka lapangan pekerjaan dapat membantu mengurangi angka pengangguran di negaranya.

4. Stabilitas Harga

Perdagangan internasional memiliki manfaat menstabilkan harga secara tidak langsung. Harga di pasar domestik suatu negara akan menjadi lebih stabil jika perdagangan internasional dapat mengatasi kurangnya ketersediaan barang dengan kegiatan impor. Barang yang langka memiliki harga yang mahal.

Berlaku juga sebaliknya. Jika suatu negara memiliki ketersediaan barang yang terlalu banyak, harga barang tersebut akan turun. Oleh karena itu, negara dapat mengatasinya dengan melakukan kegiatan ekspor ke negara lain.

5. Efisiensi dan Spesialisasi

Manfaat lainnya, yaitu efisiensi dan spesialisasi. Kegiatan ekonomi antarnegara dapat membuat sebuah negara memiliki keahlian di bidang ekonomi tertentu. 

Artinya, warga di negara yang melakukan perdagangan internasional akan memiliki keahlian khusus yang berbeda dari negara-negara lainnya. Dengan begitu, hasil produk dan jasa akan memiliki nilai jual yang tinggi dan dapat diekspor di luar negeri.

6. Hubungan Internasional

Perdagangan internasional memungkinkan adanya hubungan persahabatan dengan negara lain. Hubungan internasional ini penting untuk pengembangan kerja sama di bidang lain seperti pendidikan, budaya, hingga militer.

Itulah pengertian dan beberapa manfaat perdagangan internasional bagi Indonesia. Sebagai pelaku usaha, Anda dapat melakukan perdagangan antarnegara dengan melakukan impor barang melalui BlueRayCargo sebagai jasa importir barang China terbaik. Jika Anda tertarik, maka bisa menghubungi Kontak WA Blueray berikut ini untuk melakukan konsultasi, ya. Selamat mencoba!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis