Pengertian Pasar Global, Manfaat, dan Contohnya

Pengertian Pasar Global, Manfaat, dan Contohnya

Apa itu pasar global? Seperti yang telah Anda ketahui bahwa pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Jadi di dalam pasar tersebut akan terjadi transaksi yang berlangsung antara penjual dan pembeli terkait produk yang tengah diperdagangkan.

Lalu bagaimana jika transaksi tersebut berlangsung dalam ranah global? Berikut ini kami akan memberikan pembahasan secara lebih detail.

Pengertian Pasar Global

Pasar global merupakan sebuah pasar di mana terjadi transaksi yang berlangsung antara penjual dengan pembeli yang mencakup ranah global alias seluruh dunia. itu artinya, transaksi ini akan berlangsung antara satu negara dengan negara yang lainnya.

Munculnya pasar global karena suatu negara yang ingin memenuhi kebutuhan para warganya. Setiap negara memang mempunyai sumber daya alam serta variasi yang cukup terbatas. Untuk itu, agar tetap bisa memuaskan kebutuhan para warganya maka akan terjadi transaksi impor dan ekspor.

Impor adalah sebuah negara membeli barang dari negara lain. Sementara ekspor merupakan negara yang menjual barang atau produknya ke negara lain.

Manfaat Pasar Global

Setelah memahami apa itu pasar global, lalu bagaimana dengan manfaatnya? Apa keuntungan adanya pasar tersebut bagi sebuah negara? Beberapa keuntungan dari sebuah negara yang menjual produknya ke negara lain di seluruh dunia antara lain:

1. Semakin Banyak Mendapatkan Konsumen

Semakin banyak populasi manusia berbanding lurus dengan konsumen yang juga akan semakin banyak. Ketika Anda menjual produk di Indonesia dan memiliki konsumen sebanyak 100 ribu orang, maka bagaimana jika Anda menjual produk Anda ke negara lain?

Dengan cakupan yang lebih luas tersebut sudah tentu jumlah konsumen Anda akan semakin banyak. Belum lagi ketika Anda memiliki produk yang mana banyak konsumen dari berbagai negara berminat untuk membelinya.

2. Keuntungan Berlipat

Tidak mengherankan pada saat jumlah konsumen semakin banyak, maka berdampak pada keuntungan yang akan Anda dapatkan. Produk yang Anda pasarkan akan menghasilkan keuntungan besar dan mungkin belum Anda prediksi sebelumnya.

Maka dari itu, pasar global merupakan sebuah peluang terbaik untuk para pelaku bisnis ketika mereka mampu memanfaatkannya secara baik. Salah satu contoh adalah sepatu NIKE. Brand ini berhasil meraih keuntungan hingga mencapai triliunan rupiah per tahun. Sebuah angka yang sangat fantastis.

3. Jalur Distribusi yang Lebih Luas

Distribusi produk yang Anda jual tentu semakin luas. Awalnya Anda hanya memasarkan produk antar kota atau antar pulau. Namun sekarang Anda sudah bisa menjual produk Anda tersebut ke negara lain.

4. Eksistensi Perusahaan yang Semakin Naik

Manfaat berikutnya dengan adanya pasar global adalah mampu meningkatkan eksistensi perusahaan. Perusahaan atau bisnis yang Anda jalankan akan semakin terkenal karena produk Anda sudah terkenal di mana-mana.

Baca Juga : Cara Jual Barang ke Luar Negeri, Begini Langkah-Langkahnya!

Contoh Pemasaran Global

Berikut ini merupakan contoh dari pemasaran global dari produk yang pastinya sangat terkenal, terutama di Indonesia.

1. Produk Apple

Semua produk dari Apple bisa Anda temukan di hampir semua penjuru dunia. Beragam produk mulai dari smartphone sampai aksesoris bisa Anda jumpai. Hal ini menunjukkan bahwa pemasaran dari Apple terhadap produknya berhasil.

2. Produk Indomie

Kita perlu bangga bahwa salah satu produk Indonesia yaitu Indomie namanya sudah terkenal di banyak negara. Saat ini Indonesia telah melakukan banyak ekspor ke berbagai negara dengan keuntungan yang sangat besar. Ini menunjukkan kepada kita bahwa produk dari dalam negeri mampu bersaing dengan produk lain secara global.

Seperti itulah penjelasan tentang apa itu pasar global. Jika saat ini Anda membutuhkan jasa untuk menghadirkan barang-barang dari China, BluerayCargo merupakan solusi untuk Anda. Anda bisa menghubungi kontak resmi Blueray Cargo untuk konsultasi dan mendapatkan informasi selengkapnya. Pasti banyak untung, selamat mencoba!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis