Eksport Import, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Eksport Import, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Eksport import merupakan kegiatan perdagangan berskala internasional. Keduanya berperan penting bagi kelangsungan negara dan hubungan satu negara dengan lain. Namun, apakah kamu tahu mana yang lebih menguntungkan?

Kebutuhan memperluas pasar memicu kegiatan eksport. Selain itu, Indonesia perlu memperkenalkan produk spesifik dalam negeri ke negara lain. Pasar yang luas akan meningkatkan pendapatan. Oleh sebab itu, pemerintah terus mendukung kegiatan ini.

Contohnya seperti batik. Batik adalah kain asli dari Indonesia. Tidak ada negara lain yang memproduksi barang ini sebaik Indonesia. Barang eksotis ini tentu akan menarik minat beli negara lain. 

Sedangkan import merupakan kegiatan perdagangan yang membantu menopang suatu negara. Terkadang produksi suatu barang pokok di dalam suatu negara tidak dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Alasan inilah yang mendorong kegiatan import.

Bawang putih adalah salah satu contoh. Cina adalah salah satu negara yang membantu Indonesia dalam memenuhi kebutuhan bawang putih. Negara Tirai Bambu itu juga mendatangkan buah apel segar dan jeruk.

Baca Juga : Apa Itu Impor dan Importir?

Jadi, yang manakah yang lebih menguntungkan dari eksport import?

Eksport Import, Keduanya Penting?

Pemerintah terus mengedepankan kegiatan eksport untuk meningkatkan ekonomi negara. Lalu, kenapa kegiatan import masih dilakukan? Kegiatan import masih perlu dilakukan atas beberapa alasan. Ditambah lagi dengan keadaan dunia yang masih dilanda pandemi virus Covid-19.

Berikut adalah alasan-alasan import masih lebih penting.

1. Iklim Indonesia Mendorong Import

Tanaman membutuhkan lingkungan yang sesuai untuk dapat bertumbuh. Sayangnya, ada beberapa tumbuhan yang tidak berproduksi dengan baik dan tepat di Indonesia. Oleh karena itu, produksi bahan-bahan tertentu dapat terhambat.

Salah satu produk yang sulit tumbuh di Indonesia adalah bawang putih. Indonesia merupakan negara beriklim tropis, sedangkan umbi-umbian satu ini membutuhkan lingkungan sub-tropis.

Selain itu, Indonesia hanya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan bawang putih sebesar 10 persen. Itu adalah jumlah yang sedikit, sementara masyarakat sangat butuh bawang putih.

Impor bawang putih dari Indonesia tetap diizinkan, bahkan di masa pandemi. Valentino, selaku ketua Perkumpulan Pelaku Usaha Bawang dan Sayuran Umbi Indonesia menyatakan supaya kegiatan eksport import Cina tidak berhenti. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya kegiatan import.

Cina adalah negara utama yang membantu memenuhi kebutuhan nasional Indonesia akan bawang putih. Negara Tirai Bambu ini adalah negara yang mempunyai sertifikat Good Agricultural Practices atau GAP. Sertifikat ini adalah bukti Cina telah memenuhi syarat import dari Kementrian Pertanian Indonesia.

2. Keterbatasan Sumber Daya dan Ahli

Diantara eksport import, alasan ini yang mendorong Indonesia untuk lebih memilih import.

Dilansir dari Kompas.com, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri menyatakan bahwa hampir 26 persen bahan baku elektronik didatangkan dari Cina. Penawaran produk loka cenderung lebih rendah. Kegiatan imports pun relatif meningkat.

Kurangnya sumber daya merupakan pemicunya. Barang-barang yang belum bisa diproduksi besar oleh Indonesia, seperti komponen-komponen elektronik, mesin canggih, dan suku cadang. Halangan ini berdampak buruk bagi masyarakat, apalagi dengan permintaan yang tinggi.

Selain itu, tenaga ahli di Indonesia masih terbilang sedikit. Jika ada pelatihan untuk melahirkan tenaga ahli, Indonesia mungkin tidak perlu melakukan kegiatan impor. Namun, kebutuhan memang mendesak dan pelatihan butuh biaya yang lebih besar.

Import Barang Lebih Menguntungkan, bukan?

Eksport import memang penting. Namun, kebutuhan tetap yang paling utama. Solusi yang tepat adalah import barang yang tidak ada atau tidak bisa diproduksi di Indonesia

Jasa impotir barang china Blueray Cargo bisa membantu kamu dalam proses import dari awal hingga barang sampai ke tangan kamu. Kamu bisa langsung menghubungi dan memesan melalui Kontak WA BluerayCargo. Tunggu apalagi? yuk, lakukan import sekarang juga!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis